Cara Memotret Siluet

Cara Memotret Siluet

Siluet adalah foto dengan obyek utama gelap total dengan background yang lebih terang, sehingga yang terlihat menonjol adalah bentuk dari obyek utama tadi.

Foto ini menampilkan kesan misterius sekaligus dramatis. Sebab obyek yg terekam hanya tampak seperti bayangan.

Untuk menghasilkan foto siluet mudah saja. Silakan baca tips-tips singkat di bawah:


Jangan Pakai Flash

Iya! Jangan gunakan flash, karena dengan flash Anda akan tetap menghasilkan foto pada umumnya, yaitu obyek Anda tetap terang. Jadi ya matikan.


Waktu Pemotretan

Hanya ada 2 waktu untuk pemotretan siluet: menjelang matahari terbit dan tenggelam. Di sana akan menghasilkan foto yg dramatis dan bernuansa keemasan.

Sebelum matahari muncul anda sudah harus siap dengan kamera di tangan. Karena momen ini cepat sekali berlangsung. Sehingga jauh sebelumnya konsep foto juga mesti sudah siap.


Pemilihann Objek

Hampir semua objek dapat dibuat menjadi siluet, namun beberapa lebih baik daripada yang lain. Pilih sesuatu dengan bentuk yang kuat dan dikenali saat ingin membuat foto siluet yang bagus dan menarik untuk dilihat. Hal ini penting karena pada foto siluet, obyek tersebut hanya akan terlihat seperti bidang dua dimensi yang berwarna gelap.

Jika Anda memotret manusia, mungkin itu teman Anda atau client Anda. Anda sebaiknya menyarankan mereka untuk mengenakan pakaian yang agak ketat atau minimal cukup di badan (tidak kedodoran), sebab itu mampu menampilkan lekuk tubuh model, tentunya dibarengi dengan pengaturan pose yang sesuai.

Cobalah

Nah, cobalah suatu saat nanti memotret foto siluet. Jangan takut untuk mencobanya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging