Cara Akses Komputer Windows Dengan Smartphone

Sekarang ini, ada cara akses komputer Windows dengan smartphone, dimana meskipun iPad dan tablet Android sendiri tidak dapat menjalankan aplikasi Windows secara lokal, kedua merk smartphone ini dapat mengakses komputer desktop Windows secara jarak jauh, bahkan dengan keyboard fisik. Jika Anda ingin mengakses data yang terdapat dalam komputer Anda dalam keadaan terdesak, Anda dapat akses komputer Windows dengan smartphone. Ingin tahu caranya? Bacalah artikel ini.

https://www.kupaskomputer.com/2020/02/cara-akses-komputer-windows-dengan-smartphone.html

Akses komputer Windows Dengan Smartphone

Perusahaan Microsoft baru-baru ini meluncurkan aplikasi Remote Desktop resmi untuk smartphone modern sekarang ini, baik untuk iOS maupun Android. Meskipun begitu, aplikasi resmi Remote Desktop Microsoft ini utamanya berguna untuk bisnis. Jika Anda adalah pengguna komputer rumahan, Anda mungkin ingin menggunakan solusi Remote Desktop yang berbeda.

Akses komputer Windows Dengan Smartphone Pertama: Aplikasi Remote Desktop Microsoft

Microsoft sekarang ini menawarkan aplikasi Remote Desktop resmi untuk iPad dan iPhone, begitu juga untuk pc tablet dan smartphone Android. Aplikasi resmi untuk Remote Desktop ini sendiri menggunakan protokol RDP Microsoft untuk terhubung secara jarak jauh ke sistem Windows. Pada dasarnya, program ini adalah klien baru untuk fitur Remote Desktop yang telah ada pada Windows selama lebih dari satu dekade.

Tetapi, masalah besar akan menghalangi Anda untuk menggunakan aplikasi ini, jika Anda pengguna komputer rumahan biasa. Server Remote Desktop Microsoft tidak tersedia pada Windows versi standar atau versi Home. Hanya Windows yang menggunakan versi Professional dan Enterprise-lah yang dapat memanfaatkan fitur ini. Jika Anda tidak memiliki edisi Windows yang tepat, Anda harus mengatur port-forward dan juga layanan dynamic DNS jika Anda ingn mengakses komputer desktop Windows dari luar jaringan komputer lokal Anda. Atau jika mau, Anda juga dapat mengkonfigurasi VPN. Apapun itu, tidak ada cara yang mudah untuk mengkonfigurasi Remote Desktop dengan aplikasi resmi ini.

Tetapi tentu saja, untuk kalangan pebisnis, Aplikasi ini adalah anugerah, terutama untuk orang-orang yang sebelumnya telah menggunakan Remote Desktop Windows dan juga para orang-orang yang memiliki Windows dengan versi yang lebih mahal, dan tidak peduli terhadap proses konfigurasi yang harus dilakukan.

Akses komputer Windows Dengan Smartphone Kedua: Menggunakan TeamViewer

Jika Anda memiliki Windows versi standar, atau Anda tidak ingin susah payah mengkonfigurasi port-forward dan juga dynamic DNS, Anda sebaiknya mengacuhkan fitur Remote Desktop yang disediakan oleh Windows dan menggunakan cara lain untuk akses komputer Windows dengan smartphone Anda.

Jika Anda mencara cara lain untuk akses komputer Windows dengan smartphone, Anda dapat menggunakan TeamViewer. Program TeamViewer ini adalah program yang bagus untuk melakukan troubleshooting secara jarak jauh pada komputer keluarga Anda. selain itu, program ini sendiri juga bagus agar Anda dapat akses komputer  Windows dengan smartphone milik Anda sendiri. Terlebih lagi, program ini tidak memiliki batasan sama yang diberikan oleh sistem Remote Desktop Microsoft. Program ini gratis, dan berjalan pada Windows apapun, serta mudah untuk dikonfigurasi, tanpa harus mengatur port-forward atau konfigurasi dynamic DNS.

Untuk memulai, Anda dapat melakukan pencarian Google untuk mencari program TeamViewer, mendownload dan menginstalnya ke komputer Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya segera, tetapi adabaiknya jika Anda mengatur unattended access terlebih dahulu untuk terhubung secara jarak jauh tanpa menggunakan kode yang tertera pada layar komputer Anda.


Agar dapat terhubung, tentu saja Anda dapat menginstal aplikasi mobile TeamViewer untuk smartphone Anda dan melakukan login pada aplikasi tersebut dengan menggunakan detail yang ditampilkan pada komputer Windows Anda. Aplikasi TeamViewer ini juga menawarkan program yang berjalan pada komputer Mac dan Linux, jadi Anda dapat mengendalikan komputer dengan sistem operasi lainnya dari smartphone dan pc tablet Anda.

Akses komputer Windows Dengan Smartphone Ketiga: Opsi Lain Untuk Akses Komputer Windows Dengan Smartphone

Sebenarnya, selain dua cara diatas, ada beberapa cara lain untuk akses komputer Windows dengan smartphone. Ada sejumlah aplikasi dan layanan yang dibentuk untuk hal ini.

Splashtop adalah salah satu solusi Remote Desktop yang cukup populer, dimana beberapa orang bahkan mengatakan bahwa solusi ini lebih cepat. Sayangnya, aplikasi ini tidak seluruhnya gratis. Aplikasi yang tersedia pada App Store iPad dan iPhone ini memiliki harga standar USD 20. Untuk menggunakannya melalui Internet, Anda harus membeli paket tambahan “Anywhere Access Pack.” Jika Anda terlalu frustasi dengan kecepatan TeamViewer dan tidak merasa keberatan untuk mengeluarkan uang, Anda dapat menggunakan aplikasi Splashtop ini untuk akses komputer Windows dengan smartphone.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sembarang server VNC dengan aplikasi klien VNC lainnya. VNC adalah solusi DIY, dan bersifat protokol terbuka. Tidak seperti protokol RDP Microsoft, Anda bisa menginstal server VNC untuk Anda sendiri, mengkonfigurasinya sesuka Anda, dan menggunakan aplikasi klien mobile VNC manapun. Tentu saja, cara ini lebih fleksibel karena Anda bisa menginstal server VNC manapun pada komputer dengan sistem operasi Windows versi apapun. Tetapi disatu sisi, program ini memiliki masalah yang sama, dimana Anda pastinya harus susah payah melakukan port-forward, mengkonfigurasi dynamic DNS, dan mengamankan server VNC Anda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk akses komputer Windows dengan smartphone adalah dengan menggunakan Chrome Remote Desktop. Ternyata, aplikasi browser web Google Chrome telah menawarkan fitur Remote Desktop bawaan yang dapat membuat Anda mampu mengendalikan komputer Anda secara jarak jauh, dari device Windows, Mac, Linux, ataupun Chrome OS. Rumornya, sekarang ini Google sedang membuat aplikasi Android untuk Chrome Remote Desktop, dimana Anda akan mampu mengakses komputer yang menjalankan Google Chrome dari pc tablet Android dengan mudah. Solusi Google ini jauh lebih bersifat user-friendly untuk orang orang yang awam komputer daripada solusi yang ditawarkan Remote Desktop Microsoft, yang sudah jelas ditujukan untuk bisnis. Chrome Remote Desktop hanya membutuhkan akun Google Anda untuk digunakan.


Demikianlah artikel cara akses komputer Windows dengan Smartphone ini. Solusi Remote Desktop seperti aplikasi Remote Desktop Microsoft sebenarnya juga tersedia untuk pc tablet Windows. Pada device yang menggunakan Windows RT, Surface RT dan Surface 2, Anda dapat menampilkan desktop Windows secara penuh, dimana hal ini tidak tersedia pada tablet lainnya.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Akses Komputer Windows Dengan Smartphone"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel