Mengganti Keyboard Acer Aspire E1-410

Mengganti keyboard Acer Aspire E1-410
Kupaskomputer.com - Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial untuk mengganti keyboard Acer Aspire E1-410, tidak jauh berbeda dengan cara mengganti keyboard Acer Aspire One 725, perbedaan hanyalah terletak di ukurannya saja.

Laptop Acer Aspire E1-410 merupakan laptop tipe acer yang tergolong baru, Untuk mengganti keyboardnya pun tidak semudah seperti laptop Acer yang lainnya. Sedikit rumit, namun dengan sedikit usaha saja kita bisa menggantinya sendiri.

Harap diketahui, Laptop Acer E1-410 memiliki dua versi. Versi yang pertama keyboardnya cukup mudah untuk dilepas dan bentuk keyboardnya seperti kebanyakan laptop Acer, namun untuk versi kedua keyboardnya mirip dengan Acer 725 atau versi Acer V3 dan V5. Jadi agar nanti sobat kupaskomputer tidak salah membeli keyboard barunya, apalagi lagi kita harus memesan terlebih dahulu keyboard Acer tersebut, ketika ternyata barangnya salah, akhirnya kita juga yang rugi bukan?

Peralatan yang kita butuhkan untuk melepas keyboard pun seperti biasanya yaitu obeng plus ukuran kecil ditambah satu alat sakti yaitu kartu ATM atau sejenisnya. Kartu ini bisa membantu kita melepas pengunci tutup atas laptop tanpa merusak pinggiran bodinya.

Berikut cara mengganti Keyboard Acer Aspire E1-410

1. Hilangkan terlebih dahulu listrik statis yang ada ditubuh kita karena kita akan membuka bodi atas laptop acer ini. Lepaskan terlebih dahulu baterai laptop sebelum kita melanjutkan ke langkah berikutnya, caranya pun tidak terlalu sulit, saya yakin orang awam pun bisa melepaskan baterai laptop ini.
(baca : mengenal listrik statis)


Melepas baterai Acer Aspire E1-410
Melepas baterai Acer Aspire E1-410
2. Langkah selanjutnya adalah melepas seluruh baut pengunci bodi belakang laptop. Lebih kurang ada 17 baut yang harus kita lepas. Jangan lupa untuk mengumpulkan baut tersebut agar tidak hilang tercecer.


Baut pengunci bodi belakang Acer Aspire E1-410
Baut pengunci bodi belakang Acer Aspire E1-410
3. Sebelum membuka bodi atas, terlebih dahulu melepaskan optik drive nya (DVD-ROM). Caranya pun tidak terlalu sulit, dengan menarik penutup optik drive tersebut ke arah luar secara perlahan. Posisikan kembali laptop terlebih dahulu seperti biasanya, sekarang kita akan membuka bodi atau penutup atas laptop. Dengan sedikit bantuan kartu ATM tadi, kita masukkan kesela-sela pengunci tutup atas, sambil mengangkatnya secara perlahan. Jangan dipaksakan ya sob, sedikit bersabar adalah kunci utama untuk membongkar laptop.


Kartu ATM untuk membantu melepas bodi atas Acer E1-410
Kartu ATM untuk membantu melepas bodi atas Acer E1-410
Tepi bodi atas Acer Aspire E1-410 yang harus dibuka
Tepi bodi atas Acer Aspire E1-410 yang harus dibuka
4. Setelah bodi atas terbuka, jangan langsung menariknya keluar karena kita harus terlebih dahulu melepaskan dua konektor yang masih terpasang di area mainboard laptop. Seperti biasanya, cukup dorong pengunci konektor keyboard ke arah luar, kemudian untuk melepas pengunci konektor touchpadnya cukup dorong keatas.


Posisi bodi Laptop Acer E1-410 dalam kondisi terbuka
Posisi bodi Laptop Acer E1-410 dalam kondisi terbuka
Konektor keyboard dan touchpad Acer Aspire E1-410 yang harus dilepas
Konektor keyboard dan touchpad Acer Aspire E1-410 yang harus dilepas
5. Sampai disini kita telah membuka bodi atas laptop. Namun keyboardnya pun harus dilepas dari pengunci satunya lagi. Caranya cukup membalikkan posisi bodi atas acer ini, kemudian dengan menahan konektor ke arah atas, lepaskan pengunci kedua keyboard laptop ini.


Melepas pengunci kedua keyboard Acer Aspire E1-410
Melepas pengunci kedua keyboard Acer Aspire E1-410
Bentuk keyboard Acer Aspire E1-410
Bentuk keyboard Acer Aspire E1-410
6. Keyboard laptop pun sudah siap diganti dengan yang baru. Untuk memasang kembali keyboardnya ternyata tidaklah terlalu mudah. Harus menggunakan sedikit trik keyboard tersebut bisa dipasang dengan baik. Saya berikan gambaran sedikit cara memasang keyboardnya. Posisikan terlebih dahulu keyboard dan pengunci secara terbalik, kemudian pasang terlebih dahulu konektor keyboard dan touchpadnya.


Memasang kembali konektor keyboard Acer Aspire E1-410
Memasang kembali konektor keyboard Acer Aspire E1-410
7. Kalau sudah posisikan kembali keyboard seperti semula, sesuaikan pengunci keyboard tersebut pada tempatnya. Setelah itu barulah kita bisa memasang tutup bodi atas laptop dan menguncinya dengan cara menekannya.


Posisi keyboard Acer Aspire E1-410
Posisi keyboard Acer Aspire E1-410
Sedikit rumit bukan hanya untuk mengganti keyboard Acer Aspire E1-410 ini? namun dengan usaha dan dengan cara yang berhati-hati, saya yakin sobat kupaskomputer bisa mengganti keyboardnya tanpa mengalami kendala.

Hal yang sama pun akan kita alami, dan mengharuskan kita membuka tutup bodi atas hanya untuk mengganti hardisk ataupu menambah ram. Entah kenapa, laptop Acer tipe-tipe terbaru malah menyulitkan orang untuk melakukan upgrade perangkat didalamnya. Kalau menurut saya malah membatasi seseorang untuk meningkatkan kinerja perangkat tersebut, namun dilain sisi bisa menambah wawasan kita sebagai pencinta komputer.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel