Cara Menggunakan Controller Xbox di Windows

Ternyata, Anda dapat menggunakan controller Xbox di Windows. Jadi, Anda dapat menggunakan controller Xbox 360 untuk memainkan video games di komputer Windows. Sebenarnya, Microsoft sendiri tidak menjual adaptor receiver khusus controller Xbox untuk komputer Windows agar Anda dapat menggunakan controller Xbox di Windows. Untungnya, Anda dapat menggunakan adaptor receiver Xbox 360 Anda untuk digunakan pada komputer Windows, jika Anda mengetahui caranya. Bacalah artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut cara menggunakan controller Xbox di Windows.

Cara Menggunakan Controller Xbox di Windows

Menggunakan Controller Xbox di Windows, caranya:

Pertama-tama, colokkan adaptor receiver untuk controller ke komputer Anda. Sebaiknya Anda mencolokkannya ke port belakang komputer dan port yang mudah Anda akses dan tidak longgar. Karena jika longgar dan adaptor tidak terdeteksi, Anda harus mengulangi langkah dibawah ini lagi dari awal.

Saat adaptor controller Xbox 360 tercolok, bukalah Windows Device Manager. Ketik kan “Device Manager” pada kotak pencarian Start Menu, dan lalu klik menu Windows Device Manager ynag muncul. Carilah opsi “Other Devices” pada daftar device yang muncul di jendela Windows Device Manager. Setelah itu, klik dua kali pada entri Other Devices, dan klik kanan pada ikon Unknown Devices (ikon tersebut memiliki ikon segitiga kuning dengan tanda seru), dan lalu pilih opsi Properties.

Klik pada tab Driver setelah kotak Properties dari “Unknown Device” terbuka, dan lalu klik Update Driver. Saat diminta apakah Anda ingin agar Windows mencari driver secara otomatis, atau Anda sendiri yang mencari driver controller di komputer Anda, pilihlah opsi kedua, yaitu opsi “Browse my computer for driver software". Tenang saja, jika Anda ingin menggunakan controller Xbox di Windows, Anda tidak benar-benar harus mendownload driver, karena driver tersebut telah ada pada Windows. (Tetapi jika memang tidak ada, Anda dapat mendownload driver dengan mengklik link ini).

Anda akan diberikan opsi untuk mencari driver pada lokasi folder yang Anda tentukan, atau mencarinya dari daftar driver yang telah terinstal di Windows. Pilihlah opsi kedua, yaitu opsi “Let me pick from a list of device drivers on my computer”.

Teruslah menggulir daftar driver sampai Anda melihat entri “Xbox 360 Peripherals”. Klik dua kali entri tersebut. Pada Windows 7, Anda mungkin harus mengklik “Microsoft Common Controller,” alih-alih mengklik “Xbox 360 Peripherals”. Pada layar selanjutnya, pilihlah opsi  “Xbox 360 Wireless Receiver for Windows Version 6.3.xxxx”, dan lalu klik Next.

Kotak peringatan update driver akan muncul, klik Yes. Memang, signature untuk hardware tidak cocok dengan signature dari driver itu sendiri, tetapi driver akan bekerja dengan baik. Anda akan menerima konfirmasi bahwa controller Xbox terinstal dengan baik.

Jika Anda mendapatkan eror “Xbox 360 Controller for Windows / This Device Cannot Start. (Code 10)”, berarti Anda secara tidak sengaja memilih driver untuk controller, bukan untuk receiver. Jadi, Anda harus kembali membuka Windows Device Manager dan menghapus entri eror tersebut, lalu mengulang tutorial cara menggunakan controller Xbox di Windows ini mulai dari awal.

Setelah itu, buka kembali Windows Device Manager, dan periksalah apakah sekarang ada entri “Xbox Wireless Receiver for Windows.”

Dalam langkah terakhir cara menggunakan controller Xbox di Windows ini, Anda harus membuat agar controller Xbox 360 Anda tersinkronisasi dengan receiver nirkabel baru di komputer Anda. Tekan tombol yang ada pada adaptor receiver di komputer Anda, dan segeralah menekan tombol connect yang terdapat pada controller, yang terletak tepat diatas kotak baterai. Lingkaran hijau lalu akan muncul pada controller, dan akan berputar, dan lalu controller mencocokkan satu sama lain, player berapakah controller tersebut.

Sebagai tambahan, meskipun tambahan ini tidak dibutuhkan untuk menggunakan controller Xbox di Windows, seperti yang telah dijelaskan diatas, adalah dengan mendownload program 360 untuk Windows Controller, dimana program ini memiliki fungsi yang cukup baik. Anda dapat menekan dan menahan tombol Xbox di controller Anda untuk menampilkan status baterai controller tersebut.

Demikianlah artikel cara menggunakan controller Xbox di Windows ini. Semoga bermanfaat.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Controller Xbox di Windows"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel