Cara Menggunakan Gestur Trackpad Macbook

Disini akan dijelaskan cara menggunakan gestur trackpad Macbook, dimana salah satu produk Apple ini sendiri menawarkan beberapa gestur multi-touch untuk trackpad. Semua gestur trackpad ini membuat Anda mampu melakukan beberapa tindakan dengan lebih cepat. Jadi, trackpad yang ada di Macbook tidak hanya untuk menunjuk dan untuk mengklik saja.

https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-menggunakan-gestur-trackpad-macbook.html

Gestur yang sama sebenarnya juga akan bekerja pada Apple Magic Trackpad. Pada artikel ini, hanya akan dipaparkan beberapa gestur default, meskipun gestur ini sendiri bisa dikonfigurasi nantinya. Jika Anda telah mengkonfigurasinya sebelumnya, beberapa dari gestur ini akan bekerja dengan cara berbeda. Ingin tahu lebih lanjut tentang menggunakan gestur trackpad Macbook? Bacalah artikel ini.

Menggunakan Gestur Trackpad Macbook, caranya:

Menggunakan Gestur Trackpad Macbook pertama: Mengklik, Menggulir, Memperbesar, dan Memutar

  • Anda bisa melakukan ketukan satu jari pada trackpad untuk klik kiri, atau ketukan dua jari untuk klik kanan. Jadi, Anda tidak perlu benar-benar menekan trackpad Anda.
  • Ketukan tiga jari pada trackpad mungkin jarang digunakan. Jika Anda ingin menggunakan gestur ini, posisikan kursor pada nama dari aplikasi manapun, dan lakukan ketukan tiga jari untuk menampilkan definiasi kamus dari arti kata tersebut.
  • Untuk menggulir, Anda dapat menggunakan gestur trackpad Macbook yang sederhana. Letakkan dua jari pada trackpad dan gerakkan jari Anda keatas, kebawah, kekiri dan kekanan untuk menggulir ke arah manapun.
  • Jika Anda ingin memperbesar browser web atau dokumen lainnya dengan gestur melebarkan trackpad, letakkan dua jari Anda pada trackpad. Jika Anda menggunakan gestur melebarkan jari, maka dokumen atau browser akan di-zoom out. Jika Anda menggunakan gestur mengecilkan jari, Anda akan melakukan zoom in.
  • Untuk melakukan smart zoom, lakukan dua kali ketuk dengan juara jari pada konten yang ingin Anda perbesar. Contohnya, saat Anda mengetuk dua kali dua jari pada artikel segiempat.com, Macbook Anda akan secara otomatis melakukan perbesaran agar kolom konten utama akan memenuhi jendela browser web.
  • Untuk memutar dokumen, lakukan gestur trackpad Macbook dengan cara meletakkan dua jari pada trackpad dan lakukan gestur melingkar, seakan-akan memutarnya seperti kenop. Cara ini tidak akan berpengaruh pada browser web, tetapi hanya dapat bekerja pada aplikasi tertentu saja. Contohnya, Anda dapat menggunakan gestur trackpad Macbook ini untuk memutar foto yang Anda buka di iPhoto.


Menggunakan Gestur Trackpad Macbook Kedua: Gestur Navigasi

  • Letakkan dua jari diatas trackpad dan geser kekiri atau kekanan untuk menggeser antara halaman. Contohnya, gestur ini berguna untuk fitur back dan forward di browser web Safari atau Google Chrome.
  • Untuk berpindah antara Spaces (multiple desktop) atau atau untuk mengaktifkan full-screen pada aplikasi, letakkan 4 jari pada trackpad Anda dan geser kekiri atau kekanan. Untuk menampilkan semua Spaces, aplikasi full-screen, dan jendela program, letakkan 4 jari pada trackpad dan geser jari Anda. Dengan menggunakan gestur trackpad ini, Anda akan membuka layar Mission Control. Anda juga bisa melakukan gestur 4 jari lalu menggeser trackpad kebawah untuk menutup layar ini.
  • Untuk menampilkan Launchpad, yang akan menunjukkan ikon untuk semua aplikasi Anda yang telah terinstal dan membuat Anda mampu menjalankan aplikasi tersebut, lakukan gestur “mencubit” dengan jempol dan 3 jari Anda yang lainnya.
  • Untuk menampilkan desktop Macbook, lakukan gestur “mencubit terbalik,” dimana Anda dapat meletakkan jempol dan 3 jari di trackpad dan melebarkannya, alih-alih melakukan gestur mencubit. Jendela yang ada pada layar Macbook Anda akan berpindah, dan akan membuat Anda mampu melihat desktop. Untuk mengembalikan jendela program, lakukan gestur sebaliknya, yaitu dengan gestur mencubit, alih-alih melebarkan jari.
  • Dengan meletakkan dua jari pada bagian kanan trackpad Anda dan menggesernya ke kiri, Anda dapat membuka Notification Center. Notifikasi dari aplikasi seperti klien email, program Instant Messaging, aplikasi Twitter, dan notifikasi apapun itu yang menghasilkan notifikasi sistem akan muncul pada layar ini.

Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Gestur Trackpad Macbook"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel