Cara Menjalankan Program Windows di Mac

Mungkin terkadang Anda ingin menjalankan program Windows di Mac. Macintosh sendiri memiliki ekosistem software yang baik, tetapi beberapa program hanya dapat dijalankan di Windows. Program apapun itu, baik untuk bisnis atau video games, Anda dapat menjalankan program Windows di Mac dengan beberapa cara. Artikel ini sendiri sama seperti cara menjalankan program Windows di Linux, yaitu dengan virtual machine, dual-boot, atau dengan CrossOver untuk Mac.

Cara Menjalankan Program Windows di Mac

Menjalankan Program Windows di Mac, caranya:

Menjalankan Program Windows di Mac Dengan Virtual Machine

Virtual machine adalah salah satu cara terbaik untuk menjalankan program Windows di Mac. Anda dapat menginstal Windows atau sistem operasi lainnya, baik di Windows atau Mac desktop.

Anda tidak perlu menggunakan program Windows pada jendela virtual machine. Anda dapat menggunakan Seamless Mode di Mac, dimana program Windows akan muncul di Mac Anda, tetapi sebenarnya program tersebut berjalan pada virtual machine Mac Anda.

Tentu saja, Anda membutuhkan lisensi Windows untuk menginstal Windows di virtual machine. Setelah itu, Anda membutuhkan file instalasi Windows, dan menginstalnya ke program virtual machine.

Ada beberapa program virtual machine yang bisa Anda gunakan, seperti VMware Fusion dan Parallels. Keduanya adalah program berbayar, jadi Anda harus membeli lisensi Windows dan juga kopian program virtual machine yang ingin Anda gunakan. Atau Anda juga dapat menggunakan VirtualBox for Mac, meskipun dukungan grafis 3D dan integrasi sistem operasi Mac tidak begitu bagus.

Salah satu kekurangan terbesar dari virtual machine untuk menjalankan program Windows di Mac itu sendiri adalah, cara ini sendiri bukanlah cara terbaik untuk menjalankan video games Windows di Mac. Memang, video games tersebut akan bekerja, khususnya video games lama, tetapi video games itu sendiri tidak akan berjalan dengan baik. Banyak video games, malahan, tidak dapat dimainkan dengan cara ini.

Untuk Referensi, Anda dapat mengetahui cara menggunakan virtual machine lebih jauh dengan membaca artikel ini: Cara Dan Trik Menggunakan Advanced Features  VirtualBox Yang Harus Anda Ketahui

Menjalankan Program Windows di Mac Dengan Boot Camp

Menginstal Windows sebagai sistem operasi yang terpisah dari Mac OS Anda adalah cara terbaik, jika Anda ingin memainkan video games Windows, atau aplikasi yang membutuhkan performa terbaik Mac Anda. Saat Anda menginstal Windows di Mac, Anda akan mampu menjalankan Windws dan programnya dengan performa terbaik.

Kekurangannya adalah, Anda tidak dapat menjalankan program Mac OS dan Windows dengan side-by-side dalam waktu yang bersamaan. Jadi, jika Anda ingin menjalankan aplikasi Windows bersamaan dengan aplikasi Mac, virtual machine adalah cara yang ideal. Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan program Windows terbaru di Mac, Anda dapat menggunakan Boot Camp.

Sama seperti virtual machine, Anda membutuhkan lisensi Windows untuk menginstal dan menjalankan program Windows di Mac.

Menjalankan Program Windows di Mac Dengan CrossOver Mac

CrossOver Mac yang dibuat oleh CodeWeavers adalah aplikasi berbayar yang akan menjalankan Windows di Mac. Program ini menggunakan kode Wine, ditambah dengan interface grafis yang baik, dan berfokus untuk mendukung program populer secara resmi. Jika program yang didukung secara resmi oleh CrossOver ini tidak berjalan, Anda dapat mengontak CodeWeaver agar mereka dapat mencari solusi menjalankan program tersebut untuk Anda. CodeWeavers sendiri mengkontribusikan peningkatannya kembali ke Wine, sehingga jika Anda menggunakan CrossOver Mac untuk menjalankan program Windows di Mac, Anda juga membantuk proyek Wine itu sendiri.

Anda dapat mengetahui program apa saja yang dapat berjalan di CrossOver dengan mengunjungi situs ini. meskipun CrossOver berfokus pada kecocokan program, CrossOver sendiri dibuat dari Wine, dan tentu saja, tidak dapat bekerja untuk semua program Windows.

Kebanyakan orang mungkin akan menggunakan virtual machine, tetapi dengan CrossOver, Anda tidak perlu menjalankan Virtual Machine di Windows. Secara teori, CrossOver dapat membuat Anda menjalankan video games Windows di Mac dengan performa yang lebih baik daripada virtual machine, tetapi Anda beresiko mengalami bug, atau video games Anda tidak didukung. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Boot Camp.

Demikianlah artikel cara menjalankan program Windows di Mac ini. semua cara diatas ini tentu saja membutuhkan pengaturan yang lebih banyak, alih-alih hanya sekedar menginstal program Windows di komputer Windows saja. Jika Anda memiliki Mac, Anda harus berfokus menggunakan program Mac. Program Windows tidak akan terintegrasi atau bekerja dengan sama baiknya.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menjalankan Program Windows di Mac"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel