Mudahnya mendaftar Google Adsense Youtube

Kupaskomputer.com - Kemajuan teknologi sudah merubah segalanya. Bukan hanya di sisi pengetahuan yang semakin luas, namun juga merambah ke bisnis online. Dari beberapa banyak bisnis online, ada satu bisnis yang cukup menjanjikan yaitu bermain adsense. Yup, sebagian dari pengguna internet sudah merasakan hasil yang telah di dapat. Ini bukan hanya isapan jempol saja, bahkan salah satu teman saya pun berhasil hingga menghasilkan ribuan dollar setiap harinya.

Kali ini saya akan mencoba untuk memberikan alternatif bisnis online yang tidak terlalu ribet namun tetap menjanjikan penghasilan yang baik yaitu bermain adsense di youtube. Bagaimana caranya?cukup mudah sebenarnya, tetapi harap di ingat semua itu butuh ketekunan dan keyakinan akan suatu keberhasilan bukan? Sementara ini bahasan dari saya adalah cara mendaftar Google adsense youtube. Untuk bahasan yang lainnya mungkin kalau saya ada waktu akan saya coba sajikan.




Hal-hal yang harus diketahui sebelum mendaftar adsense youtube. 

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum mendaftar google adsense youtube, kenapa demikian? ini demi menjaga akun kita dari hal-hal yang melanggar kebijakan google. Kita hanyalah orang yang berpartner dengan youtube dan memasangkan iklan di video miliknya kita. Berikut hal-hal wajib sebelum mendaftar adsense youtube.
  • Memiliki gmail, kalau belum silahkan buat gmail terlebih dahulu
    (Baca : Membuat akun gmail)
  • Memiliki video original minimal tiga video yang akan kita unggah nanti
    (Ingat! Video tidak mengandung unsur hak cipta seperti lagu orang lain)
  • Nomor handphone yang aktif 
  • Memiliki pengetahuan dasar mengenai fitur-fitur di youtube
  • Tentukan niche (tema) video yang akan di unggah, bisa tentang kesehatan, musik dan lain-lain
Apabila beberapa hal wajib tadi telah kita pahami. Silahkan untuk melanjutkan membuat akun adsense youtube. 



Mendaftar Google Adsense Youtube

1. Setelah membuat Gmail, langkah selanjutnya adalah mengunjungi laman youtube. Pada bagian pojok sebelah kanan, klik "Sign in". Maka secara otomatis kita telah memiliki sebuah akun youtube, dengan menggunakan alamat email kita. 

2. Langkah seterusnya adalah mengunggah video yang telah saya sebutkan tadi. Minimal tiga video yang original. Untuk mengunggahnya tidak terlalu sulit, cukup klik "upload" pojok kanan atas, sebelah nama akun gmail kita, maka akan muncul jendela baru, dan cukup klik pada bagian "select files to upload". Setelah itu kita bisa memilih video yang akan kita unggah yang berada didalam komputer kita.

3. Lamanya proses upload ini sendiri tergantung dari kecepatan koneksi internet dan juga besarnya file yang akan kita unggah. Semakin besar maka akan semakin lama prosesnya. Untuk sementara, gunakan saja video ukuran kecil, untuk syarat mendaftar saja. Nanti silahkan berkreasi sendiri akan video yang diunggah. Silahkan unggah tiga video supaya kita tidak dipusingkan dengan langkah-langkah yang berulang.

4. Setelah mengunggah video, sekarang channel kita wajib melakukan verifikasi melalui sms ataupun telepon. Caranya, klik akun youtube kita (pojok kanan atas), pilih "Creator Studio" kemudian klik "Channel" pada bagian kiri, dan masuk ke "Status and Features", terlihat disana bahwa akun youtube kita belum di verifikasi. Cukup klik "Verify".


5. Ada dua langkah dalam verifikasi akun youtube kita, langkah pertama adalah memasukkan no handphone yang aktif. Langkah kedua ada memasukkan kembali kode yang dikirimkan via sms atau yang diberikan melalui telp. Untuk lebih mempermudah, silahkan verifikasi akunnya melalui sms, dan centang pada bagian "Text me the verification code" dan klik "submit". Tidak butuh waktu lama setelah kita menekan submit, akan muncul kode verifikasi, masukkan kembali kode tersebut, dan akun youtube kita telah terverifikasi ditandai dengan berubahnya tulisan "Verify" menjadi "Verified"

Sampai disini kita sudah memiliki Akun Adsense yang dibuat dari youtube.  Langkah selanjutnya adalah cukup memonetisasi setiap video yang akan kita unggah ke youtube dan berdoa semoga mendapatkan rejeki yang banyak dari setiap video yang kita unggah.


Catatan : 

Harus di ingat, untuk bermain adsense youtube wajib bagi kita memiliki video orisinil, bukan video orang laen. Karena hal ini nanti berpengaruh pada channel kita bahkan bisa juga berimbas kepada akun adsense kita. Beberapa hal yang akan kita temui apabila memainkan video non ori atau video orang lain yaitu :
  • Strike, peringatan yang diberikan youtube untuk video yang melanggar seperti ini cukup berbahaya. 2 x strike maka channel kita pun akan hangus dari youtube, bahkan berimbas kepada email kita 
  • Blocked world wide, tak berbeda jauh dengan strike, peringatan ini pun cukup berpengaruh kepada channel kita
  • Suspend, kalau yang ini maka tidak ada ampunan lagi bagi channel kita. Kalau sudah kena suspend, channel kita tidak bisa di akses lagi dan langsung berpengaruh kepada email kita yang tidak bisa mengakses youtube lagi. Istilahnya kena banned

Satu hal lagi yang harus kita ketahui, kalau kita ingin membuat video tutorial seperti tutorial komputer, biasanya kita menyisipkan sebuah lagu didalamnya. Hal ini dilakukan agar video tersebut tidak terlalu membosankan. Namun ternyata tidak sembarang lagu yang bisa kita sisipkan. Lagu yang dijual dipasaran itu tidak bisa kita gunakan. Tetapi jangan khawatir, ada banyak kok lagi gratisan atau free yang bisa kita dapatkan. Silahkan buka kembali artikel saya sebelumnya yang membahas mengenai hal ini.

Baca : Situs penyedia soundtrack gratis buat youtube )


Kalau sudah mencoba, saya yakin tidak akan terlalu sulit untuk mendaftar google adsense youtube ini. Bahkan kalau sudah merasakan sedikit uang dari adsense, kita bisa ketagihan loh.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Mudahnya mendaftar Google Adsense Youtube"