Raidmax Vortex 402 Black: Casing Mungil nan Komplit

Raidmax Vortex 402 Black: Casing Mungil nan Komplit
Kupaskomputer.com - Case atau biasa disebut casing, merupakan perangkat pendukung untuk membangun sebuah komputer. Tanpa casing pun sebenarnya komputer bisa digunakan namun lebih rawan akan kerusakan.

Casing gaming adalah case yang dirancang untuk mereka yang menginginkan casing dengan bentuk yang menarik dan memiliki kinerja yang baik, dalam hal ini sirkulasi udara yang dihasilkan casing tersebut cukup bagus.
(baca : Tips memilih casing komputer yang tepat)

Kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai casing gaming. Produk yang saya bahas merupakan besutan raidmax. Mungkin bagi gamer maniak, merk raidmax ini cukup lama dikenal, karena sudah dari dulu raidmax bermain dengan gaming case. Raidmax kali ini merupakan produk kelas terjangkau namun memiliki banyak fitur-fitur terbaru yaitu Raidmax Vortex 402WB.

Sebelumnya saya mohon maaf karena kebetulan foto-foto dari produknya sendiri tidak terlalu banyak, waktu itu saya lupa menyimpannya dimana. Jadi hanya sebagian saja yang bisa saya berikan kepada sobat kupaskomputer. Atau silahkan langsung menuju laman resmi raidmax.


Paket Penjualan

Kalau melihat dari kisaran harganya, cukup wajar memang box dari casing ini. Boxnya cukup sederhana seperti kardus biasa, berwarna coklat dan hanya dihiasin foto-foto kecil yang sedikit menerangkan fitur-fitur yang ada pada casing tersebut.

Didalam paket penjualan sendiri selain unit casing raidmax vortex 402WB, saya hanya mendapati buku manual, baut-baut, kemudian juga kabel pengikat atau perapi kabel dari kawat bukan kabel ties. Sedangkan pengunci hardisk pun harus dibeli terpisah begitupun juga dengan Optik Drive. Walaupun begitu, kita masih bisa memasangkan perangkat seperti hardisk dan drive optik menggunakan baut seperti biasanya, suatu kekurangan yang cukup terasa.


Pemasangan hdd pada Raidmax Vortex 402
Pemasangan hdd pada Raidmax Vortex 402
Pemasangan Optik Drive pada Raidmax Vortex 402WB
Pemasangan Optik Drive pada Raidmax Vortex 402WB


Dimensi Raidmax Vortex 402

Untuk ukuran sendiri, casing Raidmax Vortex ini masuk ke dalam middle tower. Ukuran middle tower merupakan ukuran casing yang banyak kita temui. Namun casing ini sedikit lebih kecil dibandingkan casing middle tower pada umumnya. Dimensi casing Raidmax Vortex 402WB ini adalah 464 (L) x 206 (W) x 445 (H).  Saya sendiri  mencoba memasangkan HSF ukuran sedang dari enermax. Dan ternyata tidak bersentuhan dengan penutup samping casing. Walaupun sebenarnya terasa sesak dan cukup pas-pasan.


HSF terpasang cukup baik pada Raidmax Vortex 402WB
HSF terpasang cukup baik pada Raidmax Vortex 402WB


Fitur dan Spesifikasi Raidmax Vortex 402WB

Walaupun ukurannya tergolong kecil untuk kelas middle tower, namun fitur dan spesifikasi yang ditawarkan cukup menggiurkan. Bagaimana tidak casing ini memiliki segala yang kita butuhkan.

Fitur Raidmax Vortex 402WB
  • 1x USB 3.0, 1x USB 2.0 dan Audio Port bagian atas casing
  • Side panel akrilik dan ruang yang disediakan untuk kabel manajemen
  • Mendukung radiator ukuran 120mm pada bagian belakang
  • Drive bay 3 x 2,5" dan 2 x 3,5", berarti 2 optik drive yang bisa dipasang dan 3 hardisk yang bisa dipasang pada casing raidmax vortex 402WB
  • Posisi psu yang berada dibawah seperti kebanyakan casing gaming
  • Bisa dipasang kartu grafis yang cukup panjang seperti HD 7970

Spesifikasi Raidmax Vortex 402WB
  • Eksternal drive bay 3 x 5,25"
  • Internal Drive Bay 3 x 2,5" dan 3x 3,5"
  • Mendukung mainboard Micro ATX dan Standar ATX
  • Extension Slot yaitu standar ATX 7 Slot
  • I/0 port : 1 x USB 3.0, 1 x USB 2.0 dan 2x HD Audio
  • Front (depan) : 2 x 120mm LED fan (hanya diberikan satu kipas 12 CM bagian depan, satunya lagi tambahan)
  • Back (belakang) : 1 x 120mm Black frame
  • Top (atas) 1 x 120mm (tambahan juga)



USB 3.0 hanya satu di Raidmax Vortex 402WB
USB 3.0 hanya satu di Raidmax Vortex 402WB
Space kabel manajemen Raidmax Vortex 402
Space kabel manajemen Raidmax Vortex 402


Instalasi

Untuk melakukan perakitan perangkat komputer ke dalam casing Raidmax Vortex 402WB ini sedikit merepotkan. Ukuran yang terlalu kecil membuat kita harus merakitnya step by step. Apalagi bila kita menggunakan perangkat komputer yang dimensinya besar bakal lebih susah lagi.

Disini saya mencoba memasangkan komputer dengan spesifikasi tergolong standar dan menggunakan mainboard micro ATX, HSF dari Enermax, VGA Zotac GTX 560, PSU FSP, 1 hardisk dan 1 optik drive. Seluruh fan dalam kondisi terpasang.

Satunya lagi saya terapkan pada spesifikasi yang lebih rendah namun dengan seluruh fan terpasang pada casing tersebut.

Hasilnya cukup memuaskan, kabel manajemennya lumayan baik walaupun tidak terlalu baik. Saya tidak bisa membayangkan kalau kita memasang perangkat kelas high end ke dalam casing ini, yang pasti saya tidak menyarankan. Salah satu hal yang akan kita temui adalah kendala dalam menutup bagian samping area kabel manajemen karena terlalu sempit.


Instalasi menggunakan HSF Enermax + GPU kelas menengah
Instalasi menggunakan HSF Enermax + GPU kelas menengah
Instalasi menggunakan standar perangkat komputer
Instalasi menggunakan standar perangkat komputer
Cable management pada bagian belakang Raidmax Vortex 402WB
Cable management pada bagian belakang Raidmax Vortex 402WB


Kesimpulan

Casing Raidmax Vortex 402WB ini memiliki kisaran harga yang tergolong terjangkau namun fitur yang ditawarpun tidak kalah dengan casing-casing lainnya seperti USB 3.0 (walaupun hanya 1), kabel manajemen (Cabling management), total fan yang dipasang mencapai 4 fan, side panel akrilik berwarna black, modelnya yang tergolong menarik dan ruangan yang lumayan lega.

Namun dari banyak kelebihan tersebut casing ini memiliki kekurangan, diantaranya kualitas casing yang tidak terlalu bagus, terlihat dari ketebalan bahan casing dan dari bobot casing yang terlalu enteng. Kemudian dari segi penjualan yaitu tools yang disediakan hanya apa adanya, bonus fan yang diberikan pun hanya 2 saja (bagian depan led dan belakang biasa).

Untuk kabel manajemen terlalu pas-pasan, kebetulan yang saya rakit kabel psu nya tidak terlalu banyak, sungguh akan menjadikan kesulitan tersendiri ketika kita merakit komputer dengan banyak variasi kabel didalamnya.


Hasil akhir Instalasi seluruh fan Raidmax Vortex 402
Hasil akhir Instalasi seluruh fan Raidmax Vortex 402
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel