Perbedaan Push dan Pull Email

Push dan Pull merupakan teknologi dalam mengirim ataupun menerima pesan melalui jaringan internet. Keduanya memiliki perbedaan mendasar berdasarkan metode klien dalam menerima pesan.


Teknologi push dan pull tak hanya terdapat pada layanan email saja, namun juga terdapat pada layanan pesan singkat, notifikasi, serta media penyimpanan awan (cloud storage).

Lalu Apa Perbedaan Push dan Pull Email

Pada contoh layanan email dan pesan singkat, ada dua perbedaan mendasar antara meotde push dan pull,yaitu:

PUSH MAIL/IM
Email atau pesan singkat akan dikirim langsung dari server menuju ke klien. Layaknya SMS, email maupun pesan singkat akan langsung diterima bila ada email atau pesan baru.

Cara kerjanya adalah ketika ada email atau pesan masuk, maka server akan mengirimkan beberapa paket data pemberitahuan berukuran kecil (beberapa Kb) ke klien. Setelah terkirim, maka klien akan meresponnya dengan mengunduh email atau pesan tersebut.

PULL MAIL/IM
Berbeda dengan metode push, metode pull merupakan cara manual dalam mengakses email atau pesan singkat. Email atau pesan baru hanya bisa diterima oleh klien ketika pengguna mengeceknya secara manual atau berkala dengan cara menjadwalkan proses pengecekannya.

Teknologi push merupakan sebuah terobosan baru di dunia teknologi informasi yang memungkinkan seseorang dapat memperoleh informasi secara up to date. Metode push ini juga lebih baik dari metode pull dari sisi efisiensi besar data yang diterima dan waktu yang digunakan untuk menerima.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging