Cara Menjalankan Program Windows Di Chromebook

Sebenarnya, Anda tidak dapat menjalankan program Windows di Chromebook. Hal ini sendiri sebenarnya adalah fitur terbaik, sekaligus terburuk dari Chromebook. Anda tidak perlu menggunakan antivirus atau menginstal “sampah” Windows. Tetapi Anda juga tidak dapat menginstal Skype, Microsoft Office, atau aplikasi Windows lainnya.


Cara Menjalankan Program Windows Di Chromebook

Untungnya, ada cara menjalankan program Windows di Chromebook, yaitu beberapa cara yang akan dipaparkan dibawah ini.


Menjalankan Program Windows Di Chromebook, caranya:

Menjalankan Program Windows Di Chromebook Dengan Menggunakan Developer Mode Dan Menginstal Wine

Catatan penting: Aplikasi Wine tidak akan berjalan pada Chromebook dengan prosesor jenis ARM, contohnya Chromebook Samsung Series 3. Wine hanya akan bekerja pada Chromebook dengan prosesor Intel.

Aplikasi Wine ini seperinya sangat berguna, jika Anda seorang geek yang ingin menggunakan program tertentu dari satu platform ke platform lainnya. Wine adalah aplikasi compatibility layer yang bersifat open-source, dimana Anda dapat menjalankan program Windows agar dapat berjalan di Linux dan Mac OS. Wine adalah program desktop yang tidak dapat diinstal dan berjalan pada desktop Chrome OS normal. Tetapi, Chrome OS itu sendiri sebenarnya dibuat dengan basis Linux.

Untuk menginstal Wine di Chromebook, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengaktifkan Developer Mode dan menginstal Crouton (klik link ini untuk mengetahuinya lebih lanjut), agar Anda dapat menggunakan Linux versi Desktop, yang berjalan beriringan dengan Chrome OS. Setelah itu, Anda dapat menginstal Wine pada Linux desktop dan menggunakannya untuk menginstal program Windows, layaknya Anda menginstal Wine dan program Windows pada komputer Linux desktop pada umumnya. Dengan ini, Anda dapat menjalankan Microsoft Office versi standar di Chromebook, meskipun Anda sebaiknya menggunakan aplikasi resmi Microsoft untuk Office secara online, yaitu Office Web Apps.

Kapanpun Anda ingin menggunakan program Windows, Anda dapat beralih dari Chrome OS ke Linux desktop hanya dengan menekan tombol keyboard, tanpa harus reboot.

Tetapi, Wine sendiri bukanlah program yang sempurna, karena tidak semua program Windows dapat berjalan, tanpa melakukan tweaking manual. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi halaman Wine application database untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi yang didukung Wine, serta tweak Wine yang Anda butuhkan.


Menjalankan Program Windows Di Chromebook Dengan Menggunakan Developer Mode Dan Menginstal Virtual Machine

Catatan penting: Program virtual machine seperti VirtualBox tidak akan berfungsi untuk Chromebook dengan prosesor ARM. Jadi Anda harus menggunakan Chromebook dengan prosesor Inter.

Developer Mode dapat membuat Anda mampu menggunakan Linux desktop pada Chromebook, dan dengan virtual machine, Anda juga dapat menjalankan program Windows di Linux. Jika Anda telah melakukan cara yang telah dijelaskan pada poin pertama, Anda dapat mencoba menginstal Windows pada virtual machine, dan menjalankan Windows di virtual machine untuk menjalankan program Windows di Chromebook. Untuk melakukan hal ini, tentu saja Chromebook Anda harus cukup bagus untuk menjalankan virtual machine. Chromebook lama yang lebih lambat tidak akan bekerja dengan baik dalam cara menjalankan program Windows di Chromebook poin ini.

Setelah mengaktifkan, Developer Mode, Anda dapat menginstal Linux desktop, menggunakannya, dan menginstal virtual machine di Linux desktop, contohnya VirtualBox. Setelah itu, Anda dapat menginstal Windows di VirtualBox, seperti pada komputer biasanya. Setelah itu, Anda dapat beralih dari Chrome OS ke Linux desktop, begitu juga sebaliknya, dengan menggunakan tombol keyboard sebagai shortcut.


Cara menjalankan program Windows di Chromebook dengan virtual machine adalah cara yang paling “berat,” karena Anda membutuhkan spesifikasi hardware Chromebook yang cukup kuat, untuk menjalankan program virtual machine itu sendiri. Selain itu, Chromebook Anda juga harus mampu menjalakan Windows serta program desktop Anda. Chromebook dengan prosesor Intel Haswell yang akan datang nantnya mungkin akan mampu menangani masalah ini dengan lebih baik, daripada Chromebook lama, yang menggunakan prosesor model lama juga. Menjalankan program Windows di Chromebook dengan virtual machine juga membutuhkan kapasitas Hardisk yang besar. Seperti yang Anda tahu, Chromebook hanya memiliki Hardisk dengan kapasitas kecil, yang dimana hal ini bukanlah kombinasi yang baik.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Cara Menjalankan Program Windows Di Chromebook"