Cara Enkripsi System Drive Mac

Disini akan dijelaskan cara enkripsi system drive Mac, dimana Apple Macintosh ini sendiri menyediakan dukungan dan layanan enkripsi built-in yang sangat baik, entah itu Anda ingin mengenkripsi system drive atau seluruh Hardisk Macintosh Anda, mengenkripsi removable drive, seperti Hardisk eksternal ataupun Flash Drive, atau Anda juga bisa membuat file enkripsi yaitu file Disk Image yang dikhususkan untuk file paling penting Anda. Semua hal ini bisa Anda dapatkan dari fitur bawaan Macintosh Anda.


https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-enkripsi-system-drive-mac.html

Di satu sisi, fitur enkripsi semacam ini sulit ditemui pada sistem operasi Windows, dimana Anda hanya bisa menggunakan fitur enkripsi hanya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Fitur BitLocker itu sendiri hanya tersedia untuk Windows versi Professional dan fitur BitLocker To Go hanya tersedia untuk Windows versi Enterprise. Meskipun begitu, sekarang ini sistem operasi Windows 8.1 melakukan enkripsi system drive Hardisk secara default, tetapi fitur ini sendiri juga hanya diberlakukan untuk Personal Computer baru.


Enkripsi System Drive Mac: Mengenkripsi System Drive Mac, Removable Devices Mac, dan File Tertentu pada Mac

Enkripsi System Drive Mac Pertama: Mengenkripsi System Drive Mac

Fitur FileVault yang tersedia pada Mac membuat Anda mampu melakukan enkripsi untuk seluruh Hardisk Mac Anda. Saat Anda mengaktifkan File Vault, semua file Anda akan tersimpan dalam disk dengan format seperti acak dan terenkripsi. Jadi, jika ada seseorang yang dapat mengakses Mac Anda, mencabut Hardisk dari Mac Anda, dan mencoba untuk mengakses dan melihat file Anda tidak akan mampu melakukannya tanpa kunci enkripsi yang Anda konfigurasi sebelumnya. (Pada umumnya, semua orang yang dapat mengakses Hardisk Anda secara fisik dapat mencabut Hardisk Anda dari Mac dan mengakses file yang ada didalam Hardisk tersebut, karena semua file itu tersimpan dalam bentuk yang tidak dienkripsi).

Anda bisa memilih akun pengguna yang memiliki kemampuan untuk membuka kunci Hardisk Mac Anda. Saat Anda menyalakan komputer Macintosh, Anda harus melakukan sign in ke salah satu akun pengguna yang memiliki otoritas dan kemampuan untuk membuka kunci Hardisk, sebelum Hardisk Anda terbuka kuncinya. Hardisk Anda akan terkunci lagi saat Anda melakukan shut down pada komputer Mac Anda.

Untuk mengaktifkan FileVault pada komputer Mac Anda, klik pada ikon Apple yang terdapat pada bagian atas layar komputer Anda. Setelah itu, klik System Preferences, dan klik pada ikon Security & Privacy. Clik pada opsi Turn On FileVault untuk mengaktifkan enkripsi system drive Mac dan mengkonfigurasi FileVault.


https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-enkripsi-system-drive-mac.html

Program FileVault ini sendiri juga akan menyediakan recovery key untuk Anda, yang bisa Anda gunakan untuk membuka kunci Hardisk Anda, jika suatu saat Anda melupakan password akun pengguna Mac Anda. Anda harus mencatat recovery key ini dan menyimpan salinannya pada tempat yang aman.

Begitu Anda selesai mengkonfigurasi FileVault dan enkripsi system drive Mac, komputer Macintosh Anda akan meakukan restart dan akan mulai mengenkripsi Hardisk.


https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-enkripsi-system-drive-mac.html


Enkripsi System Drive Mac Kedua: Mengenkripsi Removable Devices

Sistem operasi Mac OS X yang digunakan pada Macintosh Anda, selain mampu membuat Anda untuk enkripsi system drive Mac, Anda juga dapat mengenkripsi removable devices seperti Flash Drive atau Hardisk eksternal. Semua konten yang terdapat dalam removable devices akan dienkripsi dengan kata kunci yang Anda konfigurasi sebelumnya, dan tidak ada satupun orang yang mampu mengakses file yang ada didalam removable devices Anda tanpa menggunakan kata kunci tersebut. Fungsi ini sendiri mirip dengan fungsi BitLocker To Go yang terdapat pada Windows versi Enterprise. Bedanya, fitur ini tersedia untuk semua pengguna Macintosh.

Untuk mengenkripsi removable devices, Anda dapat dengan mudah membuka Finder dan menghubungkan removable devices seperti Hardisk eksternal maupun Flash Drive Anda ke Mac Anda. Tekan CTRL+klik kiri atau klik kanan pada removable devices yang ada di-sidebar Finder dan pilihlah opsi Encrypt “Nama Removable Devices.”

Hardisk eksternal atau Flash Drive Anda akan terenkripsi begitu Anda memasukkan password yang Anda inginkan. Pastikan Anda menggunakan password yang aman dan mudah Anda ingat! Anda mungkin membutuhkan beberapa menit agar semua konten yang ada pada Hardisk eksternal atau Flash Drive Anda terenkripsi seluruhnya, tergantung dari ukuran removable devices dan kecepatannya.


Ingat, jangan sekali-kali melupakan password yang Anda konfigurasi untuk removable devices Anda! Jika Anda melupakannya, Anda tidak akan mampu mengakses semua file yang terdapat pada removable devices Anda yang terenkripsi.


Enkripsi System Drive Mac Ketiga: Mengenkripsi File Tertentu

Selain mampu melakukan enkripsi system drive Mac dan juga removable devices, Anda juga dapat mengenkripsi file individual tertentu dengan membuat file Disk Image terenkripsi. Jadi, kapanpun Anda ingin menggunakan file yang Anda enkripsi, Anda harus melakukan mount file Disk Image dan memasukkan password yang telah Anda enkripsi sebelumnya. File yang terdapat pada Disk Image akan tersedia, dan semua file yang Anda simpan kedalam Disk Image akan terenkripsi. Saat Anda melakukan unmount file Disk Image, file Disk Image tersebut akan terkunci dan tidak ada satupun orang yang mampu mengaksesnya tanpa password enkripsi yang Anda miliki.

Cara yang telah dijelaskan pada artikel cara enkripsi system drive Mac diatas ini adalah metode sederhana untuk melakukan enkripsi file. Anda tidak perlu melakukan enkripsi seluruh Hardisk atau removable devices. Anda dapat dengan mudah membuat satu file Disk Image untuk keperluan enkripsi Anda. Lebih bagus lagi, file Disk Image terenkripsi yang sudah Anda buat bisa disinkronisasikan secara online dengan menggunakan layanan seperti Dropbox atau Google Drive. Anda akan memiliki salinan online dari file tersebut dan dapat mensinkronkannya antar komputer Anda. Tentu saja, tidak ada satupun yang dapat mengakses file tersebut tanpa kunci enkripsi yang Anda miliki. Anda tidak perlu khawatir nantinya data sensitif Anda akan bocor dan kebobolan jika Anda menggunakan password yang aman dan mudah diingat.


Sekali lagi, Anda harus mengetahui jika Anda melupakan password yang Anda konfigurasi untuk ini, Anda sendiri juga tidak akan mampu melakukan mount file Disk Image dan mengakses file yang ada didalam Disk Image tersebut.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Cara Enkripsi System Drive Mac"