4 Hal Sepele yang Bisa Bikin Baterai Laptop Tidak Tahan Lama

Sebagai sesama pengguna laptop, mungkin kita memiliki beberapa hal atau kebiasaan yang sama saat menggunakan laptop, yang ternyata dampaknya itu bisa membuat daya tahan baterai laptop cepat berkurang. Hal seperti ini biasanya jarang dihiraukan, bahkan dilakukan berkali-kali. Hal apa sajakah itu? Silahkan Anda simak di bawah ini.

4 Hal Sepele yang Bisa Bikin Baterai Laptop Tidak Tahan Lama

1. Melepas baterai saat digunakan

Ini adalah ajaran dari penggiat teknologi di awal tahun 2000-an. Untuk laptop jaman sekarang, baterai laptop bahkan sudah tidak portable lagi atau bisa dilepas dengan mudah. Baterai pada laptop jaman sekarang ini sudah seperti digunakan pada smartphone yang bernama Non-Removable. Kalau pun memang masih ada laptop terbaru yang baterainya bisa dicabut, maka sebaiknya jangan dicabut. Karena, kalau malah tidak digunakan baterai laptop tersebut akan berkurang sendiri kemampuannya. Selain itu, menggunakan laptop tanpa baterai bisa beresiko merusak hardware lain di dalam laptop apabila tiba-tiba listrik mati.

2. Memakai laptop di kasur atau di tempat yang menutup sistem sirkulasi laptop

Untuk kebiasaan yang satu ini, Saya pribadi sebenarnya biasa melakukannya kalau memang lagi malas duduk di kursi, sehingga lebih enak berbaring di kasur atau di atas sofa. Kebiasaan seperti ini sebaiknya jangan Anda lakukan, apalagi kalau terlalu sering. Karena sistem sirkulasi udara pada laptop yang biasanya ada pada bagian bawah, samping kiri kanan atau depan, bisa terhalang oleh kasur. Ini bisa membuat kondisi pada laptop cepat panas, sampai akhirnya berefek pada baterai atau pun hardware lainnya.

3. Mengisi laptop saat benar-benar kosong

Mungkin Anda sering mengatakan ini “masih tersisa 10%, itu masih lama kok! Nanti aja dicasnya”.

Mungkin Anda juga masih termasuk dalam ajaran pengguna laptop lama yaitu jangan selalu menancapkan charger laptop, karena bisa membuat baterai laptop bocor. Untuk laptop tipe lama atau di bawah tahun 2010-an, memang ajaran tersebut masih berlaku. Tapi, untuk laptop jaman sekarang sudah canggih. Laptop jaman sekarang ini dibekali teknologi seperti pada smartphone, yang akan otomatis memutuskan arus listrik sendiri saat sudah full. Dan, jangan pernah membiarkan laptop baru Anda sampai isinya 0%, karena ini akan membuat masa pakai baterainya juga ikut berkuran.

4. Mencharger laptop secara bebas

Mencharger laptop secara bebas ini maksudnya adalah menggunakan charger dari laptop lain yang dari satu vendor, atau menggunakan arus listrik yang dayanya tidak sesuai. Anda boleh menggunakan charger laptop orang lain, tapi pastikan tipe laptop Anda tersebut sama. Walupun bermerek atau dari vendor yang sama, tapi kalau beda tipe maka itu berpotensi mengurangi daya tahan baterai. Selain itu, pilihlah tempat charger yang arus listriknya stabil atau tidak terlalu tinggi.

Nah, itulah beberapa hal sepele yang kadang dihiraukan oleh para pengguna laptop, yang nantinya bisa berdampak pada daya tahan baterai laptopnya. Walaupun memang dampaknya tidak secara instant, tapi dampak ini sendiri bisa berjalan secara perlahan.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "4 Hal Sepele yang Bisa Bikin Baterai Laptop Tidak Tahan Lama"