6 Shortcut Keyboard yang Bikin Aktivitas Internetan Semakin Mudah

Internet ini memiliki arti yang sangatlah luas saat ini. Membuka halaman situs, chatting, mengakses sosial media, streaming video dan musik, saat ini sudah disebut sebagai internet. Semua hal tersebut berkaitan pula dengan sebuah aplikasi atau software yang bernama Browser. Browser ini sendiri merupakan wadah atau perantara bagi kita untuk bisa mengakses hal-hal yang ada di internet seperti halaman situs.

6 Shortcut Keyboard yang Membuat Aktivitas Internetan Semakin Mudah

Bagi Anda yang memang lebih banyak bekerja di dunia internet, pasti sebuah browser sangatlah penting untuk Anda. Kecepatan dan juga fleksibilitas kemudaah menggunakan browser tentunya menjadi hal yang Anda butuhkan. Untuk itu, dalam mempercepat pekerjaan Anda dalam dunia internet, maka di artikel kali ini, Saya akan membagikan 8 shortcut keyboard standar yang sering digunakan saat menggunakan browser untuk internetan di PC atau laptop. Apa saja shortcut keyboard untuk browser tersebut? Silahkan Anda simak di bawah ini.

6 Shortcut keyboard untuk browser (Mozilla, Chrome, dan Internet Explorer)

1. Mengarahkan kursor ke kolom url

Mungkin selama ini Anda selalu menggunakan mouse Anda untuk mengklik kolom url yang ada di browser untuk mengetikkan alamat situs. Cara itu sudah kuno! Karena, Anda cukup menekan tombol F6 atau CTRL + L saja, pasti kursor Anda akan langsung mengarah ke kolom url tersebut.

2. Membuka url baru

Pada browser terbaru saat ini, membuka jendela baru atau halaman website baru Anda tidak perlu lagi membuka browser. Karena, setiap halaman website tersebut sudah bisa terbuka dalam satu jendela browser dengan fitur tab. Anda cukup menekan tombol CTRL + T untuk membuka tab baru tersebut, lalu tekan tombol F6 untuk mengetikkan alamat url situsnya.

3. Refresh halaman website

Halaman yang tidak bisa terbuka atau gagal diload oleh browser biasanya harus direfresh lagi hingga terbuka. Untuk shortcut refresh tersebut sama saja dengan shortcut refresh di Windows Explorer atau pada desktop komputer Anda yaitu dengan menekan tombol F5 atau menekan tombol CTRL + R.

4. Membuka tab yang tidak sengaja tertutup

Trik yang berikutnya ini pasti sangatlah bermanfaat bagi Anda yang sering salah klik, sehingga tab penting di browser menjadi tertutup. Nah, untuk bisa mengembalikan tab yang tidak sengaja tertutup tersebut caranya sangatlah mudah. Anda cukup menekan tombol CTRL + Shift + T secara bersamaan, maka secara otomatis tab yang tertutup tadi akan terbuka lagi.

5. Browser full screen

Membuat tampilan dari browser menjadi full screen, untuk menyembunyikan taskbar Windows dan browser itu sendiri bisa Anda lakukan. Ini tentunya bisa membuat Anda lebih fokus pada layar internet Anda. Untuk shortcut keyboardnya tersebut, maka Anda bisa menekan tombol F11 saja.

6. Tidak perlu membuka Google lagi

Kebanyakan dari Anda mungkin selalu membuka Google.com dulu sebelum mencari referensi atau kata kunci yang ingin Anda temukan. Hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Anda cukup mengetikkan pada kolom URL browser kata kunci yang ingin Anda cari. Maka browser akan otomatis membuka hasil pencarian dari Google.

Sebenarnya masih banyak lagi shortcut yang bisa Anda gunakan, sehingga Anda tidak memerlukan lagi sebuah mouse. Beberapa shortcut tersebut bisa Anda lihat pada artikel Saya sebelumnya yang berjudul “shortcut keyboard untuk browser firefox“. Beberapa shortcut tersebut bisa juga Anda manfaatkan untuk Chrome atau browser lain.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "6 Shortcut Keyboard yang Bikin Aktivitas Internetan Semakin Mudah"