Windows XP | Sistem Operasi Yang Mulai Ditinggalkan

Windows XP | Sistem Operasi Yang Mulai Ditinggalkan
Kupaskomputer.com - Siapa yang tidak mengenal sistem operasi Windows XP? rata-rata pengguna komputer masih banyak yang menggunakannya.

Betapa tidak, kompatibilitas aplikasi maupun driver membuat sistem operasi windows XP bertahan sampai dengan saat ini. Padahal kita semua tahu, Windows XP merupakan sistem operasi buatan microsoft yang rilis tahun 2001 yang lalu. Cukup lama bukan?

Mungkin ketika membaca judul artikel ini sebagian bertanya-tanya, kok bisa saya mengatakan demikian? tenang nanti akan saya berikan penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Disini saya akan menunjukkan beberapa alasan kenapa Windows XP mulai ditinggalkan. Saya sendiri sebenarnya cukup kagum dengan sistem operasi Windows XP. Bayangkan dari tahun 2001 sampai dengan saat ini masih bertahan, hebat bukan?

Sejarah singkat Windows XP dan penerusnya

Windows XP walaupun telah memiliki penggantinya pada waktu itu yaitu Windows Vista (tahun 2006), namun sebagian pengguna komputer masih enggan untuk beralih ke Windows Vista. Alasannya karena Windows Vista terlalu menuntut spesifikasi lumayan tinggi hanya untuk menjalankannya.  Kemudian di tahun 2009, microsoft meluncurkan kembali versi windows yang lebih baik dibandingkan windows Vista. Ya, pada tahun tersebut microsoft mengeluarkan Windows 7.
(baca : Sistem operasi windows dari generasi ke generasi)

Bisa dikatakan sistem operasi windows 7 memiliki kinerja yang lebih baik dan walaupun permintaan spesifikasi komputer kurang lebih sama dengan windows vista, namun banyak orang mulai melirik windows 7. Saya sendiri pada waktu itu merasakan perbedaan yang cukup kentara antara windows vista dan windows 7. Sistem operasi ini memiliki kinerja yang hampir sama dengan windows XP dan memiliki tampilan yang lebih baik dibandingkan windows vista. Bahkan saya menganggapnya sebagai perpaduan XP dan Vista kala itu.

Alasan seseorang masih menggunakan Windows XP

Seperti penjelasan di awal tadi, banyak orang masih enggan beralih ke sistem operasi terbaru karena beberapa alasan-alasan berikut :
  • Sistem operasi Windows XP tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi dan sistem operasi Windows XP cukup ringan dijalankan di komputer dengan spesifikasi rendah
  • Tampilan sistem operasi ini cukup sederhana namun tidak terlalu ketinggalan 
  • Masih banyak aplikasi maupun driver yang berjalan dengan baik di windows XP
  • Mudahnya konfigurasi jaringan LAN pada windows XP, terlihat masih banyaknya WARNET (warung internet) yang mengandalkan sistem operasi ini untuk dipasang di Komputer Client. 
Perbandingan spesifikasi minimal komputer untuk menjalankan sistem operasi Windows XP dan Windows 7.

Spesifikasi yang dibutuhkan Windows XP
  • Prosesor minimal Pentium III 300MHz
  • RAM minimal 128 MB
  • Hardisk minimal 5GB
  • VGA Card 16MB

Bandingkan dengan Sistem operasi Windows Vista/7
  • Prosesor minimal 1GHz
  • RAM minimal 1GB (32-bit) dan 2GB (64-bit)
  • Hardisk space 16 GB (32-bit) dan 20GB (64-bit)
  • VGA support directX 9

Cukup jauh bukan perbedaan spesifikasi komputer yang diminta oleh kedua sistem? ya betul, tapi pertanyaannya masih banyak kah orang yang menggunakan spesifikasi komputer tersebut? saya yakin hanya segelintir pengguna saja. Apalagi saat ini harga komputer sudah termasuk murah. Dan spesifikasi yang di dapat pun jauh dari permintaan minimal spesifikasi dari kedua sistem diatas. Tidak percaya? silahkan cek spesifikasi komputer kalian. 

Beberapa hal yang membuat Sistem Operasi Windows XP mulai ditinggalkan

Dari pembahasan diatas, cukup jelas memang kelebihan sistem operasi Windows XP. Namun tahukah kalian beberapa hal berikut membuat pengguna komputer sudah mulai meninggalkan sistem operasi Windows XP? dan beralih ke sistem operasi Windows 7 atau diatasnya. 

DirectX dan Aplikasi Game

Untuk diketahui DirectX atau juga sering disebut Direct3D merupakan kumpulan API (antarmuka pemrograman aplikasi) yang menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer. DirectX merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectPlay, DirectSound, dan DirectMusic. (sumber)

Windows XP masih menggunakan DirectX versi 9.0c, windows vista DirectX versi 10, windows 7 dan 8 menggunakan DirectX versi 11, bahkan kabarnya windows 10 yang akan segera rilis versi finalnya telah menggunakan DirectX 12. Lalu apa sih perbedaan dan hubungan DirectX tadi dengan game? sepanjang pengetahuan saya, perbedaannya terlihat dari tampilan game yang terlihat lebih realistis apabila kita menggunakan DirectX versi 11. Silahkan googling untuk melihat detail perbedaannya dibeberapa game.

Untuk mengetahui versi DirectX dari sistem kita caranya cukup mudah, jalankan "RUN" kemudian ketikan "dxdiag", klik yes maka akan muncul versi DirectX yang kita gunakan. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

DirectX vers 11 Windows 7
DirectX vers 11 Windows 7
Beberapa aplikasi game terkini mewajibkan kita menggunakan minimal DirectX 10, bahkan ada yang aplikasi game yang mengharuskan penggunaan DirectX 11 baik dari sisi sistem operasi maupun dari perangkat komputer itu sendiri, khususnya VGA (kartu grafis). Dan ini tidak dimiliki oleh Windows XP. Beberapa game yang sudah tidak bisa dijalankan lagi di sistem operasi Windows XP. 
  • Pro Evolution Soccer 2015
  • Crysis 3
  • FarCry 4
  • GTA V
  • Call of Duty Advanced Warfare
Diatas hanya sebagian contoh game saja, cukup banyak game yang sudah tidak mendukung sistem operasi Windows XP. Bahkan minimal meminta sistem operasi Windows 7 64 bit. 

Note : Untuk melihat versi DirectX yang didukung oleh kartu grafis atau VGA komputer kita, caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan aplikasi GPU-z. Buka aplikasi tersebut dan lihat dibagian DirectX Support, disini saya mengambil contoh VGA Zotac GTX 660 Ti. Bagi yang belum memiliki aplikasi ini, silahkan di download terlebih dahulu.

DirectX 11 dari VGA Zotac GTX 660 Ti
DirectX 11 dari VGA Zotac GTX 660 Ti

Dukungan aplikasi dan driver

Sistem operasi Windows XP memiliki kendala lain selain aplikasi game yaitu aplikasi komputer dan driver yang mulai terbatas. Beberapa aplikasi komputer sudah tidak bisa dipasang di windows XP seperti Microsoft Office 2013. Untuk driver sendiri, ini mulai terlihat di beberapa laptop keluaran terbaru yang sudah membenamkan sistem operasi Windows 8 64 bit. 

Bahkan berdasarkan pengalaman saya, rata-rata laptop sangat sulit untuk di instal Windows 7, bahkan tidak bisa sama sekali menggunakan Windows XP. Disini terlihat jelas bahwa sistem operasi ini mulai ditinggalkan dan pengguna komputer pun secara tidak langsung dipaksakan untuk menggunakan sistem operasi yang terbaru. 

Driver untuk Windows XP sekarang pun sangat sulit untuk didapat, terkecuali untuk komputer atau laptop keluar lama kita masih dengan mudah menemukannya. Sekarang coba sobat mencari driver komputer keluaran terbaru untuk sistem operasi Windows XP?

Tidak adanya update yang disediakan oleh Microsoft

Kabar ini sebenarnya sudah cukup lama. Microsoft bahkan mengancam tidak akan memberikan dukungan lagi untuk sistem operasi Windows XP baik itu driver, bug, patch dan lain-lain. Namun kenyataannya sampai akhir 2013 microsoft masih memberikan dukungan untuk sistem operasi windows XP. 

Tetapi untuk saat ini, dukungan tersebut benar-benar dihentikan. Tidak akan lagi ada update terbaru untuk sistem operasi Windows XP. Tepatnya tanggal 8 April 2014, microsoft telah mengumumkan penghentian dukungan untuk Windows XP. Imbasnya apa? sistem kita tidak terproteksi sama sekali. Patch atau update sendiri berfungsi untuk menutupi lubang keamanan yang ada di sistem operasi kita.

Penghentian update windows XP oleh Microsoft
Penghentian update windows XP oleh Microsoft

Dukungan terhadap perangkat komputer

Hal ini berkaitan erat dengan dukungan driver komputer dan perangkat komputer. Beberapa perangkat komputer sudah tidak menyediakan driver untuk windows XP seperti mainboard dan juga VGA (kartu grafis). Kemudian sistem operasi Windows XP pun tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 3GB, walaupun ada versi sistem operasi Windows XP 64-bit, namun banyak masalah di versi ini (dari beberapa sumber yang saya baca). 

Dari beberapa ulasan diatas, terlihat bukan kenapa banyak pengguna komputer mulai beralih ke sistem operasi windows versi diatasnya? Disini pengaruh dari beberapa developer aplikasi dan game cukup terasa. Dan akhirnya Windows XP mulai ditinggalkan oleh pengguna komputer. Satu hal yang pantas untuk di ucapkan, "Sistem operasi Windows XP merupakan sistem operasi terbaik yang pernah di ciptakan oleh Microsoft".
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel