Mudahnya Mengganti Keyboard Thosiba U505

Kupaskomputer.com - Sudah beberapa kali saya memberikan tutorial cara mengganti keyboard laptop. Entah itu dari brand Acer, Axioo, dan Lenovo.

Namun beberapa laptop memiliki cara yang sedikit lebih sulit hanya untuk mengganti keyboard walaupun ada juga yang cukup mudah. Dan laptop Thosiba seri U505 ini, bisa dibilang sangat mudah untuk membuka keyboardnya.

Alat yang kita butuhkan pun cukup menggunakan obeng plus dan obeng minus ukuran kecil dan pipih untuk melepaskannya pengunci.

Untuk diketahui Notebook Thosiba Satelite U505 memiliki ukuran layar 13 inch. Dan ukuran keyboardnya pun tidaklah sama dengan kebanyakan tipe thosiba lainnya. Jangan sampai nanti setelah dibeli ternyata tidak cocok. Ukurannya lebih besar dari keyboard thosiba dengan layar 10 inch  namun lebih kecil dari laptop thosiba ukuran layar 14 inch.


Berikut langkah-langkah mengganti keyboard Thosiba U505

1. Terlebih dahulu melepaskan baterai laptop Thosiba U505, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Caranya pun sangat mudah, cukup melepas pengunci sebelah kiri dan mendorong pengunci sebelah kanan sambil di tahan, kemudian mendorong baterai keluar dari tempatnya.


Gbr 1. Membuka baterai laptop
Gbr 1. Membuka baterai laptop
2. Langkah selanjutnya membuka baut pengunci keyboard yang tersembunyi di belakang baterai. Ada dua baut yang harus dilepas terlebih dahulu.


Gbr 2. Dua buah baut pengunci keyboard thosiba U505
Gbr 2. Dua buah baut pengunci keyboard thosiba U505
3. Setelah melepas dua baut tersebut, sekarang silahkan sobat buka pengunci pertama keyboard. Dengan menggunakan obeng minus ukuran kecil, masukkan ke selah pengunci keyboard bagian atas, sambil mendorong keluar. Setelah terangkat, silahkan sobat gunakan jari-jari dengan menariknya ke atas. Hati-hati dalam melepaskan penguncinya, karena memang pengunci ini rentan patah. Seperti halnya pengunci yang lain.


Gbr 3. Mendorong pengunci keyboard keatas
Gbr 3. Mendorong pengunci keyboard keatas
4. Setelah pengunci terbuka maka terlihat disini ada dua baut lagi yang mengunci keyboard laptop thosiba U505. Lepaskan terlebih dahulu baut-baut tersebut. Sekali lagi saya ingatkan untuk mengumpulkan baut-bautnya agar tidak tercecer dan hilang dan pisahkan baut tersebut berdasarkan ukuran.


Gbr 4. Dua baut pengunci terakhir keyboard Thosiba U505
Gbr 4. Dua baut pengunci terakhir keyboard Thosiba U505
5. Langkah selanjutnya adalah mengangkat keyboard keatas dan mendorong keluar dari pengunci di bagian laptop. Hati-hati saat mengangkat keyboard, karena keyboard tersebut masih terhubung dengan mainboard. Setelah terangkat keluar, silahkan sobat posisikan keyboardnya secara terbalik untuk membuka konektor keyboard yang terhubung di mainboard.

6. Lepas kabel konektor keyboard dari pengunci dengan mendorong pin pengunci ke kanan dan kiri kiri secara perlahan. Setelah itu cukup ditarik dan keyboard thosiba Anda siap untuk diganti dengan keyboard yang baru. Untuk memasangnya saya yakin sobat pasti bisa, karena langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan melepas keyboardnya.


Gbr 5. Melepas pengunci konektor keyboard Thosiba U505
Gbr 5. Melepas pengunci konektor keyboard Thosiba U505
Bagaimana?tidak terlalu sulit bukan mengganti keyboard thosiba U505 ini? yup, namun biarpun begitu setiap kita ingin melakukan pergantian alat pada laptop untuk lebih berhati-hati dalam melakukannya. Sedikit rentan akan kerusakan karena kesalahan kecil saja.

Satu lagi kendala yang cukup terasa menurut saya, terkadang spare part laptop apalagi merk-merk tertentu sangat sulit untuk dicari dipasaran. Bayangkan saja, saya sendiri harus memesan terlebih dahulu keyboard thosiba seri U505 ini. Karena ditempat langganan saya, keyboard seri ini tidak ada. Namun apabila keyboard baru yang kita cari tidak ada, silahkan sobat coba mencari keyboard laptop dengan kondisi bekas.

Alternatif lainnya sobat bisa menggunakan keyboard eksternal USB ukuran mini. Sedikit menyulitkan kita membawanya, namun inilah salah satu alternatif murah loh, karena rata-rata keyboard laptop yang dijual berkisar 200-300 ribuan. Banding dengan keyboard mini USB yang cuma seharga 50-60 ribuan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel