Mudahnya mengganti RAM Netbook HP Mini 1000

Mudahnya mengganti RAM Netbook HP Mini 1000
Kupaskomputer.com - Mungkin sudah berapa kali saya memberikan tutorial serupa. Ada yang mudah namun sebagian ada yang sedikit usaha untuk melakukannya. Kali ini saya kedatangan produknya HP (Hewlett Packard).

Disini saya akan memberikan langkah-langkah dalam mengganti RAM netbook HP Mini 1000. Yup, produk HP ini adalah kategori netbook, jadi kita tidak bisa menambah RAM, kita hanya bisa menggantinya dengan yang lebih besar. Maksimal hanya 2GB.

Disini saya tidak menggunakan alat apapun. Karena untuk membuka penutup bodi belakang HP Mini 1000, cukup menggunakan tangan. Walaupun begitu apabila tidak mengetahui triknya pun kita akan kesulitan. Ikuti langkah-langkahnya saya jamin Andapun berani melakukannya tanpa pendamping ahli sekalipun.



Langkah-langkah mengganti RAM HP Mini 1000

1. Hal yang harus di persiapkan adalah RAM baru. HP Mini sendiri menggunakan RAM berjenis DDR2 dan kapasitas yang terpasang hanya 1GB. Cukup berat untuk menjalankan aplikasi saat ini. Sebelum melakukan pergantian, wajib untuk membuka baterai netbook tersebut. Untuk membuka baterai cukup menggeser pengunci pertama dan menggeser pengunci kedua sambil mendorong baterai keluar.


 Membuka baterai netbook HP Mini
Membuka baterai netbook HP Mini
2. Dibalik baterai netbook terdapat dua pengunci tutup bodi belakang netbook. Cara membukanya dengan menekan pengunci yang pertama sambil menari tutup bodi belakang. Kemudian lakukan hal yang sama untuk pengunci kedua, dan jangan lupa sambil menarik penutup bodi hingga terbuka. Lakukan secara hati-hati karena kalau tidak kita akan merusaknya.


Melepas kedua pengunci tutup bodi HP Mini
Melepas kedua pengunci tutup bodi HP Mini
3. Setelah kita melakukan langkah kedua, biasanya tutup bodi samping sebelah kiri pun terbuka. Cukup dengan menarik keluar, penutup bodi belakang netbook ini langsung terlepas. Dan kita pun siap mengganti RAM dengan yang baru.


membuka penutup bodi belakang HP Mini 1000
membuka penutup bodi belakang HP Mini 1000
4. Bisa dilihat pada gambar, perangkat yang ada di dalam netbook HP Mini 1000. Disini kita bisa mengganti RAM, mengganti harddisk dan juga kita bisa membersihkan debu yang menempel pada kipas prosesor.


Kondisi netbook HP Mini setelah dibuka
Kondisi netbook HP Mini setelah dibuka
5. Untuk mengganti RAM cukup membuka kedua pengunci RAM dengan menekannya secara bersamaan. Dan cara memasangnya pun sangat mudah, dengan memposisikan ram seperti awal kita melepasnya kemudian menekannya sampai terdengan bunyi klik.


Mengganti RAM HP Mini 1000
Mengganti RAM HP Mini 1000
6. Apabila kita ingin mengganti harddisk, kita cukup mengeluarkan harddisk tersebut tanpa bantuan alat sekalipun. Caranya dengan menarik harddisk keatas, kemudian posisikan harddisk di posisi miring, dan terakhir cukup melepaskan harddisk dari konektornya. Sampai disini kita telah bisa mengganti harddisk dan juga mengganti RAM tanpa sedikitpun menggunakan alat.


Mengganti harddisk HP Mini 1000
Mengganti harddisk HP Mini 1000
Cukup mudah bukan untuk mengganti RAM Netbook HP Mini 1000? yup, semua itu apabila kita lakukan dengan hati-hati dan penuh keyakinan, InsyaAllah bisa tanpa ada kesalahan. Memang ini salah satu kelebihan tersendiri pada netbook HP Mini. Tidak seperti mengganti RAM atau Haddisk pada Acer Aspire One yang pernah share dahulu, terlalu banyak yang harus dilepas.

Semoga artikel sederhana ini bisa membantu kalian yang ingin mengenal lebih jauh perangkat netbook. Ingat tutorial ini hanya untuk mereka yang ingin belajar.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging