Inilah 5 hacker bocah paling ditakuti di dunia saat ini

Masih segar di ingatan kita beberapa waktu yang lalu. Jagat internet baik media sosial atau pun portal-portal berita Indonesia dihebohkan oleh aksi seorang hacker belia yang ditangkap oleh aparat cyber crime karena berhasil meretas 4.600 website dan mengambil keuntungan materi dari aksinya itu.

Inilah 5 hacker bocah paling ditakuti di dunia saat ini

Hacker yang bernama Sultan Haikal ini lulusan SMP dan sewaktu ditangkap umurnya baru 19 tahun. Ia mulai belajar hacking sejak usia relatif muda. Kabar terakhir, Haikal akan direkrut oleh Polri karena skill-nya itu.

Nah, menanggapi kasus itu, apa sih hacker? Jadi, hacker atau peretas adalah seseorang yang mempunyai skill tinggi dan sangat mahir dalam menembus sistem keamanan suatu jaringan. Di antara mereka ada yang mampu membobol website resmi CIA, FBI, dan situs-situs yang dikenal memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan ketat.

Selain orang dewasa, ternyata ada juga anak remaja yang sudah menggeluti profesi kontroversial ini. Berikut Jaka kasih tahu 5 hacker muda yang menggegerkan dunia.

1. Ryan Cleary dan Jake Davis

Pada 2011, dua orang remaja Inggris menjadi perhatian publik. Mereka adalah Ryan Cleary yang saat itu baru berusia 20 tahun serta Jake Davis yang baru berumur 19 tahun. Keduanya melancarkan aksi serangan ke webiste papan atas, termasuk website badan inteligen Amerika yaitu CIA.

Pentagon, Sony, dan Nintendo juga sempat mengalami gangguan aktibat serangan tersebut. Yang menghebohkan, mereka juga berhasil membobol website media ternama Inggris, yaitu The Sun. Headline The Sun sempat mereka ganti, yang isinya headline itu mengabarkan berita hoax bahwa pemilik media itu yaitu Rupert Murdoch, telah meninggal dunia.

2. DJ Stolen

Tahun 2011 lalu, seorang hacker yang menamakan dirinya DJ Stolen sempat menjadi pemberitaan besar. Ia yang kala itu masih berusia 18 tahun menjebol laptop ataupun PC para penyanyi terkenal.

Ia pun berhasil mencuri lagu Lady Gaga, Kesha, Leona Lewis, Justin Timberlake, dan Mariah Carey yang belum dirilis ke publik dan kemudian lagu itu pun dia jual di internet. Dia bahkan berhasil mencuri foto mesum dari komputer Kesha. Sang hacker pun akhirnya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman selama 18 bulan dan harus menjalani terapi kecanduan internet.

3. Nicholas Allegra

Tahun 2011, Nicholas Allegra yang waktu itu adalah seorang remaja 19 tahun, berhasil membobol sistem coding Apple dan mengeksploitasinya sehingga memungkinan user Apple untuk menginstal aplikasi apa pun tanpa batasan. Nicholas pun merilis kode yang dinamakan JailBreakMe yang memungkinkan user terbebas dari batasan yang dilakukan Apple di iPhone dan iPad atau meng-unlock sistem Apple yang sangat tertutup rapat.

Praktik yang disebut sebagai jailbreak itu sempat meresahkan Apple. Sebanyak 1,4 juta user sempat memakai software temuan Nicholas. Meskipun berhasil membuat Apple gondok bukan main, aksi nicholas ini ternyata mendapatkan pujian dari beberapa tokoh seperti dari Charlie Miller, mantan analis di National Security Agency (NSA).

4. George Hotz

ABG ini pernah membobol proteksi iPhone di tahun 2007. Kala itu usianya baru menginjak 17 tahun. Tidak puas dengan aksinya itu, hakcer ABG ini pun juga menembus sistem keamanan PlayStation 3 hingga sukses membuat pihak Sony kebakaran jenggot.

Bahkan pihak Sony sempat mengajukan tuntuan hukum. Akibat ulah George Hotz, banyak gamer PlayStation 3 (PS3) yang menggunakan software ilegal untuk mengakses PlayStation Network, yang menyebabkan Sony merugi miliaran rupiah.

5. Whang Zhengyang

Ketika anak seusianya sibuk bermain game atau keluyuran, ternyata tidak demikian dengan bocah berusia 13 tahun bernama Whang Zhengyang ini. Zhengyang dijuluki anak ajaib karena mampu melakukan pembobolan sistem komputer. WWhang Zhengyang adalah seorang hacker yang andal. Whang yang berasal dari China ini memang sudah melakukan beberapa aksi hacking yang mencengangkan untuk seusianya.

Dia dilaporkan pernah membobol sistem komputer di sekolahnya untuk mencari jawaban PR. Kemudian, Whang juga pernah membobol sebuah e-commerce atau toko online lalu menurukan harga barang di toko online tersebut dari yang semulai 2.500 yuan menjadi hanya 1 yuan.

Dia langsung menghubungi pihak toko untuk memberi tahu celah kemanan yang telah ditemukannya. Karena aksi dan skill tersebut, Whang pun menjadi pembicara di ajang Chinese Internet Security Conference 2014 di Beijing.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging