VenomRX Atlas | Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Kupaskomputer.com - VenomRX merupakan salah satu produsen perangkat komputer, baik itu casing, RAM dan PSU. Berdiri pada tahun 2007, sebagai produsen DRAM dan PSU, kemudian mengembangkan sayapnya dengan memproduksi Casing Komputer.

Merk VenomRX sendiri menjadi salah satu incaran pengguna komputer, salah satunya adalah harganya yang cukup bersaing tetapi tidak melupakan fitur-fitur didalamnya.


Yup, kalau saya pribadi menilai venomRX berbanding dengan harga yang ditawarkan. Mungkin rival yang cukup berat dari VenomRX sendiri adalah Dazumba. Tetapi semua itu juga kembali ke masing-masing pembeli, karena selera orang berbeda-beda bukan?


Baiklah, kali ini saya kedatangan kembali casing dari VenomRX yaitu VenomRX Atlas. Atlas sendiri kalau kita melihat webnya langsung, dikategorikan sebagai casing hard core nya venom. Ini berarti menunjukkan kelas casing Atlas termasuk kelas premium dari VenomRX. Walaupun begitu, harga dari casing ini cukup bersahabat. Namun bukan berarti casing ini tidak memiliki kekurangan, mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari casing ini? silahkan dibaca selengkapnya.



Spesifikasi Casing VenomRX Atlas

Tidak banyak info yang saya dapatkan dari web resmi venom. Bahkan terlalu sederhana. Padahal dengan banyak informasi dari casing ini bisa menjadikan sedikit gambaran sebelum membelinya. Berikut spesifikasi casing venomRX Atlas.
  • Dimensi 470 x 200 x 470 mm
  • Side Acryclic Window : D-Type
  • Colors : Black
  • Structure Coating : Black
  • Dukungan PSU : ATX
  • Dukungan Mainboard : Micro ATX, Standar ATX & ITX
  • Cable Management
  • Screwless

Paket Penjualan

Untuk kesekian kalinya, saya lupa memfoto boxnya, maklum terkadang banyak fikiran membuat saya menjadikan lupa semua, ups jadi curhat hehe. Ketika pertama kali saya melihat boxnya, terlihat cukup jelas bahwa VenomRX ingin menekan biaya produksi. Boxnya cukup biasa, berwarna coklat dan sedikit memberikan gambaran dari casing itu sendiri.

Pada paket penjualan VenomRX Atlas, tidak terlalu banyak yang kita dapatkan. Cuma beberapa bracket tambahan untuk dipasangkan SSD dan baut-baut untuk kebutuhan perakitan komputer. Cukup sederhana apa yang diberikan dari VenomRX Atlas.

Untuk casing yang satu ini, perlengkapan perang yang diberikan boleh di acungi jempol. Semua fan diberikan begitu saja oleh venomRX. Total ada 6 fan yang bisa di pasang didalam casing. Hanya satu fan bagian bawah saja yang perlu kita beli. Cukup menggiurkan bukan yang ditawarkan oleh casing satu ini?

Tampilan Luar dan Dalam Casing

Ketika mengeluarkan casing dari dalam box, terlihat jelas penampakan casing ini. Terlihat sangat menarik dengan dibalut motif dari cover depan sampai atas. Bahkan motif dan bentuknya pun sama. Casing ini sendiri hanya tersedia satu warna, yaitu warna black. Kemudian side panel samping sudah menggunakan acrylic gelap, namun begitu, masih cukup terlihat ketika dihidupkan. Pada bagian samping kanan, sedikit menggembung, fungsinya sendiri untuk space atau ruang mengatur kabel manajemen.

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Tampilan Casing VenomRX Atlas depan dan belakang
Menuju bagian atas casing, terlihat disini betapa melimpahnya USB yang diberikan. Total ada 5 port USB yaitu 4 x port USB 2.0 dan 1 x port USB 3.0. Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh rivalnya dengan harga yang sama. Selain port USB, ada juga port Audio dan Mic in, port standar yang memang ada di semua lini casing.

Kemudian kita bisa melihat adanya HDD Docking pada casing ini. Namun satu hal yang saya sesalkan adalah posisi harddisk disaat dipasangkan pada HDD Docking. Posisinya sedikit miring, karena permukaan atas casing tidak rata, dan hal ini cukup mengganggu menurut saya. Harusnya posisi harddisk ditempat yang rata demi keamanan harddisk itu sendiri. Selain itu, pada casing ini ada tombol pengatur kecepatan fan yaitu max, off dan min.

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
HDD Docking VenomRX Atlas

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Pengaturan fan pada VenomRX Atlas
Melongok kebagian dalam casing, terlihat jelas cable management begitupun juga HDD Rack pada VenomRX Atlas. Pada bagian Drive Bay 5,25", hanya bisa dipasangkan 2 optikal drive saja, sisa satu bisa dipasangkan SSD/HDD 2,5" atau floppy disk drive (ada bracket tambahan). Selain alternatif tadi, kita juga bisa memasang 3 x SSD/HDD 2,5" dan 3 x HDD 3,5".

Dan salah satu yang cukup menarik adalah drive bay 2,5" bisa kita lepas apabila menjadi penghalang ketika ingin memasang VGA yang panjang. Pemasangan HDD dan ODD pun tidak memiliki kendala yang berarti, sangat mudah dan sama sekali tidak membutuhkan baut. Namun lagi-lagi setelah dipasangkan pada bracket, kita harus memasukkan bracket harddisk tersebut di samping kiri casing. Hal yang aneh memang, karena umumnya sebelah kanan casing.

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Cable Management pada Casing VenomRX Atlas
Untuk pengkabelan sendiri, kabel-kabel yang diberikan pada casing inipun cukup banyak. Seperti kabel USB 3.0, kabel power SATA (untuk HDD Docking), kabel fan, kabel USB 2.0, kabel Audio dan juga kabel front panel. Satu hal yang cukup disayangkan, kabel USB 2.0 yang dipakai casing ini berwarna putih. Padahal agar menyatu, baiknya berwarna putih.

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Kabel-kabel dan juga HDD Rack pada VenomRX Atlas

Instalasi Perangkat Pada Casing VenomRX Atlas

Disini saya memberikan dua contoh hasil instalasi perangkat pada casing VenomRX Atlas ini. Satunya menggunakan mainboard micro ATX dan satunya lagi standar ATX. Untuk instalasi mainboard pada casing ini tidak ada kendala yang cukup berarti, begitupun juga HDD dan ODD. Namun untuk pengaturan kabel manajemen, sedikit merepotkan apabila terlalu banyak kabel yang mesti di pasang pada PSU.

Untuk dukungan kartu grafis atau VGA Card, casing ini bisa di bilang lega. VGA Card yang pasang terbilang sangat panjang, namun masih bisa terpasang dengan baik tanpa ada kendala berarti. Bahkan Casing VenomRX Atlas ini pun pada bagian Drive Bay 2,5" bisa di lepas apabila kita memiliki VGA Card yang super bongsor dan panjangnya sampai 32CM.

Untuk kekurangan sendiri yang cukup terasa adalah casing ini tidak terlalu lebar. Saya pernah memasangkan Cooler Prosesor dari Xigmatek dengan dimensi 120 x 120 x 25, namun ternyata casing tidak bisa ditutup karena terhalangi oleh Cooler dari Xigmatek tersebut. Al hasil, sedikit memberikan kekecewaan bagi yang masih mengandalkan Air Cooler. Solusi yang paling baik adalah menggunakan watercooler, namun dengan harga yang sudah pasti lebih mahal. Atau bisa juga mengganti Air Cooler dengan dimensi yang lebih kecil.

Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Hasil instalasi pada casing VenomRX Atlas
Casing Gaming Dengan Fitur Lengkap
Hasil Instalasi perangkat pada casing VenomRX Atlas

Kesimpulan

Casing VenomRX Atlas memiliki fitur yang sangat lengkap. Apalagi untuk range harga yang diberikan. Beberapa kelebihan yang patut di acungi jempol adalah HDD Docking, port USB yang melimpah, fan / kipas pada casing yang bisa kita atur dan juga fan yang diberikan secara gratis pada casing ini berjumlah 5 buah.

Namun dibalik beberapa kelebihan yang telah saya sebutkan tadi, casing ini memiliki kekurangan yang cukup terasa. Salah satunya adalah dukungan terhadap Air Cooler. Kita terpaksa harus mencari Cooler Processor yang tidak terlalu tinggi, ukurannya harus lebih kecil. Kemudian posisi HDD Docking yang kurang baik, sedikit mengurangi nilai pada casing ini.

Untuk kualitas casing sendiri cukup baik. Ketebalan casing begitupun juga dengan cat pada casing ini sangat baik. Jadi menurut saya pribadi, apabila kita menginginkan casing gaming dengan tampilan yang cukup menarik, fitur yang melimpah, silahkan dicoba casing VenomRX atlas ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel