Mengganti RAM dan Harddisk Acer Aspire 4732z

Mengganti RAM dan Harddisk Acer Aspire 4732z
Kupaskomputer.com - Artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana mudahnya mengganti RAM begitupun harddisk notebook Acer Aspire 4720. Lantas apa bedanya antara notebook Acer Aspire 4720 dengan Acer Aspire 4732z? perbedaan bisa dilihat dari bentuknya. Acer Aspire 4732Z merupakan versi pengganti Acer Aspire 4720.
baca : mengganti harddisk Acer 4720)

Seri ini dirilis kisaran tahun 2007 yang lalu. Saya lupa tepatnya. Namun pada saat itu, Acer Aspire 4732Z termasuk salah satu yang paling banyak dibeli. Dan hebatnya, sampai saat ini saya jarang menemui notebook seri ini bermasalah pada hardwarenya. Terkadang cuma masalah windows saja. Atau seperti yang teman saya lakukan, upgrade memori dan juga harddisknya.

Cukup wajar, mengingat spesifikasi yang di usung termasuk ketinggalan. Walaupun pada dasarnya menggunakan sistem operasi Windows XP masih bisa berjalan sangat baik, namun mempertimbangkan aplikasi saat ini yang lebih support ke sistem Windows 7, memaksa pengguna notebook Acer Aspire 4732Z melakukan upgrade.

Berikut sekilas spesifikasi lengkapnya.

  • Prosesor Intel Pentium Dual Core T4300 2.1Ghz 
  • RAM 1 GB DDR2
  • Harddisk 160GB SATA

Melihat spesifikasinya memang lebih baik apabila dibandingkan seri sebelumnya. Namun penambahan RAM dan juga upgrade Harddisk adalah opsi yang harus dilakukan.

Cara mengganti RAM dan Harddisk Acer 4732Z

1. Alat yang perlu kita siapkan hanyalah obeng plus ukuran kecil. Karena kita hanya membuka penutup bodinya saja. Lepas terlebih dahulu baterai notebook Acer ini sebelum melakukan upgrade dan hilangkan terlebih dahulu listrik statis yang masih ada di tubuh kita. Silahkan baca artikel saya sebelumnya. Membuka baterainya tidak terlalu sulit, cukup buka pengunci pertama, kemudian dorong pengunci kedua sambil mendorong baterai tersebut keluar dari tempatnya. 

pengunci

2. Langkah berikutnya adalah membuka baut pengunci bodi belakang Acer Aspire 4732Z ini. Ada empat baut yang harus dilepas terlebih dahulu. Jangan lupa dikumpulkan bautnya.

bagian lubang baut

3. Setelah membuka baut tersebut, tinggal kita buka penutupnya. Caranya dengan menarik penutup tersebut lepas melalui sela-sela yang memang disediakan. Hati-hati yang terlalu kuat, buka secara perlahan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

penutup hdd


4. Setelah terbuka terlihat jelas dua komponen yang bisa kita tambah atau ganti. Untuk mengganti harddisk, tidak ada yang perlu kita buka, cukup dorong ke arah luar agar harddisk terlepas dari konektor yang ada. Dan dengan bantuan plastik warna hitam, kita tarik ke atas dan harddiskpun siap untuk diganti dengan yang baru.


pengunci hdd


5. Sebenarnya kita tidak perlu mengganti RAM, cukup menambah RAM menjadi 2GB dan total adalah 3GB. Kapasitas RAM sebesar itu masih sangat bisa menjalankan aplikasi saat ini dengan baik. Namun apabila menginginkan lebih saran saya tambahkan RAM menjadi 4GB. Ingat, jenis RAM notebook Acer Aspire 4732Z ini adalah DDR2. Jangan sampai nanti salah membeli. Untuk melepas RAM, cukup dorong pengunci RAM secara bersamaan kearah kanan dan kiri. Lihat contoh gambar. 

ram

Dengan cara yang cukup sederhana ini, kita bisa mengganti RAM dan Harddisk Acer Aspire 4732Z tanpa bantuan teknisi sekalipun. Cukup mudah memang, namun tidak ada salahnya bukan saya ingin berbagi pengetahuan?

Semoga tutorial singkat ini memberikan manfaat yang cukup berarti bagi kalian yang membutuhkannya. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel