Mengganti Hardisk Laptop Acer 4738

Mengganti Hardisk Laptop Acer 4738
Kupaskomputer.com - Laptop Acer 4738 merupakan produk Acer yang telah lama rilis, kalau saya tidak salah rilis pada tahun 2010 yang lalu. Namun sampai saat ini pun masih banyak juga orang yang menggunakannya.

Memang untuk kinerja, Acer 4738 masih cukup layak, hanya saja penambahan RAM pada laptop untuk meningkatkan kinerja laptop Acer tersebut, mengingat aplikasi saat ini lumayan rakus memakan ram Sistem, karena rata-rata laptop Acer 4738 memiliki RAM 1GB.

Kali ini, kupaskomputer akan memberikan cara-cara mudah dalam mengganti hardisk laptop Acer 4738, kebetulan laptop miliki teman saya hardisknya rusak. Namun harap di ingat, lakukan semua pekerjaan ini secara hati-hati. Jangan sampai nanti kita malah merusaknya.
(baca : Penyebab kerusakan hardisk dan Cara mengetahui kondisi hardisk)

Untuk diketahui, cara mengganti hardisk Acer 4738 tidaklah sama dengan laptop Acer tipe yang lainnya. Kita harus membongkar tutup bodi belakang laptop acer ini. Apabila sudah dibuka maka kita bisa menambah/mengganti RAM atau membersihkan fan prosesor yang kotor.


Langkah-langkah mengganti Hardisk Laptop Acer 4738

1. Siapkan terlebih dahulu alat untuk membongkar tutup bodi belakang Acer 4738 ini. Kita hanya membutuhkan satu obeng plus ukuran kecil saja. Langkah selanjutnya adalah membuka terlebih dahulu baterai laptop Acer 4738. Cara melepaskannya pun cukup mudah, silahkan dorong pengunci pertama keatas, kemudian dorong pengunci kedua kekanan.


Melepas baterai Acer 4738
Melepas baterai Acer 4738
2. Siapkan juga tempat untuk meletakkan baut tutup bodi belakang Acer 4738 ini, karena bautnya lumayan banyak loh, takutnya nanti hilang. Dan pisahkan juga baut yang berukuran besar dan kecil. Baut kecil yang berada di area baterai. Kurang lebih ada 24 baut yang harus dilepas (kalau saya tidak salah hitung). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.


Baut tutup bodi belakang Acer 4738 yang harus dilepas
Baut tutup bodi belakang Acer 4738 yang harus dilepas
3. Setelah melepas baut, sekarang kita lepaskan terlebih dahulu optik drive laptop Acer 4738. Caranya cukup menarik diantara sela-sela atau tutup optik drive keluar dari tempatnya. Hati-hati, terkadang tutup drive optik bisa terlepas.



Melepas optik drive Acer 4738
Melepas optik drive Acer 4738
4. Saatnya melepaskan tutup bodi belakang Acer 4738. Caranya dengan mengangkat tutup bodi belakang keatas dibagian area kosong sebelah kiri (bagian optik drive yang dilepas tadi), kemudian dibantu juga dengan tangan kanan mengangkat tutup bagian kiri sampai akhirnya terlepas. Sepertinya tidak mudah, namun setelah melakukannya saya yakin sobat kupaskomputer pasti bisa.


Melepas tutup bodi belakang Acer 4738
Melepas tutup bodi belakang Acer 4738
5. Setelah tutup bodi Acer 4738 terbuka, maka terlihat jelas disini, rangkaian alat yang ada didalam laptop Acer 4738. Selain mengganti hardisk, kita bisa menambah/mengganti ram, ataupun juga bisa membersihkan kipas prosesor Acer 4738 yang kotor. Untuk membuka hardisk, terlebih dahulu melepaskan konektor USB yang menghalangi hardisk. Caranya dengan mendorong pengunci konektor USB keatas.


Rangkaian alat pada Acer 4738
Rangkaian alat pada Acer 4738
Melepas konektor USB Acer 4738
Melepas konektor USB Acer 4738
6. Saatnya melepas hardisk laptop Acer 4738. Caranya lepas terlebih dahulu satu baut pengunci  hardisk Acer 4738. Kemudian dorong hardisk ke arah luar untuk melepasnya. Tidak perlu menggunakan kekuatan penuh, nanti hardisknya bisa mencolot terbang keatas hehe...


Melepas pengunci hardisk Acer 4738
Melepas pengunci hardisk Acer 4738
Kondisi hardisk Acer 4738 yang telah terlepas
Kondisi hardisk Acer 4738 yang telah terlepas
7. Sampai disini kita telah membuka hardisk Acer 4738, sekarang tinggal dilepas terlebih dahulu pengunci bodi hardisk tersebut, dan hardisk laptop Acer 4738 siap diganti dengan yang baru.

Cukup merepotkan bukan hanya untuk mengganti hardisk laptop acer 4738 ini? ya begitulah laptop. Sangat berbeda dengan PC Desktop yang hanya membuka penutup sampingnya dan hardisknya pun siap diganti dengan yang baru. Namun saya yakin bagi yang suka tantangan, hal ini bukanlah suatu kendala tetapi malah menjadi suatu hal yang mengasyikan bukan?
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel