Cara Membersihkan Hardisk Mac

Disini akan dipaparkan cara membersihkan Hardisk Mac. Meskipun pada tahun 2020 ini harusnya Anda tidak perlu khawatir tentang kapasitas Hardisk Anda. Tetapi ternyata, sekarang ini MacBook saja memiliki SSD (solid state drive) berkapasitas 480 GB. Tidak ada salahnya membersihkan semua data yang tidak penting dari Hardisk Mac milik Anda, agar kapasitas Hardisk menjadi lebih lega.


https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-membersihkan-hardisk-mac.html

Ada bisa membersihkan Hardisk Mac dengan menghapus semua file dan juga aplikasi yang sudah tidak berguna untuk Anda lagi. Tetapi apakah Anda tahun bahwa setiap akun pengguna yang ada pada Mac Anda memiliki Trash tersendiri? Artinya, semua file yang telah Anda hapus dari satu akun pengguna Mac akan tersimpan pada Trash tersendiri akun tersebut.

Trash pada Mac ini sebetulanya mirip dengan Recycle Bin pada Windows. Alih-alih menghapus file yang ada pada Hardisk Anda dengan pada Finder, file yang Anda hapus tersebut akan dikirimkan ke Trash akun pengguna Mac Anda jadi Anda bisa mengembalikan file tersebut nanti jika Anda berubah pikiran. Untuk benar-benar menghapus file semacam ini dan membersihkan Hardisk Mac yang Anda inginkan, Anda harus mengosongkan Trash Anda. Tetapi tentu saja, satu Mac yang Anda miliki bisa saja memiliki banyak Trash, jadi Anda harus mengosongkan beberapa Trash pada setiap akun Mac tersendiri.


Membersihkan Hardisk Mac, Caranya:

Untuk mengosongkan Trash akun pengguna utama Mac Anda, tekan CTRL+klik kiri atau klik kanan pada ikon Trash yang ada pada sudut kanan bawah dock Macintosh Anda, dan lalu pilihlah opsi Empty Trash. Dengan opsi ini, semua file yang Anda kirimkan dari Finder ke Trash akan dihapus semuanya.

Beberapa program di Mac seperti iPhoto, iMovie, dan Mail memiliki Trash tersendiri yang ada pada program itu sendiri, jadi Anda harus membersihkan Trash program semacam ini juga. Contohnya, jika Anda menggunakan iPhoto untuk mengatur gambar, dan menghapus foto tertentu dari program iPhoto, Anda harus membersihkan Trash dari iPhoto tersebut untuk menghapusnya dari Hardisk Mac Anda. Untuk melakukan hal ini, CTRL+klik kiri atau klik kanan pada opsi Trash dari program Mac tersebut, dan pilihlah opsi Empty Trash.


Menghapus Program Mac

Semua program yang telah Anda instal di Mac Anda tentu saja mengambil ruang Hardisk Anda. Oleh karena itu, jika Anda sudah tidak lagi membutuhkan semua program lama tersebut, Anda harus menghapusnya. Cara membersihkan Hardisk Mac ini bisa Anda lakukan dengan membuka jendela Finder, pilihlah Applications yang tersedia di sidebar, dan lakukan drag-and-drop pada ikon aplikasi ke Trash yang ada pada dock Mac Anda.

Untuk mencari tahu program Mac mana saja yang memiliki ukuran paling besar dan memakan ruang Hardisk Anda, bukalah jendela Finder dan pilihlah Applications. Setelah itu, klik pada ikon “Show items in a list” yang terdapat di toolbar dan lalu klik heading Size untuk menyortir aplikasi yang terinstal pada Mac Anda berdasarkan ukuran aplikasi tersebut.


Membersihkan File Temporary

Selanjutnya dalam membersihkan Hardisk Mac, mungkin pada Hardisk Mac Anda terdapat beberapa file temporary yang sudah tidak Anda butuhkan lagi. File semacam ini seringkali memenuhi Hardisk Anda tanpa alasan yang jelas. Sekarang ini Mac OS X mencoba untuk menghapus file temporary secara otomatis, tetapi tentui saja, program tertentu yang dikhususkan untuk melakukan pekerjaan ini melakukukannya dengan lebih baik. Membersihkan file temporary tidak berarti Mac Anda akan lebih cepat, tetapi jelas Hardisk Mac Anda akan dibersihkan dari file sampah semacam ini.

Ada beberapa program pembersih file temporary yang tersedia untuk Mac, dan salah satunya adalah CCleaner, program khusus untuk menghapus file temporary paling populer untuk para geek Windows. Dan ternyata, program ini memiliki versi untuk Mac. Anda dapat mengklik CCleaner untuk Mac dan jalankan program ini untuk membersihkan beberapa file tidak berguna, layaknya Anda menggunakan program ini di Windows.


Ingat, menghapus cache browser Anda bukan berarti itu adalah ide yang bagus. Pada file cache ini terdapat file dari halaman web, jadi browser web Anda bisa memuat halaman web lebih cepat dengan menggunakan cache. Browser web Anda akan membangun cache secara otomatis saat Anda melakukan aktifitas Internet, dan sambungan Internet Anda akan melambat jika Anda menghapus file cache tersebut, karena artinya cache akan dibangun kembali. Perlu diperhatikan juga bahwa setiap browser web membatasi cache maksimal yang mereka gunakan.


Memeriksa Ruang Hardisk di Mac

Untuk membersihkan Hardisk Mac, ada baiknya jika Anda mengetahui pasti apakah yang memenuhi Hardisk Mac Anda. program analisa Hardisk seperti Disk Inventory X akan melakukan scan pada Hardisk Mac Anda dan akan menampilkan folder dan file mana saja yang memenuhi Hardisk Mac Anda. Dari analisa program tersebut, Anda juga dapat menghapus program yang memenuhi Hardisk Anda untuk membersihkan Hardisk Mac Anda.

Jika ternyata file tersebut adalah file penting, Anda dapat memindahkannya ke media eksternal. Contohnya, jika Anda memiliki file video berukuran besar, Anda dapat menyimpannya ke Hardisk eksternal.

Ingat, Anda tidak boleh menghapus file sistem penting, yang manapun itu. File pribadi Anda tersimpan di /Users/namaAkun, dan semua file pada path diatas yang harus Anda atur.


Menghapus File Bahasa

Program Mac memiliki file bahasa untuk semua bahasa yang mereka dukung. Anda bisa beralih ke bahasa sistem Mac Anda dan mulai segera menggunakan program dengan bahasa sistem Mac Anda. meskipun begitu, Anda mungkin tidak menggunakan hanya satu bahasa saja di Mac Anda, jadi file bahasa tersebut menggunakan kapasitas ratusan MB dari Hardisk Anda tanpa berguna sama sekali. Jika Anda benar-benar membutuhkan ruang penyimpanan Hardisk ekstra pada MacBook Air dengan kapasitas 64 GB, hal ini sangat berguna.


Untuk menghapus file bahasa tersebut, Anda dapat menggunakan program Monolingual. Cara membersihkan Hardisk Mac ini hanya berguna jika Anda benar-benar membutuhkan ruang Hardisk ekstra. File bahasa ini tidak memperlambat Mac Anda, jadi membiarkan file tersebut tidak menjadi masalah jika Anda memiliki Hardisk berkapasitas besar.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

0 Response to "Cara Membersihkan Hardisk Mac"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel