Review MSI Prestige 14 A10SC

Jika laptop ini adalah mobil, maka setara dengan Toyota Yaris kecil yang diisi engine WRC Rally, supercharged, 500bhp+++. Menurut saya pribadi ini adalah desain laptop paling menarik yang pernah saya pegang, jadi saya putuskan untuk membuat mini review laptop tsb.

MSI Prestige 14 A10SC!
MSI Prestige 14 A10SC


Spesifikasi utama:


  1. Layar 14" matte UHD 4K AdobeRGB 100%
  2. Processor Core i7 10th gen 10170U 6c/12t
  3. RAM 16GB LPDDR3, SSD 1TB NVMe
  4. Kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 Max-Q
  5. baterei 56wH


Harga 26jt, saya beli di toko komputer Jogja.

Kenapa laptop ini saya sejajarkan dengan Toyota Yaris yang diisi mesin rally? Simpel saja, banyak nilai & fitur plus pada laptop tsb.

Berikut nilai kelebihan laptop MSI Prestige 14 A10SC :

Bodi ultrabook, ukuran 13.3", monitor 14", ketebalan cuma 1.6cm, dan bobot cuma 1.3 kg (lebih ringan daripada Acer Swift 3).

Ukurannya cuma lebih besar sedikit dari kertas A4
Ukurannya cuma lebih besar sedikit dari kertas A4

Nah, bayangkan dengan chasis diatas, laptop ini diisi full power Core i7 10170U dan ... GTX 1650! Pure madness????

Dengan spesifikasi diatas, charger laptop ini termasuk ukuran kecil, ringan, dan sudah menggunakan USB C. Kira2 bobot laptop ditambah chargernya cuma 1.6 kg.

Ergolift laptop.
Ergolift laptop.

Dengan tuning yang tepat, Prestige 14 menurut saya adalah "ultrabook" dengan performa paling ganas untuk kelas bobot dibawah 1.5 kg. Namun sayangnya melibatkan tuning yang lumayan kompleks dan tidak bersahabat untuk orang awam. Penjelasan lebih lanjut dibawah.

Salah satu poin jual utama laptop ini adalah monitor 14" 4K UHD dengan 100% sRGB + 100% AdobeRGB yang disertifikasi oleh CaiMAN. Monitor laptop ini dari sisi reproduksi warna bersaing keras dengan Dell XPS 15 4K dan Apple MacBook Pro.

4K AdobeRGB 100% certified by CaiMAN. Yessss
4K AdobeRGB 100% certified by CaiMAN. Yesss

Brightness monitor yang terang pakai banget mencapai 500cd/m2. Mau tau seberapa terang monitor MSI ini? Brighness 100% di Acer Swift 3 sama dengan 30% di MSI ini. Ditambah monitor matte, Anda bahkan masih bisa melihat tampilan monitornya dibawah sinar matahari langsung. Lihat foto di bawah.

Dengan brightness 500cd/m2, bahkan cahaya matahari langsung (di Semarang yang sangat terik) tidak bisa mengalahkan brightness monitornya.
Dengan brightness 500cd/m2, bahkan cahaya matahari langsung (di Semarang yang sangat terik) tidak bisa mengalahkan brightness monitornya.

Baterai yang panjang untuk ukuran laptop dengan monitor 4K. Paling lama yang saya pakai untuk berselancar didunia maya dan multimedia ringan adalah sekitar 6 jam dengan tuned undervolt dan balance battery mode.

Desain ergolift untuk ergonomi maksimum dan engsel yang bisa dimiringkan 180 derajat. Lihat foto di album.

Engsel laptop bisa dibuka sampai 180 derajat.
Engsel laptop bisa dibuka sampai 180 derajat.

Keyboard full size, termasuk arrow keys juga full size. So far untuk mengetik enak. Ditambah dengan touchpad yang lebarrrrrrrrr, mulus, dan presisi.

Ukuran keyboard full size termasuk arrow keys yang biasanya dikecilkan. Ditambah dengan touchpad yang sangat luas.
Ukuran keyboard full size termasuk arrow keys yang biasanya dikecilkan. Ditambah dengan touchpad yang sangat luas.

Banyak software khusus dan support dari MSI.

Namun sama dengan mobil rally, laptop ini sekaligus adalah laptop YANG SANGAT WAJIB DITUNING dan tidak bersahabat untuk user awam atau "yang mau pakai langsung tidak pakai ribet". Kenapa??

Berikut nilai minusnya

Kenapa laptop ini bisa sangat ringan?
Karena cuma diisi dengan pendingin 1 fan + 3 heatpipes. Bayangkan sistem pendingin ini untuk Core i7 10170U dan GTX 1650 sekaligus.

Seberapa panas laptop ini ketika dipakai misalkan untuk gaming?
Melalui game Battlefield V, CPU tembus 90C, GPU bisa sampai 80C. Thermal throttling setelah 15 menit gaming. Bayangkan laptop ini untuk rendering video dengan suhu dan throttling separah itu.

Masih diperparah dengan panas tersebut merembet ke keyboard karena tepat diatas fan CPU - GPU
Suhu dipermukaan bisa sampai 50C sampai jari saya sendiri tidak tahan dengan panasnya.

Saya melakukan banyak sekali tuning sampai laptop ini bisa tenang di suhu maksimum CPU 70C dan GPU 60C.
Tuning mencakup undervolting CPU/IGP/GPU, downclock hingga clock terendah yang aman, update BIOS, BIOS tuning. Butuh waktu 2 hari penuh untuk mencari tuning yang tepat, selama proses menjumpai 5 BSOD karena setting clock dan voltase yang tidak tepat.

Satu-satunya yang bisa diupgrade di laptop ini cuma SSD
itupun cuma satu slot NVMe. RAM soldered jadi tidak bisa diupgrade.

2x USB 2.0 di laptop 2019?
Apakah MSI lagi mabuk saat mendesain I/O slot laptop ini?

Speaker dan DAC laptop yang buruk.
Driver audio dan config bawaan laptop ini yaitu Nahimic tidak mampu membuat audionya minimal rapi dan balanced.


Kesimpulan

secara out of the box, laptop ini tidak mampu mengeluarkan performa Core i7 10170U dan GTX 1650 secara native dan PANAS SAMPAI TIDAK BISA DIPAKAI UNTUK FULL-LOAD karena keterbatasan cooling system. Laptop dengan GTX 1650 harus punya minimal 2 fan dan 4 heatpipes. Laptop gaming entry-level dengan GTX 1650 seperti MSI GP, HP Omen saja mempunyai bobot minimal 2 kg.

Oleh saya, laptop ini di tuning down mendekati performa Core i7 8750U dan GTX 1050Ti hingga akhirnya stabil. Beneran stabil untuk gaming jangka panjang. Namun performa tersebut di laptop ultrabook 14" 1.3kg? Yes momod percaya ini adalah ultrabook dengan performa dan spesifikasi paling ganas untuk saat ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel