Apa Bedanya Netbook, Notebook, UMPC dan Laptop?

Kupaskomputer.com - Sebagian pengguna komputer mungkin sudah memahami perbedaan antara netbook, notebook, ultra mobile pc (UMPC) dan laptop, namun ada juga yang masih salah kaprah mengenai istilah-istilah tersebut. Bahkan saya sendiri pernah berdebat dengan seseorang mengenai perbedaan netbook dan notebook. Berawal dari debat inilah, saya berasa ingin mengupas lebih dalam mengenai perbedaan dari istilah-istilah tersebut. Baiklah saya akan mencoba membahasnya satu persatu agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.


Apa itu Netbook?


Netbook Acer D270
Netbook Acer D270

Netbook di perkenalkan pada kisaran tahun 2007 yang lalu. Pangsa pasar netbook adalah mereka yang menginginkan komputer yang mudah dibawa, ringan, dan bisa mengerjakan tugas-tugas seperti office dengan baik. Netbook lebih tepatnya ditujukan untuk pelajar ataupun mahasiswa. Netbook menggunakan ukuran layar dari 8 inch sampai dengan 12 inch. Untuk kemampuan sendiri, netbook menggunakan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, biasanya netbook menggunakan prosesor Intel Atom atau AMD APU.

Saya sendiri pernah membaca artikel mengenai salah satu produsen yang mengeluarkan netbook ukuran layar 8 inch yaitu Asus EEE PC. Saya lupa seri berapa dan spesifikasinya tergolong sangat rendah namun masih bisa diandalkan untuk menjalankan sistem operasi windows XP pada saat itu. Kalau tidak salah Asus EEE PC menggunakan prosesor Intel Mobile, RAM 512MB dan harddisk berkapasitas hanya 4GB.

Pada awal tahun 2008 netbook menjadi pilihan tersendiri, disamping kelebihan yang telah saya sebutkan diatas, kelebihan netbook adalah harganya yang tergolong murah dan kemampuan baterainya yang sangat baik. Perkembangan selanjutnya adalah kemampuan netbook untuk hal komputasi yang lebih ditingkatkan, disamping itu ukuran layar yang lebih besar dibanding sebelumnya. Rata-rata netbook saat ini memiliki layar 10 inch dengan resolusi maksimal 1024 x 600 piksel. Berikut spesifikasi umum yang di usung netbook yang banyak beredar di pasaran baik bekas maupun baru.

  • Intel Atom 
  • RAM 1GB atau 2GB
  • Harddisk 160 atau 320GB
  • Baterai 3 cell atau 6 cell
  • Layar 10" dengan resolusi 1024 x 600
  • Harga barunya dibawah 3 juta rupiah
  • Tidak ada CD/DVD ROM

Namun untuk saat ini, prosesor Intel Atom sudah tidak diproduksi lagi. Sebagai gantinya adalah prosesor Intel Celeron dengan kemampuan komputasi lebih tinggi dibandingkan dengan Intel Atom dan juga kemampuan VGA onboardnya yang cukup bisa di andalkan.  

Dari penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa netbook memiliki kelemahan-kelemahan, diantaranya : 
  • Kemampuan yang rendah atau seadanya
  • Tidak memiliki optikal drive
  • Layar yang terlalu kecil
  • Terbatasnya upgrade


Apa itu Notebook?


Notebook Acer Aspire E5 473 Intel Core i3
Notebook Acer Aspire E5 473 Intel Core i3

Sebagaimana yang kita ketahui, notebook memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan netbook. Hal ini juga berimbas pada dimensi yang lebih besar. Ya, komputer dengan kategori notebook rata-rata memiliki ukuran layar dari 14 inch sampai dengan 16 inch, beratnya berkisar antara 2 sampai dengan 4 kg. Perbedaan lainnya terletak pada fungsi yang lebih baik, seperti adanya optikal drive. 

Posisi notebook sendiri sebenarnya untuk menggantikan laptop. Hal ini dikarenakan ukurannya yang lebih ringkas namun kemampuannya yang sudah mendekati komputer desktop. Bahkan notebook kelas atas memiliki spesifikasi yang dikhususkan untuk gaming ataupun editing. Namun saat ini penamaan untuk laptop sepertinya sudah tidak digunakan lagi. Bahkan untuk kategori netbook pun sudah mulai dihilangkan. 

Sekarang komputer jinjing hanya dibagi menjadi dua saja yaitu Notebook dan Notebook mini. Perbedaan yang terlihat hanya ada dan tidak adanya optikal drive begitupun ukuran notebook mini yang sebagian masih menggunakan layar dengan ukuran 10-11 inch. Untuk spesifikasi yang di usung, notebook dengan notebook mini sedikit berbeda, biasanya notebook mini menggunakan prosesor Intel Celeron Dual Core, sedangkan notebook sudah menggunakan prosesor Intel Pentium Dual Core atau keluarga Core i3/i5/i7. 

Walaupun begitu, tidak semua notebook menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi dari notebook mini. Notebook kelas murah dari beberapa produsen pun menggunakan spesifikasi yang kurang lebih sama dengan notebook mini, hanya saja ukuran layar dan adanya optikal drive menjadikannya sedikit berbeda. Spesifikasi umum yang di usung notebook saat ini. 
  • Prosesor Intel Pentium Dual core atau Prosesor Intel Core i3/i5/i7
  • RAM 2GB - 8GB
  • Harddisk 320GB - 1TB
  • Baterai 6 cell
  • Layar ukuran 14 inch - 17" wide
  • Harga dari 4 juta sampai dengan puluhan juta
  • Adanya DVD-ROM 
  • Kemampuan upgrade yang lebih baik

Apa itu Ultra Mobile PC (UMPC)?

Istilah ultra mobile PC berlaku khusus untuk produknya Microsoft. UMPC adalah komputer tablet yang cuma memiliki layar saja tanpa adanya keyboard, sebagai penggantinya menggunakan Stylus ataupun bisa disentuh langsung, istilahnya Touchscreen (layar sentuh). UMPC menggunakan ukuran layar 4 inch sampai dengan 10 inch. 

Sebagian UMPC memiliki keyboard QWERTY yang dapat digunakan dengan cara menggeser layar dari bawah keatas. Kebanyakan UMPC menggunakan sistem operasi Windows. Untuk masalah harga, UMPC cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan netbook. Hal yang cukup wajar mengingat teknologi yang digunakan UMPC lebih baik misalnya touchscreen. 

Contoh UMPC yaitu Samsung Q1UP-XP. Pada saat peluncurannya, UMPC besutan samsung tersebut dijual dengan harga $1,299 atau kalau dirupiahkan berkisar 12 juta lebih, Wow! harga yang cukup fantastis bukan?

Apa itu Laptop?

Laptop Asus G750J
Laptop Asus G750J

Istilah laptop digunakan untuk komputer portabel yang bisa dibawa dan di letakkan di pangkuan kita (lap). Laptop umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan notebook dan ini berimbas pada berat dan ketebalan komputer laptop. Ukuran layar laptop dari 17 inch hingga 20 inch. Beratnya pun berkisar antara 5kg sampai dengan 10kg. Pada laptop juga selain memiliki optikal drive/ DVD-ROM, laptop pun menyediakan tempat floppy disk dan beberapa slot tambahan. 

Berdasarkan dari beberapa referensi yang saya baca, perbedaan lain laptop dengan notebook adalah terletak dari susunan keyboardnya. Laptop memiliki keyboard layaknya komputer desktop. Tombol numerik pun ada pada laptop, sedangkan untuk notebook sendiri tombol numerik dikombinasikan dengan tombol "fn" dan tombol numerik yang menyatu dengan tombol angka. 

Namun istilah laptop sendiri sepertinya mulai dihilangkan. Kebanyakan produsen komputer jinjing lebih memilih istilah notebook dan tidak memisahkan lagi perbedaan ukuran layar yang hanya terbatas pada layar 17 inch saja. Jadi saat ini bisa dikatakan komputer yang bisa dibawa-bawa disebut dengan notebook. 

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan diatas bisa disimpulkan secara sederhana seperti ini perbedaan antara netbook, notebook, ultra mobile pc dan laptop
  • Netbook memiliki ukuran layar kecil, ringan, dan harga yang murah
  • Notebook memiliki ukuran layar besar dibanding netbook, lumayan berat dan harga yang lebih mahal
  • Ultra Mobile PC memiliki ukuran layar kecil, lebih ringan dibanding netbook dan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan netbook bahkan sebagian ultra book memiliki harga di atas notebook
  • Laptop memiliki ukuran layar yang sangat besar, sangat berat dan harga yang mahal
Sedangkan untuk penamaan netbook dan laptop sudah tidak digunakan lagi. Adanya Notebook dan Notebook mini, bahkan saat ini pun muncul lagi yang namanya Ultra Book.
Oh ya bagi sobat kupaskomputer yang ingin mencari notebook bekas ada baiknya untuk lebih teliti, jangan sampai nanti malah merugi.
(baca : Tips membeli notebook bekas)
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel