Mudahnya Mengganti Keyboard Acer Aspire One 725

Mudahnya mengganti keyboard Acer Aspire One 725
Kupaskomputer.com - Acer Aspire One 725 merupakan kategori netbook, dengan ukuran layar 11", netbook ini sangat tepat bagi kalian yang masih kuliah atau masih duduk di bangku sekolah.

Cukup ringan untuk dibawa dan kinerjanya pun sangat baik untuk menjalani aplikasi komputer saat ini, hanya satu kekurangannya adalah tidak adanya optik drive internal, jadi dengan sangat terpaksa harus membeli optik drive eksternal terlebih dahulu.

Kebetulan Acer Aspire One 725 teman saya rusak pada bagian keyboardnya. Dan cara menggantinya pun sedikit berbeda apabila dibandingkan produk acer tipe lainnya. Biasanya hanya menggunakan tools (alat) seperti obeng minus ukuran tipis saja kita sudah bisa mengganti keyboardnya.

Namun untuk netbook tipe ini, sedikit merepotkan kita karena harus membuka tutup bodi belakang dan juga membuka tutup bodi atas terlebih dahulu, barulah kita bisa mengganti keyboardnya. Dan ini kita lakukan dengan ekstra hati-hati, kalau tidak, bisa mengakibatkan pengunci bodi atas patah.

Alat yang kita butuhkan pun hanya obeng plus ukuran kecil. Namun saya menambahkan satu bantu alat sakti yaitu kartu ATM. Nah loh kartu ATM sebagai alat bantu? tenang, cari saja kartu ATM atau sejenisnya yang tidak dipakai lagi. Kartu ini untuk membantu mempermudah membuka tutup bodi atas Acer Aspire One 725, melalui sela-selanya.

Cara mengganti keyboard Acer Aspire One 725

1. Siapkan alat yang telah saya sebutkan diatas tadi seperti kartu ATM dan obeng minus ukuran kecil. Jangan lupa untuk terlebih dahulu membuka baterai netbook acer ini sebelum melanjutkan membongkar yang lain. Caranya pun cukup mudah, dengan mendorong pengunci baterai ke arah kanan dan menahannya kemudian mendorong baterai ke arah luar.


Melepas baterai acer aspire one 725
Melepas baterai acer aspire one 725
2. Selanjutnya adalah membuka satu baut pengunci tutup bodi belakang terlebih dahulu. Setelah itu tahan dan dorong tutup bodi belakang tersebut kebawah, dan angkat keatas untuk melepaskannya.


Membuka baut pengunci bodi belakang Acer Aspire One 725
Membuka baut pengunci bodi belakang Acer Aspire One 725
Mendorong pengunci tutup belakang bodi Acer Aspire One 725
Mendorong pengunci tutup belakang bodi Acer Aspire One 725
Menarik keatas penutup bodi belakang Acer Aspire One 725
Menarik keatas penutup bodi belakang Acer Aspire One 725
3. Setelah tutup bodi belakang terbuka, disini kita bisa melihat seluruh komponen yang terpasang pada bagian mainboard Acer aspire one 725 seperti RAM, fan prosesor dan juga wifi. Langkah selanjutnya adalah melepas terlebih dahulu konektor keyboard yang terhubung pada mainboard dan juga konektor touchpad. Untuk konektor keyboard, dorong ke arah keluar ke kanan dan kekiri sedangkan konektor touchpadnya ditarik ke atas.


Melepas konektor keyboard dan juga konektor touchpad Acer Aspire One 725
Melepas konektor keyboard dan juga konektor touchpad Acer Aspire One 725
4. Kemudian lepas terlebih dahulu hardisk netbook ini sebelum membongkar keyboardnya. Ada dua baut pengunci hardisk yang harus dibuka terlebih dahulu sebelum melepaskan hardisk. Untuk membuka hardisknya cukup dorong ke arah luar dan diangkat keatas.


Melepas hardisk Acer Aspire One 725
Melepas hardisk Acer Aspire One 725
5. Buka semua baut bodi netbook Acer aspire 725 yang ada. Jangan lupa untuk memisahkan terlebih dahulu karena warna bautnya antara baut luar dan didalam sedikit berbeda.


Baut yang harus dilepas pada Acer Aspire One 725
Baut yang harus dilepas pada Acer Aspire One 725
6. Sekarang kita akan melepas penutup atas bodi netbook, caranya dengan mengangkat keatas area bodi didekat baterai. Sedikit butuh tenaga untuk melepaskan tutup bodi atas ini. Kalau sudah terangkat, lakukan juga untuk sisi yang lainnya. Disini saya menggunakan bantuan kartu ATM untuk mempermudah membuka sisi pengunci bodi atas netbook, dengan cara menyelipkan kartu ATM di sela-sela bodi acer tersebut.


Melepas bodi atas Acer Aspire One 725
Melepas bodi atas Acer Aspire One 725
7. Setelah terlepas dari bodi, kita harus melepas terlebih dahulu pengunci keyboard di bodi atas acer ini. Ada beberapa baut yang harus dilepas terlebih dahulu sebelum bisa melepaskan keyboardnya.Harap untuk berhati-hati untuk melepas pengunci keyboard ini. Posisikan terlebih dahulu konektor keyboard netbook ini keatas, kemudian tarik keatas pengunci tersebut. Dan keyboard rusak tersebut siap untuk diganti dengan keyboard yang baru.


Melepas pengunci keyboard Acer Aspire One 725
Melepas pengunci keyboard Acer Aspire One 725
Keyboard Acer Aspire One 725
Keyboard Acer Aspire One 725
Cukup merepotkan bukan, hanya untuk mengganti keyboard saja? ya, untuk Acer tipe tertentu sedikit membuat kita kesulitan untuk melakukan bongkar pasang keyboardnya.

Bahkan saya sendiri pernah mengalami kesulitan hanya untuk mengganti hardisk laptop Dell (lupa seri berapa), saya harus membongkar semuanya karena hardisk tersebut berada diantara dua mainboard. Cukup merepotkan bahkan memakan waktu yang cukup lama. Namun ketika kita berhasil membukanya, ada kebahagiaan sendiri loh hehe.

Semoga tutorial singkat mengganti keyboard Acer Aspire One 725 ini bisa memberikan manfaat bagi pengunjung setia kupaskomputer. Kritik dan saran saya sediakan di kolom komentar. Silahkan bertanya hal-hal yang positif, sebisa mungkin saya bantu menjawabnya.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel