Memilih Mode Kamera Digital dan DSLR

Akhir pekan telah tiba dan anda berencana untuk hunting foto. Disini saya akan berbagi tips memilih mode pada kamera yang akan digunakan untuk memotret.

Memilih Mode Kamera Digital dan DSLR

Tapi sebelum anda menentukan pilihan akan menggunakan mode yang mana, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu tema hunting foto yang akan Anda kerjakan itu. Agar Anda lebih mudah menjatuhkan pilihan pada mode-mode di bawah ini.

Berikut penjelasan singkat mengenai mode-mode kamera DSLR.
  • Manual (M) : Mode ini harus Anda gunakan ketika Anda memotret dengan strobe studio. Kenapa tidak menggunakan mode Aperture Priority atau Shutter Priority? Alasannya adalah agar Anda mendapatkan exposure yang tepat. Sedangkan jika menggunakan kedua mode tersebut tidak memperhitungkan bahwa Anda menggunakan strobe.
  • Aperture Priority (Av) : Mode ini cocok untuk fotografi potret dan landscape. Sebab Anda bisa mengatur langsung latar belakangnya. Apakah Anda ingin latar belakangnya menjadi di luar fokus (dengan angka diafragma yang lebih rendah) atau di dalam fokus (dengan angka diafragma yang lebih tinggi). Apapun pilihan angka diafragma Anda, kamera secara otomatis akan memilih kecepatan rana yang tepat untuk exposure yang pas.
  • Shutter Priority (Tv) : Mode ini bagus untuk memotret di bidang olahraga, yang secara umum Anda harus membekukan sebuah aksi. Memungkinkan Anda mengatur kecepatan rana yang sangat tinggi (dengan catatan Anda memotret dalam kondisi cahaya yang cukup terang) dan kamera otomatis akan memilih angka diafragma yang tepat agar mendapat exposure yang pas.
  • Program (P) : Mode ini dapat Anda gunakan ketika Anda ingin memotret dalam mode otomatis tetapi tanpa menggunakan lampu kilat pop-up. Mode ini cocok jika Anda harus dengan cepat menangkap momen tanpa harus pusing mengatur diafragma, kecepatan rana, dan yang lainnya.
Untuk pemilihan lensa, Anda dapat membaca rekomendasi lensa prime nikon.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging