Corsair RM 650W : PSU Full Modular dari corsair

Kupaskomputer.com - Merk corsair merupakan salah satu merk yang paling digemari pengguna komputer. Ini bukan pujian tetapi kenyataan memang demikian. Selain memproduksi power supply, corsair cukup banyak mengeluarkan perangkat komputer lain seperti RAM, SSD, Gaming Case, Keyboard & Mouse dan juga pendingin prosesor.
(baca : Corsair CSM 550W)

Kali ini saya kedatangan Corsair RM 650W yang merupakan kelas premium dari corsair. Corsair RM 650W sendiri sudah menggunakan kabel full modular. Artinya seluruh kabel yang ada di power supply ini bisa kita lepas dan kita pasang sesuai dengan kebutuhan. Ini merupakan salah satu kelebihan dari power supply full modular. Selain itu Corsair RM 650W sudah memiliki sertifikasi 80 plus Gold. Untuk diketahui, power supply Corsair seri RM menggunakan OEM dari CWT (Channel Well Technology).

Corsair RM 650W menggunakan fan berukuran lebih besar dari standarnya yaitu 13,5 CM yang menghasilkan suara yang sangat kecil saat beroperasi dan juga tidak berisik walaupun dalam keadaan fan berputar secara maksimal. Ada salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh psu corsair seri dibawahnya yaitu Corsair Link Software. Fitur ini memungkinkan kita untuk memantau psu corsair itu sendiri. Namun kita hanya bisa memantau perputaran kipas dan tegangan pada jalur 12V saja. Caranya dengan mengkoneksikan kabel tambahan yang sudah disediakan dan dipasangkan pada USB header di mainboard. Saya sendiri belum sempat untuk mencoba fitur ini.


Paket Penjualan

Yang saya rasakan ketika mendapatkan unit power supply Corsair RM 650W ini adalah besar. Ya, ukuran boxnya cukup besar, namun cukup wajar mengingat power supply ini telah menggunakan kabel full modular (kabel terpisah) dan ini jelas memakan tempat didalam box. Kalau diperhatikan, tampilan warna pada box Corsair RM 650W ini sedikit berbeda apabila dibandingkan adiknya Corsair CSM550.


Power supply Corsair RM 650
Power supply Corsair RM 650
Didalamnya terdapat unit power supply itu sendiri, beberapa kabel modular yang cukup melimpah, kabel power, aksesoris tambahan (kabel ties, 4 baut, dan stiker corsair) dan juga buku panduan. Sesaat membukanya tidak ada sesuatu yang terbilang istimewa, apalagi untuk power supply corsair kelas menengah ke atas. Cukup sederhana yang disajikan. Hanya saja ketika pertama kali melihat bentuk power supply ini tidak seperti power supply yang lain. Pada bagian sisi power supply tidaklah petak, tetapi sedikit membulat.


Paket penjualan Corsair RM 650W
Paket penjualan Corsair RM 650W
Pada power supply Corsair RM 650W menyediakan cukup banyak tempat kabel yang bisa terpasang. Sangat melimpah, bahkan saya sendiri tidak memasang seluruhnya karena yang saya pasang pada psu tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan perangkat yang ada didalam komputer yang saya rakit. Di unit psu sendiri cukup jelas keterangan yang diberikan. Sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan corsari CSM 550W. Cukup wajar perbedaan daya yang lebih besar membuat power supply ini membutuhkan kabel yang lebih banyak.

Unit PSU Corsair RM 650
Unit PSU Corsair RM 650
Tempat kabel modular Corsair RM 650
Tempat kabel modular Corsair RM 650


Kabel modular yang melimpah
Kabel modular yang melimpah


Spesifikasi dan fitur Corsair RM 650

Berikut saya berikan spesifikasi dan fitur dari power supply corsair RM 650. Data saya ambil langsung dari halaman resmi Corsair.
  • Memiliki sertifikasi 80 plus Gold
  • Kompatibel dengan prosesor generasi ke 4 dari Intel
  • Fully modular cable
  • Semua kabel menggunakan jenis kabel pipih
  • Memiliki fitur Over voltage, OCP (Over current protection), UVP (under voltage protection), SCP (Short circuit protection), OPP (Over power protection), dan OTP (over temperature protection). 
  • Garansi sampai 5 tahun
  • Active Power Factor Protection (APFC) dengan nilai 0,99
  • Universal AC Input 100 - 240

(baca : mengenal istilah-istilah pada psu)


Spesifikasi Corsair RM 650
Spesifikasi Corsair RM 650


Instalasi Power Supply Corsair RM 650

Instalasi kabel modular pada power supply ini ternyata tidaklah terlalu sulit. Seperti yang sudah jelaskan diawal, keterangan yang terdapat pada bagian modular sangatlah jelas. Disediakan empat slot untuk kabel periferal seperti kabel SATA dan kabel molex, kemudian dua slot khusus untuk kabel power mainboard (24 Pin ATX). Pada bagian bawah slot power mainboard, ada tempat untuk memasang kabel power VGA (dua slot) dan kabel power prosesor.

Saya sendiri tidak sempat membuka buku manualnya, karena setelah melihat susunannya, rasanya buku manual tersebut tidaklah terlalu penting hehe. Saya tidak memasang seluruh kabel, karena kabel yang telah saya pasang sudah mencukupi untuk kebutuhan daya komputer gaming yang saya rakit.



Pemasang kabel modular Corsair RM 650
Pemasang kabel modular Corsair RM 650
Hasil pemasangan kabel psu
Hasil pemasangan kabel psu
Ada sedikit kendala ketika saya ingin memasang PSU corsair ini ke dalam casing. Bentuknya yang tidak seperti biasanya membuat saya sedikit kesulitan memasangnya. Saya harus memastikan bahwa posisi baut pengunci power supply sudah benar, dan sedikit menahannya terlebih dahulu sembari mengunci power supply tersebut dengan dua baut. Kalau tidak, saya yakin, pembeli lain pun akan mendapati sedikit kesulitan yang sama.

Untuk pengaturan kabel di dalam casing pun tidak terlalu sulit. Tapi ingat, jangan sampai kabel tertekuk, mengingat kabel dari power supply ini cukup tebal. Jadi hindari untuk tidak memaksa kabel tertekuk agar tidak terputus jalur kabel didalamnya.



Pemasang psu pada casing
Pemasang psu pada casing


Kesimpulan

Power supply Corsair RM series merupakan produk yang ditargetkan untuk pembeli kelas menengah ke atas. Daya yang paling rendah pada RM series hanyalah 650W, selain itu juga corsair RM juga memiliki PSU dengan daya yang lebih besar yaitu 750W dan 850W. Untuk efisiensi, corsair RM telah memiliki sertifikasi 80 Plus gold, menggunakan kabel fully modular dan memiliki fitur Corsair link adalah salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh corsair CSM series. Urusan garansi, seri RM lebih baik di bandingkan dengan CSM, RM 650W memiliki garansi sampai 5 tahun, CSM hanya 3 tahun.

Untuk urusan kinerja, berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, memiliki kinerja yang baik dan mendapatkan rating yang cukup baik. Untuk harganya sendiri power supply ini bersaing langsung dengan brand lain semacam seasonic X series walaupun sebenarnya harganya lebih tinggi dibanding seasonix X series dengan daya yang kurang lebih sama.

Semoga review singkat Corsair RM 650W bisa sedikit memberikan gambaran bagi kalian yang ingin membeli power supply baru.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging