Pilih Canon atau Nikon? Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Pilih Canon atau Nikon? Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Pertanyaan klasik! Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh fotografer pemula. Entah karena mereka lagi mempertimbangkan pembelian kamera DSLR pertama, atau hanya untuk meyakinkan bahwa keputusannya (memilih merk kamera) tepat.

Meski pun fotografer pro tidak mempermasalahkan hal ini. Hal ini dikarenakan semakin berpengalaman seseorang dalam dunia fotografi, semakin yakin mereka bahwa merk kamera bukan masalah, tapi orang di baliknya yang berperan.

Karena Anda membaca artikel ini berarti Anda butuh semacama masukan, agar Anda bisa memilih keputusan. Berikut masukan dari saya, mudah-mudah bermanfaat.

Merk Kamera Teman

Teman di sini bukan hanya berarti teman dalam artian luas, tapi bisa juga teman bisnis atau teman komunitas fotografi.

Kalau teman-teman Anda banyak memakai Canon, maka memilih Canon juga merupakan pilihan bijak.

Selain Anda bisa saling berbagi, Anda juga bisa saling pinjam (atau patungan) peralatan fotografi lainnya, semisal lensa.

Ada cerita, seorang teman yang mempunyai merk kamera berbeda dengan teman saya lainnya. Saat itu kami hunting foto sambil travelling. Sialnya dia lupa membawa charger! Alhasil dia hanya bisa memotret sedikit.

Coba Keduanya

Hal paling mudah, sebenarnya ya coba saja. Jika Anda memiliki komunitas fotografi, pasti tidak akan sulit mendapatkan teman yang punya kamera dua merk tersebut.

Jadi pinjamlah dan rasakan sendiri. Saya rasa teman sendiri tidak akan keberatan meminjamkan kameranya untuk dua tiga kali jepret, bukan?

Apa Bedanya Canon dan Nikon

Jika ingin membanding kedua merk besar ini, perbedaan utamanya tidak terletak pada kualitas gambar yang dihasilkan. Sebagai contoh saja, kualitas lensa kit yang didapat bersama body kamera.

Keuntungan Membeli Kamera Canon.

Banyak yang berpendapat bahwa Canon memiliki banyak pilihan lensa yang cocok dengan anggaran dan kebutuhan. Dari untuk tujuan umum, lensa EF-S, lensa DO dan professional L.

Pada saat penulisan, semua kamera DSLR Canon sepaket dengan perangkat lunak pengedit foto. Anda mendapatkan installer Digital Photo Professional (DPP). DPP adalah perangkat lunak pengedit foto yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi eksposure, penyesuaian warna, kecerahan, kontras dan saturasi. Dimana dengan Nikon kita harus membeli secara terpisa perangkat lunak sejenis.

Keuntungan Membeli Kamera Nikon

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Nikon tidak memiliki system tier lensa. Semua lensa Nikon dibangun untuk standar yang tinggi. Anda bisa yakin lensa kit yang Anda dapat akan lebih bagus daripada lensa kit Canon.

Dengan kata lain, jika Anda mencari membeli kamera dengan lensa kit yang bagus dan tidak akan mengupgrade-nya dalam waktu dekat, maka Nikon adalah pilihan terbaik bagi Anda.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel