Unboxing Lenovo E10-30 | kecil dengan resolusi layar tinggi

Kupaskomputer.com - Kali ini saya kedatangan notebook super murah besutan Lenovo. Yup, ukuran yang kecil dan ringkas menjadikan notebook mini pilihan paling cocok buat pelajar, walaupun tidak menutup kemungkinan bagi karyawan kantor untuk memilikinya. Harga notebook mini ini pun terbilang sangat murah, harganya dibawah 3 juta rupiah, namun jangan meremehkan kemampuannya, mau tahu bagaimana keseluruhannya? silahkan di simak review singkat dari saya.

Notebook Lenovo E10-30 memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk membantu pekerjaan kita seperti browsing, mengetik, maupun editing ringan. Dan juga notebook inipun masih bisa untuk menjalankan game-game yang tidak terlalu membutuhkan spesifikasi tinggi.


Berikut saya berikan spesifikasi lengkap yang diusung Lenovo E10-30

  • Intel Celeron N2830 2,16Ghz up to 2,4Ghz
  • RAM 2GB DDR3
  • Hard disk 320 GB 
  • Bluetooth, Wifi, Card Reader, USB 3.0
  • Layar 10 Inch HD LED resolusi 1366 x 768
  • Berat 1,3 Kg
  • Dimensi 250 x 200 x 18 mm

Loh prosesornya kok celeron? eits! jangan salah dulu. Celeron yang dulu dengan yang sekarang cukup jauh berbeda. Secara kinerja celeron yang saat ini sangatlah baik untuk menjalankan aplikasi yang tidak terlalu berat, bahkan masih bisa untuk memainkan game sekelas pes 2015 walaupun dengan settingan yang menyesuaikan. 

Prosesor celeron ini juga telah dibekali dengan dua inti prosesor dan kecepatan prosesornya pun secara otomatis naik hingga 2,4 Ghz ketika ada program yang membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi. 

Sebagai informasi tambahan, Prosesor Intel Celeron dihadirkan untuk mengantikan posisi prosesor Intel Atom yang sudah tidak di produksi lagi. Walaupun begitu kemampuan prosesor Intel Celeron lebih baik dibandingkan intel atom namun dengan harga yang masih terbilang bersahabat. 

Paket Penjualan

Box dari lenovo E10-30 sangatlah sederhana. Terlihat biasa saja, tidak ada yang spesial. Hanya ada tulisan Lenovo dan sedikit informasi mengenai spesifikasi yang di usung lenovo E10-30. Cukup wajar melihat harga yang diberikan. Walaupun begitu boxnya cukup tebal. Dan bisa melindungi apa yang ada di dalamnya. Hal ini berguna ketika kita melakukan pembelian secara online, tanpa harus di packing lagi.

Box Lenovo E10-30
Box Lenovo E10-30
Pada paket penjualannya, selain Lenovo E10-30, kita juga akan mendapatkan buku manual, kartu garansi, dan charger. Saya tidak menemukan DVD Driver didalam penjualannya. Atau mungkin unit yang saya dapatkan tidak menyertakannya?suatu kekurangan yang cukup terasa, namun itu bukanlah kendala yang besar. Kita masih bisa mendapatkan driver Lenovo E10-30 langsung menuju halaman resminya.

Paket Penjualan yang disertakan Lenovo E10-30
Paket Penjualan yang disertakan Lenovo E10-30

Tampilan Lenovo E10-30

Dari segi tampilan, Notebook Lenovo E10-30 tidak terkesan notebook murahan seperti halnya notebook dengan kelas yang sama. Cukup elegan dengan warna keseluruhan body adalah hitam. Body lenovo menggunakan plastik tebal dan bercorak khas lenovo. Body yang cukup ringkas sehingga mudah untuk dibawa-bawa, terlebih lagi notebook mini ini berbobot hanya 1,3 kg saja, cukup ringan bukan?

Tampilan keseluruhan Notebook Lenovo E10-30
Tampilan keseluruhan Notebook Lenovo E10-30
Notebook lenovo ini meletakkan tombol power tidak seperti biasanya. Umumnya tombol power ON pada notebook kebanyakan berada di samping atau juga ditengah. Namun lenovo E10-30 tombol powernya terletak di bagian samping kiri layar.

Pada bagian bawah notebook Lenovo E10-30 ini, terlihat beberapa tempat untuk membuang panas. Selain dibawah, seperti kebanyakan notebook lainnya, dibagian sisi samping pun lenovo memberikan tempat untuk pembuangan panas.

Tampilan belakang Lenovo E10-30
Tampilan belakang Lenovo E10-30

Kinerja

Seperti yang saya sebutkan di awal, notebook Lenovo E10-30 menggunakan prosesor Intel Celeron 2,13GHz dengan turbo boost hingga 2,4Ghz. Secara keseluruhan kinerja prosesor ini cukup baik, apalagi kalau kita bandingkan langsung dengan prosesor Intel Atom yang sebelumnya menguasai pasar netbook kelas murah. Standar RAM yang digunakan Notebook mini ini adalah 2GB, lebih dari cukup untuk menjalani aplikasi saat ini. Hard disk pun dirasa cukup lega dengan kapasitas 320GB. 

Masuk ke bagian display, warna yang dihasilkan oleh layar notebook Lenovo E10-30 cukup baik. Apalagi sudah mendukung resolusi 1366 x 768. Hal ini merupakan kelebihan tersendiri. Umumnya notebook lain dengan layar berukuran 10 Inch hanya bisa berjalan pada resolusi 1024 x 600, namun hal berbeda disajikan oleh lenovo. Mungkin hal ini dilakukan untuk dukungan terhadap sistem operasi Windows 8, yang mengharuskan penggunaan layar dengan resolusi HD 720P. 

Pada bagian keyboard, Notebook Lenovo E10-30 menggunakan tipe keyboard Accupad yang bisa memberikan kenyamanan ketika menggunakannya. Yup, itu benar adanya, biarpun cukup kecil, ketika saya menggunakan aplikasi word, saya tidak menemukan kendala yang berarti. Ruang yang diberikan di keyboard sangatlah baik. Sehingga tidak terjadi benturan antar jari ketika mengetik.

Bentuk keyboard Lenovo E10-30
Bentuk keyboard Lenovo E10-30
Untuk touchpadnya sendiri cukup kecil, namun sangat bisa di andalkan. Fungsi klik kiri dan kanan menyatu dengan touchpad.  Walaupun begitu, saya lebih menyukai menggunakan mouse dibandingkan touchpad. Entah dari dulu hingga sekarang saya tidak terlalu menyukai touchpad, mungkin karena saya terbiasa dengan pc desktop hehe.

Konektivitas 

Konektivitas Lenovo E10-30 ternyata cukup baik. Notebook ini memberikan beragam koneksi seperti Wifi dan bluetooth. Pada bagian samping kiri notebook terlihat ada empat port yaitu power port, port VGA/ port D-SUB, port USB 3.0 dan port Audio. Bisa dilihat port charger sedikit berbeda apabila dibandingkan notebook merk lain, bentuk persegi panjang dan bentuk ini pun digunakan pada notebook dengan ukuran layar yang lebih besar lagi.

Port yang disediakan bagian kiri Lenovo E10-30
Port yang disediakan bagian kiri Lenovo E10-30

Bentuk power port yang sedikit berbeda
Bentuk power port yang sedikit berbeda
Pada bagian samping kanan, lenovo hanya memberikan dua port saja yaitu port USB 2.0 dan port LAN. Cukup disayangkan port USB yang disediakan hanya dua saja pada notebook ini. Tidak seperti merk laen yang menyediakan 3 port USB. Namun lagi-lagi hal yang lumrah mengingat harga notebook ini tergolong paling murah di kelasnya dibandingkan merk lainnya. Pada bagian depan terdapat port Card Reader.

Port pada bagian kiri notebook Lenovo E10-30
Port pada bagian kiri notebook Lenovo E10-30

Kesimpulan

Secara keseluruhan notebook ini sangat layak di jadikan pilihan bagi mereka yang menginginkan notebook berkinerja baik dengan harga yang pas di kantong. Sudah memiliki port USB 3.0, resolusi layar yang tinggi dikelasnya, tingkat kenyamanan yang cukup baik pada bagian keyboard dan juga tampilan yang cukup elegan.

Namun kekurangan yang saya rasakan adalah notebook ini tidak menyediakan port HDMI. Padahal rata-rata monitor atau televisi saat ini menggunakan port HDMI, cukup disayangkan memang, walaupun kita juga masih bisa menggunakan port D-Sub dan menggunakan konverter HDMI namun hal ini sedikit merepotkan.

Satu lagi kekurangan yang sangat fatal yaitu RAM yang tidak bisa di upgrade. Ya, RAM pada notebook lenovo seri ini menyatu dengan motherboardnya dan hal ini membatasi keinginan kita untuk menaikan kinerja notebook mini ini. Cukup disayangkan, namun mungkin hal ini dilakukan untuk meminimalisir biaya yang di keluarkan.
(baca : cara mengganti hard disk lenovo E10-30)



Semoga review singkat Lenovo E10-30 ini sedikit memberikan gambaran bagi kalian yang sedang mencari notebook murah dari lenovo.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel