Kesalahan Penggunaan Laptop & Notebook

Kupaskomputer.com - Berawal dari seringnya saya melihat istri saya yang mengerjakan pekerjaan kantor dengan notebook di tempat tidur, dari sini saya terinspirasi untuk membuat artikel ini. Ya, terkadang mereka sebagai pengguna notebook/laptop seringkali mengabaikan beberapa hal yang cukup beresiko untuk merusak laptop / notebooknya.

Cukup banyak sekali orang-orang yang mengabaikan ketika kita mengingatkan. Yup, tak jarang dari mereka malah meremehkannya bahkan mengejek dengan mengatakan "sok tau lu", namun ketika notebooknya bermasalah, apa yang pertama kali disalahkan? mereka akan menyalahkan barangnya jelek. Padahal semua itu juga berawal dari User atau pengguna perangkat tersebut bukan? Malah tak jarang dari mereka melontarkan kata-kata seperti ini.
Ah merk ini gak bagus, cepet rusakNyesel saya beli merk ini, masa baru pake beberapa bulan udah matotMerk abal-abal, pake bentar taunya error

Tetapi apakah mereka sadar bahwa kerusakan itu belum tentu karena faktor merk saja? faktor kesalahan pengguna yang lalai juga sangat mungkin. Ingat, perangkat komputer merupakan barang elektronik, bukan karet yang anti banting, anti air, anti panas dan lain-lain. Jadi awet atau tidaknya barang kita juga tergantung dari cara kita memakai barang tersebut.

Berdasarkan curhat dari teman-teman saya yang memiliki notebook/laptopnya yang mengalami error, berikut saya berikan contoh beberapa kesalahan pengguna notebook atau laptop.
baca juga : bedanya netbook, notebook, UMPC dan laptop)



Bermain Laptop diatas bantal / tempat tidur

Pernahkah melakukan kegiatan seperti ini? jawabannya pasti iya bukan? yup, memang terasa mengasyikkan melakukan kegiatan sehari-hari sambil tidur-tiduran di atas kasur. Sambil berbaring dan bisa menyelesaikan pekerjaan kantor. Tak jarang sampai ditinggal tidur. Tetapi apakah kalian tahu bahaya yang akan menimpa perangkat laptop / notebook kita? Sangat beresiko, bahkan bisa membuat laptop / notebook kita mati total (matot). Nah loh? Kok bisa?

Alasannya cukup sederhana, panas pada laptop / notebook tidak terbuang secara maksimal. Bahkan ventilasi udara pada notebook tersumbat dikarenakan permukaan kasur atau bantal yang tidak rata. Dan ini menyebabkan ventilasi udara pada laptop/notebook tertutup. Apabila hal ini dilakukan dengan jangka waktu yang cukup lama seperti bermain game, laptop akan Overheating (panas berlebih) yang mengakibatkan kerusakan pada bagian chipset atau malah prosesor laptop/notebook.

Tidak percaya? silahkan dicoba, nanti kalau sudah rusak jangan ditangisi hehe. Jadi saran saya, kalau memang ingin melakukan kegiatan diatas kasur atau bantal, usahakan untuk memberi alas yang permukaannya rata, atau bisa juga membeli meja laptop portable yang sudah ada kipasnya. Jadi dengan demikian umur laptop/ notebook kita akan lebih lama lagi.



Meletakkan buku-buku diatas Laptop / Notebook

Selain kesalahan seperti yang saya sebutkan. Beberapa kesalahan pengguna laptop lainnya adalah lalainya kita yang sering meletakkan barang sembarangan. Bahkan tak jarang dari kita meletakkan buku-buku yang cukup berat diatas laptop kita ketika tidak digunakan. Ada juga yang menumpuk dengan tas yang berisi buku-buku. Efeknya? memang tidak secara langsung merusak, namun apabila terlalu lama maka akan merusak layar LCD laptop kita. Nah loh kok bisa?

Untuk diketahui, laptop tidak didesain untuk menahan beban berat, apalagi pada bagian pelindung LCD. Apabila beban berat tertumpuk pada satu titik, misalnya di tengah layar LCD, bisa menyebabkan LCD pecah. Jadi laptop bukanlah tempat untuk meletakkan buku atau barang lainnya. Ketika kita tidak lagi menggunakan silahkan letakkan laptop ditempat yang aman. Aman dari jangkauan anak-anak. Dan juga dari mereka yang tidak paham akan perangkat komputer


Berpindah-pindah tempat ketika menggunakan Laptop/ Notebook

Nah untuk yang satu ini pun terkadang sering kita lakukan. Alasannya cukup sederhana, terkadang kita bosan kalau sudah duduk disatu tempat. Ya, kebanyakan dari mereka seringkali berpindah-pindah tempat. Padahal cukup banyak resiko yang akan ditemui. Saya berikan beberapa contoh saja kesalahan yang akan terjadi ketika berpindah tempat :
  • Laptop / notebook terlepas ketika kita sedang memegangnya (karena lalai)
  • Laptop / notebook terbentur oleh benda keras seperti dinding ketika dibawa untuk berpindah, atau laptop terguncang ketika di letakkan ditempat yang lain
Dari dua hal tadi, cukup berbahaya apabila sampai terjadi. Pertama, saat laptop terjatuh akan mengakibatkan rusaknya perangkat / komponen yang ada di dalam laptop. Contoh kasus yang pernah saya temui, laptop teman saya LCD nya pecah ketika akan berpindah tempat.

Kedua ketika laptop terbentur secara tidak sengaja maka akan mengakibatkan goncangan pada harddisk walaupun goncangan tersebut tidak terlalu kuat namun cukup berpengaruh terhadap harddisk. Dan ketika kondisi seperti ini sering kita lakukan maka bisa membuat umur harddisk menjadi pendek. Gesekan kecil akibat goncangan membuat piringan didalam harddisk tergores. Semakin sering semakin besar goresan didalam piringan. Lama-lama, harddisk akan sulit mengakses data dan akhirnya dengan terpaksa mengganti harddisk baru.
baca juga : cara mengetahui kerusakan pada harddisk)



Melepas baterai ketika menggunakan laptop / notebook

Dari beberapa referensi yang saya baca, ketika kita sedang menggunakan laptop / notebook dalam jangka waktu yang panjang, mereka menyarankan untuk melepaskan baterai laptop dan hanya mengandalkan carger laptop. Hal ini dilakukan untuk menghindari panas berlebih.

Namun ternyata, melepaskan baterai laptop dan menghidupkannya hanya menggunakan carger laptop akan lebih berbahaya lagi. Karena arus listrik yang tidak baik akan langsung di serap oleh komponen di dalam laptop tanpa di filter lagi oleh baterai laptop. Efeknya sangat buruk untuk komponen laptop, terutama pada bagian motherboard.

Dari banyak kasus yang saya temui, kondisi seperti itu bisa mengakibatkan kerusakan chipset atau prosesor laptop. Selain itu, menggunakan laptop tanpa baterai bisa juga mempercepat kerusakan harddisk. Karena kita tahu kalau PLN terkadang tidak memberikan peringatan ketika akan memadamkan listrik.

Jadi manakah yang harus kita pilih? menggunakan laptop dengan kondisi baterai terpasang atau hanya mengandalkan carger saja?berikut saran-saran dari saya dengan kondisi diatas.
  • Ketika berencana menggunakan dalam jangka waktu yang panjang seperti bermain game, baterai di isi full terlebih dahulu. Kemudian ketika baterai akan habis, silahkan istirahatkan laptop / notebooknya. 
  • Ketika kita memilih melepaskan baterai laptop, saya sarankan menggunakan UPS yang bagus dan juga stabilizer. Hal ini penting untuk menjaga kerusakan karena arus dan juga listrik yang tiba-tiba padam.




Makan dan minum didepan Laptop / Notebook

Hayo ngaku, apakah kita juga sering melakukan hal tersebut? ya dah, saya juga mengakuinya hehe. Sama seperti halnya bermain laptop di tempat tidur, melakukan kegiatan di depan laptop / notebook sambil "ngemil" rasanya mengasyikkan. Bahkan ada juga sebagian pengguna laptop lainnya makan di depan laptop, alasannya sih susah membagi waktu (waktu yang sangat padat hingga tidak sempat makan di meja makan).

Sebenarnya tidak berbahaya sama sekali loh. Cuma terkadang kesalahan kecil yang kita lakukan, sangat bisa merusak laptop tersebut. Contoh sederhana, ketika kita minum di depan laptop, secara tidak sengaja kita menumpahkan minuman tersebut pada bagian laptop, terutama bagian keyboard. Efeknya apa? air yang masuk ke dalam komponen laptop akan membuat korsleting dan akibatnya laptop/ notebook kita bisa mati total. Jadi sebisa mungkin hindari melakukan hal ini. Kalaupun memang ingin makan dan minum di depan laptop, usahakan untuk meletakan makanan dan minuman yang jaraknya cukup jauh dari laptop / notebook kita.



Mengangkat laptop hanya dengan memegang Layarnya

Hmm... aneh ya kalau melihat orang melakukan hal tersebut? Beberapa pengguna laptop melakukan hal demikian. Alasannya menghemat waktu. Tetapi hal tersebut malah bisa merusak layar laptop itu sendiri. Ketika kita memindahkan laptop hanya dengan memegang layarnya, layar LCD akan tertekan. Apabila tekanan terlalu kuat, bisa menyebabkan layar LCD laptop / notebook kita pecah. Jadi hindari untuk melakukan hal ini.



Menutup layar laptop menggunakan tenaga saat posisi hidup

Untuk yang satu ini, cukup jarang dilakukan oleh pengguna laptop. Tetapi saya sendiri pernah melihatnya secara langsung.  Entah karena orang tersebut uangnya sudah terlalu banyak, atau karena ketidaktahuannya. Menutup laptop/ notebook saat posisi hidup menggunakan tenaga yang cukup kuat berimbas pada goncangan pada laptop. Yang paling beresiko ketika mengalami goncangan yang cukup kuat adalah harddisk.

Untuk diketahui, kecepatan rata-rata harddisk laptop adalah 5400 RPM (rotation per minute). Harddisk berputar sebanyak 5400 putaran dalam satu menit, ketika ada goncangan maka akan terjadi gesekan. Logikanya, ketika kita mengendarai sepeda motor dengan kecepatan cukup tinggi tiba-tiba oleng, apa yang terjadi?luka-luka? atau bisa membuat pengendaranya mengalami kematian? begitupun juga dengan harddisk. Piringan pada harddisk bisa tergores, bahkan bisa mengalami kerusakan yang lebih parah.



Menggunakan Notebook/ laptop dengan jangka waktu yang lama

Pernah lihat orang menggunakan laptop sampai 6 jam lebih dalam sehari non-stop? bahkan ada yang menghidupkan laptop/notebook selama 24 jam non stop hanya untuk bermain game? Banyak bukan? Laptop / notebook fungsinya untuk menggantikan komputer desktop bekerja secara mobile. Dalam arti, kita bisa bekerja dimanapun dengan ditemani notebook kesayangan. Namun ketika kita ingin mengerjakan sesuatu hal yang membutuhkan waktu cukup lama, ada baiknya untuk menggunakan komputer desktop. Apalagi bermain game, lebih baik menggunakan komputer desktop dibandingkan laptop.

Alasan saya sederhana, karena laptop/notebook dengan spesifikasi standar tidak dirancang untuk bermain game dengan jangka waktu yang lama. Panas berlebih akan mengakibatkan umur laptop yang pendek. Beda kalau berbicara Gaming laptop yang memang didesain untuk bermain game.Namun tetap tidak baik juga menghidupkan laptop dengan waktu yang cukup lama. Saya lebih menganjurkan untuk mengistirahatkan laptop sekitar 15 menit ketika telah menggunakan laptop lebih dari 3 jam.

Sebenarnya cukup banyak kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pengguna notebook/laptop. Namun secara umum, kesalahan yang sering dilakukan seperti yang saya jelaskan diatas. Nah, mulai dari sekarang cobalah untuk menghargai barang yang kita miliki. Ingat, harta yang kita miliki adalah titipan Allah, SWT. Dan kewajiban kita adalah menjaga dan merawatnya, karena kita tidak tahu kapan harta titipan tersebut akan di ambil.

Khusus untuk yang masih pelajar/ kuliah. Laptop/ notebook yang diberikan orang tua harus dijaga sebaik-baiknya. Orang tua kita membeli laptop/notebook tersebut dengan keringat, hanya demi membahagiakan anaknya. Jadi, dengan kita merawatnya saja, bisa membuat orang tua kita tersenyum bahagia.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel