10 Cara dan Tips Menggunakan Chrome di Smartphone

Menggunakan Chrome di smartphone mungkin sudah Anda lakukan sekarang ini, dan mungkin Anda sudah tahu, bahwa Google Chrome ini adalah browser web yang luar biasa, entah itu Anda menggunakan Chrome versi PC, smartphone, atau pc tablet. Jika Anda ingin tahu cara dan tips menggunakan Chrome di smartphone, agar Anda dapat melakukan browsing Internet dengan lebih cepat dan memanfaatkan fitur Google Chrome lainnya, bacalah artikel ini.


https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-dan-tips-menggunakan-chrome-di-smartphone.html


Menggunakan Chrome di Smartphone, caranya:

Anda dapat menginstal Chrome for Android dari Google Play, atau Chrome for iPhone dan iPad dari App Store.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Pertama: Menggeser Tab

Chrome memberikan Anda gestur menggeser untuk beralih antara tab terbuka secara cepat. Gestur ini hanya berkerja untuk iPhone, iPad, dan Android.

Pada Android, letakkan jadi Anda pada toolbar Chrome dan geser kekiri atau kekanan.

Pada iPhone atau iPad, letakkan jari Anda pada ujung layar, dan geser kedalam jari untuk beralih antar tab yang terbuka. Fitur ini akan menggantikan gestur “swipe to go back or forwards” di Safari untuk iOS.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Kedua: Menggunakan Daftar Tab

Pada smartphone, sentuhlah tombol tab Chrome untuk menampilkan semua tab yang terbuka. Ketuk tab untuk beralih ke tab tersebut, dan ketuk tombol X untuk menutup tab, atau letakkan jari Anda pada tab yang terbuka, dan geser kekiri atau kekanan untuk menutupnya. Anda juga dapat menutup semua tab terbuka dengan cepat dengan memilih opsi “Close all tab” pada menu.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Ketiga: Ketuk Dua Kali Untuk Smart Zoom

Chrome menggunakan fitur Smart Zoom yang dapat membuat Anda mengetuk dua kali layar smartphone dan melakukan perbesaran. Elemen situs web yang Anda ketuk dua kali, contohnya kolom, akan mengisi seluruh lebar layar smartphone Anda.

Ingat, fitur ini hanya akan bekerja pada situs yang didesain untuk browser desktop. Google mematikan fitur Smart Zoom pada situs web yang mobile-optimized untuk mempercepat situs. Tentu saja, gestur pinch-to-zoom juga bekerja pada Chrome.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Keempat: Menggunakan Menu Option (Hanya Android)

Saat menggunakan menu pada hampir semua aplikasi Android, Anda akan mengetuk tombol menu, menunggu untuk menu sampai muncul, dan mengetuk opsi menu yang ingin Anda gunakan. Google Chrome sendiri menawarkan metode yang lebih cepat daripada metode default yang diberikan Android. Anda dapat menggunakan menu option dengan cara mengetuk tombol menu, menggerakkan jari Anda kebawah sampai pada bagian atas opsi menu, dan mengangkat jari Anda dari layar smartphone Android Anda. Cara ini akan membuat Anda mampu memilih menu Option dalam satu gerakan saja.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Kelima: Pencarian Google Voice

Anda bisa mengakses pencarian Google Voice darimana saja di Chorme. Pada pc tablet, ketuk ikon mikrofon yang ada pada address bar.

Pada smartphone, ketuk address bar, ketuk X, dan lalu ketuk ikon mikrofon yang muncul. Anda bisa mengucapkan pencarian Anda, mengucapkan alamat situs web, atau mengajukan pertanyaan dari sini (dalam bahasa Inggris).


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Keenam: Membuka Halaman Web Versi Desktop

Untuk membuka halaman web versi desktop di Chrome, ketuk tombol menu dan pilihlah opsi Request Desktop Site. Chrome lalu akan menampilkan versi desktop dari halaman web yang Anda buka.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Ketujuh: Membuka Sinkronisasi Data Browser dan Tab

Chrome dapat melakukan sinkronisasi semua tab yang sedang terbuka dan juga data browser lainnya antar device yang Anda miliki, dengan akun Google Anda. Cara ini berguna untuk Anda yang menggunakan Chrome di laptop, smartphone, dan pc tablet, dimana Anda bisa selalu melihat tab apa yang terbuka pada devide lainnya, untuk melanjutkan aktifitas Anda pada tab tersebut. untuk menampilkan semua tab yang terbuka, kunjungi halaman new tab Chrome, dan ketuk opsi Other Devices yang ada pada bagian sudut kanan bawah halaman tersebut, atu ketuk tombol menu dan pilihlah Other devices.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Kedelapan: Mengaktifkan Preloading dan Reduce Data Usage

Chrome dapat menghemat waktu dan bandwidth Internet Anda dengan fitur Preloading dan Bnadwidth Reductions. Fitur Preloading diaktifkan pada pengaturan default Cgome, dimana Chome dapat melakukan fetch halaman web yang mungkin akan Anda isi selanjutnya. Contohnya, jika Anda sedang membaca artikel 5 halaman, dan Anda sedang berada pada akhir halaman kedua, Chrome akan melakukan fetch halaman ketiga sebelum Anda mengetuk link halaman ketiga tersebut, sehingga halaman itu akan terisi lebih cepat. Pada pengaturan default, fitur ini hanya berguna saat Anda mengaktifkan Wi-Fi untuk menghindari pemborosan data quota Internet mobile.

Jika Anda mengaktifkan fitur Reduce Data Usage, halaman web Anda isi akan diteruskan melalui server Google dan dikompres terlebih dahulu sebelum dikirimkan kedalam Anda. Cara ini akan membuat Anda mengurangi penggunaan bandwidth, hal yang penting jika Anda memiliki jumlah data Internet yang terbatas, yang ingin Anda hemat.

Untuk mengkonfigurasi fitur ini, ketuk tombol menu>Settings, dan pilihlah Bandwidth Management pada Android, atau Bandwidth pada iPhone atau iPad.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Kesembilan: Google Cloud Print

Chrome terintegrasi dengan Google Cloud Print pada semua platform. Ketuk tombol menu dan ketuk Print, untuk mencetak file ke semua printer yang menggunakan Google Cloud Print. Jika Anda tidak memiliki printer yang mendukung fitur ini, Anda bisa menginstal Chrome pada komputer Desktop dan membuat semua printer dapat diakses Google Cloud Print.

Pada iPhone dan iPad, Chrome juga mendukung AirPrint dari Apple, tetapi Google Cloud Print membuat Anda mampu membuat semua printer dapat diakses dari smartphone Anda.


Tips Menggunakan Chrome di Smartphone Kesepuluh: Flags

Chrome versi Desktop memiliki fitur eksperimental tersembunyi, begitu juga pada versi Android. Ketikkan chrome://flags pada address bar Chrome untuk mengakses fitur ini. Anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur baru pada Chrome Beta for Android, dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak halaman tersembunyi Chrome dengan mengetikkan chrome://chrome-urls pada address bar.

Ingat, fitur ini tidak tersedia pada iPhone dan iPad. Chrome pada dasarnya menggunakan interface berbeda untuk Safari pada platform ini.


Anda juga mesti mengingat, bahwa Anda sebaiknya tidak mengutak-atik pengaturan ini jika Anda tidak benar-benar memahaminya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "10 Cara dan Tips Menggunakan Chrome di Smartphone"