Mengganti Hard Disk Lenovo E10-30

Mengganti Hard Disk Lenovo E10-30
Kupaskomputer.com - Lenovo E10-30 merupakan kategori netbook yang lebih dikhususkan bagi mereka yang menginginkan komputer jinjing ukuran kecil namun memiliki kinerja yang lumayan baik untuk menangani aplikasi saat ini. Kali ini saya berkesempatan untuk mengganti hard disk lenovo ini.

Salah satu kelemahan yang saya rasakan ketika melihat komponen netbook lenovo E10-30 adalah kita tidak bisa melakukan upgrade pada RAM atau memori. Sempet kaget awalnya dan bingung, namun ketika saya melihat susunan komponennya, ternyata RAM nya sudah menyatu pada bagian mainboard. Suatu kekurangan yang cukup terasa, bayangkan kita dibatasi untuk upgrade RAM, padahal RAM sendiri bisa meningkatkan kemampuan kinerja komputer.

Kembali lagi ke tujuan awal. Untuk mengganti hard disk pada lenovo E10-30, kita harus melakukan bongkar pasang tutup bodi bagian belakang. Alat yang kita butuhkan adalah obeng plus ukuran kecil dan kartu ATM sebagai alat bantu untuk melepas pengunci tutup bodi belakang.

Berikut cara mengganti Hard Disk Lenovo E10-30

1. Sebelum melakukan bongkar pasang, ada baiknya kita terlebih dahulu melepaskan baterai netbook lenovo ini. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan membuka kunci pertama terlebih dahulu kemudian melepas pengunci kedua, setelah itu cukup mendorong baterai ke arah luar.


Membuka pengunci baterai
Membuka pengunci baterai
2. Sekarang kita akan membuka seluruh baut yang ada di belakang bodi lenovo E10-30 ini. Kurang lebih ada sembilan baut yang akan kita lepas. Tiga baut merupakan baut pengunci keyboard, sedikit lebih kecil, silahkan dipisahkan agar tidak tercampur dengan baut yang lainnya.


Baut yang harus dilepas
Baut yang harus dilepas
3. Langkah selanjutnya adalah membuka keyboardnya terlebih dahulu, karena di balik keyboard lenovo ini ada beberapa baut lagi yang mesti kita lepas. Caranya pun cukup mudah, ketika kita telah melepaskan ketiga baut keyboardnya, secara otomatis keyboard lenovo ini terangkat, dan kita hanya harus melepaskan konektor keyboardnya. Cukup dorong pengunci ke arah atas kanan dan kiri, dan konektor pun terlepas.


Konektor keyboard yang harus dilepas
Konektor keyboard yang harus dilepas
4. Seperti penjelasan pada poin 3, disini kita akan melepas terlebih dahulu baut pengunci yang berada dibalik keyboard. Kurang lebih ada 7 baut yang harus dilepas, dan salah satu baut tersebut tersembunyi dibalik segel lenovo, jadi jangan sampai baut ini juga lupa untuk dilepas.


Baut yang harus dilepas dibalik keyboard
Baut yang harus dilepas dibalik keyboard
5. Sekarang kita akan membuka penutup bodi belakang Lenovo E10-30. Balikan terlebih dahulu posisi netbook lenovo ini, sekarang angkat tutup bodi belakangnya secara perlahan melalui sela-sela di pinggir netbook. Apabila sedikit kesulitan, masukkan kartu ATM melalui sela-sela tersebut dan ditarik secara perlahan untuk melepas pengunci. Mohon maaf saya tidak sempat memfoto bagian ini, dikarenakan saya kerja sendiri.

6. Setelah terbuka maka disini kita lihat seluruh komponen yang ada di Lenovo E10-30 terlihat dengan jelas. Untuk mengganti hard disknya, kita hanya melepaskan dua baut pengunci hard disk yang berada di sisi kiri dan kanan hard disk, sedikit tersembunyi di balik kabel. Setelah dibuka baut tersebut, angkat sedikit hard disknya sambil di dorong ke arah luar. Dan hard disk lenovo E10-30 ini pun siap diganti dengan yang baru.


Komponen netbook Lenovo E10-30
Komponen netbook Lenovo E10-30
Baut pengunci hard disk lenovo yang harus di lepas
Baut pengunci hard disk lenovo yang harus di lepas
Sedikit merepotkan apabila kita ingin upgrade hard disk lenovo E10-30 ini. Sebenarnya kapasitas 320GB yang dimiliki hard disk lenovo ini tidak terlalu kecil, namun apabila kita ingin memiliki koleksi file yang banyak tidak ada cara lain selain mengganti hard disk netbook ini.

Seperti penjelasan di awal, satu kekurangan yang cukup fatal menurut saya adalah RAM yang sebatas 2GB saja, tanpa bisa menambah atau mengganti RAM lenovo E10-30 ini. Cukup disayangkan memang, padahal RAM sangat membantu meningkatkan kinerja komputer, mengingat aplikasi saat ini cukup rakus akan RAM.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel