Cara Mencegah Virus Masuk Ke Dalam Flashdisk

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Dalam Flashdisk

Flashdisk merupakan sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan melalui port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Sebuah flashdisk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaanya tepat. Cara penggunaan fashdisk disarankan dengan melakukan pencabutan flashdisk dengan cara aman, ini akan sangat berpengaruh pada umur flashdisk karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu dan arus pendek listrik yang dapat merusak komponen – komponen flashdisk dapat dicegah.

Kelebihan yang dimiliki Flashdisk

  • Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
  • Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple.
  • Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Virus dapat masuk atau menginfeksi flashdisk melalui fitur autorun yang sudah tertanam di flashdisk, sebenarnya fitur autorun ini memiliki fungsi yang baik dalam tujuan pembuatannya, yaitu mempermudahkan penggunaannya saat dihubungkan secara langsung ke komputer agar dapat langsung PLAY dan View seluruh isi flahdisk tersebut.

Lalu bagaimana cara mencegah virus agar tidak dapat memasuki flashdisk melalui celah dari fitur autorun tersebut.

Caranya:
  1. Tekan tombol windows + run ketik "gpedit .msc"
  2. Pilih computer configuretion lalh pilih administrative templates.
  3. Lalu pilih system, cari file turn of auto play "klik 2 x"
  4. Lalu klik ok dan tutup semua program dan restart.

Cara mencegah virus agar tidak dapat menginfeksi atau masuk ke Flashdisk ternyata cukup mudah, jadi lakukan cara dan langkah-langkah diatas agar Flashdisk terhindar dari virus.