Cara Menggunakan Fitur Multiple Desktop di Mac

Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac, dengan menggunakan Mission Control? Pada Mac OS X, Anda dapat mengatur jendela menjadi beberapa screen berbeda, dimana Anda dapat beralih dari satu jendela ke jendela lainnya. Fitur ini sendiri pada awalnya dikenal dengan nama Spaces, yaitu fitur virtual “Desktop” atau workspaces pada sistem operasi Linux.

Cara Menggunakan Fitur Multiple Desktop di Mac

Jadi, dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mengaktifkan satu “Desktop” tertentu untuk program pekerjaan Anda, dan satu “Desktop” lainnya untuk aplikasi pribadi Anda. Saat Anda ingin beralih dari “Desktop” kerja dan “Desktop” pribadi, Anda dapat melakukannya tanpa harus menggerakkan semua jendela program yang ada pada satu “Desktop” tertentu. Ingin tahu lebih lanjut? Bacalah artikel cara menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac ini.

Menggunakan Fitur Multiple Desktop di Mac, caranya:

Mulai Menggunakan Mission Control

Anda dapat menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac, dimana fitur ini sendiri sebenarnya adalah bagian dari fitur Mission Control Mac. Untuk mengakses fitur Mission Control, geser keatas 3 jari Anda pada trackpad Mac Anda. Jumlah jari yang Anda gunakan tergantung dari konfigurasi trackpad Mac. Anda juga dapat menekan tombol F3 di Mac Anda.

Sebagai tambahan untuk membuka semua jendela program, Anda akan melihat satu ““Desktop”” utama pada bagian atas layar Mac Anda, pada pengaturan default. Anda dapat melakukan drag and drop jendela program dari tampilan Mission Control ke bagian kanan thumbnail “Desktop”, dan Mac Anda akan membuat “Desktop” baru, dan jendela tadi akan diletakkan di “Desktop” tersebut. Anda dapat membuat tambahan “Desktop” untuk menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac, dengan cara ini, atau melakukan drag-and-drop jendela program antara “Desktop” yang Anda inginkan. Satu klik pada opsi ini akan membuat Anda membuka “Desktop” lainnya.

Jika Anda menggerakkan tetikus Anda pada sudut kanan atas tampilan Mission Control, Anda juga akan melihat tombol (+) untuk menambahkan “Desktop” baru. Untuk menghapus “Desktop” dari sini, sorotlah thumbnail “Desktop” pada Misiion Control, dan klik ikon (X). Semua jendela program yang terbuka pada “Desktop” tersebut akan muncul pada “Desktop” yang sedang Anda gunakan, dan jendela-jendelda tersebut tidak akan tertutup.

Berpindah Antar “Desktop”

Dalam cara menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac ini, begitu Anda mengkonfigurasi “Desktop,” Anda dapat dengan mudah berpindah antara “Desktop” tersebut dengan meletakkan 3 atau 4 jari di trackpad Anda (lagi, hal ini tergantung dari konfigurasi trackpad yang sebelumnya Anda buat) dan menggeser jari kekiri atau kekanan. Anda juga dapat menekan tombol CTRL+arah panah kiri/kanan untuk berpindah antara satu “Desktop” ke “Desktop” lainnya.

Anda juga dapat berpindah antar “Desktop” dengan cara menyeret dan meletakkan desktop pada tepi layar Mac Anda. Klik pada salah satu tile bar jendela program, tekan dan tahan klik tetikus, dan gerakkan jendela program tersebut ke tepi layar. Setelah beberapa saat, Anda akan mampu untuk berpindah “Desktop” kekiri dan kekanan, dimana Anda dapat meletakkan jendela tersebut ke “Desktop” manapun. Dengan cara menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac ini, Anda dapat memindahkan jendela program tanpa harus membuka Mission Control.

Menggunakan Fitur Multiple Desktop Di Mac Dengan Jendela Layar Penuh

Jendela layar penuh program akan dianggap sebagai “Desktop” terpisah dari “Desktop” lainnya. Begitu Anda mengklik tombol yang ada di sudut kanan atas untuk membuat jendela program tersebut menjadi jendela layar penuh, jendela tersebut akan ada dengan virtual “Desktop” lainnya di Mission Control. Anda dapat beralih antara “Desktop” dan jendela layar penuh tersebur dengan gerakan trackpad yang sama, atau dengan tombol CTRL+ arah panah yang Anda gunakan untuk berpindah antar Desktop.

Menentukan Aplikasi Tertentu Ke “Desktop” Tertentu

Anda dapat membuat aplikasi tertentu diletakkan pada “Desktop” tertentu, atau pada semua “Desktop,” dari dock Mac Anda. Tentu saja, Mac Anda akan mengingat pengaturan ini, jadi Mac Anda akan secara otomatis membuka setiap jendela program pada “Desktop” yang Anda pilih nantinya. Cara menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac ini cukup berguna untuk membantu Anda nantinya, karena Anda hanya perlu satu kali mengatur jendela program tersebut pada “Desktop” berbeda. Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk menentukan aplikasi tertentu agar muncul pada setiap “Desktop,” jadi Anda tidak perlu beralih dari satu “Desktop” ke “Desktop” lainnya untuk mengakses aplikasi tersebut.


Pertama-tama, Anda harus beralih ke “Desktop” dimana Anda ingin mengaktifkan aplikasi tertentu. Setelah itu, tekan CTRL dan klik ikon aplikasi yang ada pada dock. Pilihlah menu Options yang muncul, dan lalu pilihlah opsi antara “This Desktop” dan “All Desktop.”

Mengubah Wallpaper Setiap “Desktop”

Anda bisa memilih latar belakang berbeda untuk setiap “Desktop,” jika Anda mau. Dengan cara ini, Anda dapat membedakan satu “Desktop” dengan “Desktop” lainnya. Untuk melakukan hal ini, klik pada menu Apple yang terdapat pada panel bagian atas layar Anda, klik System Preferences, dan lalu klik “Desktop,” dan Screensaver. Pilihlah new wallpaper dan latar belakang tersebut hanya akan muncul pada “Desktop” yang Anda ubah. Jika Anda ingin mengubah latar belakang “Desktop” lain, gerakkan jendela ke “Desktop” lainnya dan ubah lagi dengan cara diatas.

Mengkonfigurasi Spaces “Desktop” Mac

Untuk mengkonfigurasi cara kerja Mission Control dan Spaces, Anda dapat menggunakan panel Mission Control yang terdapat pada jendela System Preferences. Klik pada ikon Apple di menu yang terletak pada bagian atas layar Anda, pilihlah System Preferences, dan lalu klik ikon Mission Control. Dari sini, Anda dapat mengubah fungsi Spaces dan mengkonfigurasi shortcut keyboard Anda.


Demikianlah artikel cara menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac Anda. Fitur Multiple Desktop ini sendiri sebenarnya adalah fitur populer untuk hampir semua pengguna Linux sejak dulu, dan fitur ini sendiri ternyata telah ada pada Mac OS X selama bertahun-tahun. Sayang sekali, Anda tidak dapat menggunakan fitur Multiple Desktop di Mac ini pada Windows, kecuali jika Anda menginstal aplikasi pihak ketiga.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Fitur Multiple Desktop di Mac"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel