Corsair CS550M : PSU Gold Semi Modular Dari Corsair

Kupaskomputer.com - Corsair merupakan brand yang cukup dikenal oleh pengguna komputer. Produk corsair pun cukup beragam, dari casing, memori (ram), SSD, keyboard dan mouse dan juga power supply unit (PSU). Kali ini saya mencoba memberikan info sekilas mengenai power supply bersertifikasi 80+ Gold dan menggunakan kabel modular dari corsair. Yup, corsair CS 550M dengan daya murni 550W.
(baca : Mengenal istilah-istilah pada power supply)

Corsair sendiri banyak mengeluarkan versi power supply nya. Yaitu seri VS, CX, CXM, CSM, RM, HXi, AX. Seri CSM sendiri termasuk power supply kelas menengah dari brand corsair. Kelas atasnya adalah seri AX.

Berdasarkan info yang saya dapatkan, Corsair CS550M ini menggunakan OEM PSU (power supply unit) dari Great Wall. Great wall adalah sebuah anak perusahaan yang berasal dari China. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1986 ini telah banyak memproduksi monitor, laptop, flash dan perangkat komputer lainnya. Selain brand corsair, ternyata OCZ pun menggunakan OEM dari great wall. Setahu saya OEM corsair dahulu adalah DELTA dan Seasonic.

Paket Penjualan

Ketika pertama kali mendapatkan unit power supply CS550M ini, tidak ada sesuatu yang istimewa. Boxnya pun tidak jauh berbeda dengan miliknya corsair VS series, padahal corsair CSM merupakan produk kelas menengah dari corsair. Cukup sederhana sekali. Kalau saya ingat, dahulu dengan harga yang kurang lebih sama saya sudah mendapatkan power supply kelas premium dari seasonic yaitu seasonic X560.


Unit Corsair CS550M
Unit Corsair CS550M
Setelah membuka box power supply, terlihat beberapa perlengkapan seperti biasanya. Buku dokumentasi dan kartu garansi, kabel-kabel modular, kabel ties dan empat baut, kabel power dan unit power supply CS550M itu sendiri.

Kabel ties yang disertakan pada penjualannya pun cukup banyak, ada 10pcs. Cukup untuk merapikan kabel-kabel pada bagian kabel manajemen, suatu nilai plus menurut saya, walaupun kita tahu kabel ties tersebut bisa kita beli lagi diluar. Tetapi corsair menyadari hal ini, dan memberikannya dipaket penjualan.


Paket penjualan Corsair CS550M
Paket penjualan Corsair CS550M
Paket penjualan Corsair CS550M
Paket penjualan Corsair CS550M
Pada power supply corsair CS550M ini, hanya menyediakan empat tempat kabel modular yang bisa dipasang. Tertulis jelas di bagian unit PSU yang bisa dipasang adalah Perhipheral & Sata, 6+2 PCI-E & CPU 4+4 pin. Begitupun juga dengan kabel modularnya, hanya menyediakan empat kabel modular saja, otomatis semua kabel pasti terpakai apalagi spesifikasi komputer kita memang memiliki banyak periferal yang dipasang.


Unit PSU Corsair CS550M
Unit PSU Corsair CS550M
Tempat pemasangan kabel modular
Tempat pemasangan kabel modular
Kabel-kabel modular Corsair CS550M
Kabel-kabel modular Corsair CS550M


Instalasi Power Supply CS550M

Untuk instalasi PSU Corsair CS550M ternyata tidaklah terlalu sulit. Bahkan terbilang cukup mudah. Mungkin awalnya sedikit membingungkan, kenapa? karena pada bagian modular, hanya diberikan keterangan seperti yang saya sebutkan diawal.

Sedangkan buku manualnya pun tidak disertakan. Sepertinya corsair yakin, buyer atau pembeli psu corsair CS550M ini akan bisa memasangkannya. Dan lagi-lagi PSU modular tersebut memang sudah dirancang tidak lebih. Cukup berbeda ketika saya memasangkan kabel modular miliknya Seasonic X-series.


Kabel modular Corsair CS550M yang telah terpasang
Kabel modular Corsair CS550M yang telah terpasang
Corsair CS550M lengkap dengan kabel-kabelnya
Corsair CS550M lengkap dengan kabel-kabelnya
Untuk pemasangan pada casing komputer pun tidak memiliki kendala berarti, apalagi corsair CS550M ini semua kabel menggunakan kabel yang pipih, cukup memudahkan kita merapikan kabel-kabel tersebut kecuali kabel power untuk mainboard, menggunakan kabel tebal seperti umumnya. Kabel-kabel dari power supply corsair CS550M ini cukup panjang, jadi memudahkan kita untuk instalasi.
(baca : Tips memilih casing komputer yang tepat)


Corsair CS550M terpasang pada casing
Corsair CS550M terpasang pada casing
Kabel power VGA Corsair CS550M
Kabel power VGA Corsair CS550M


Kesimpulan.

Power supply Corsair CS550M merupakan produk corsair yang sudah bersertifikasi 80+ Gold dan memiliki kabel modular, menurut saya ini adalah suatu kelebihan tersendiri. 80+ Gold menghasilkan panas yang rendah dan menjadikan tagihan listrik kita lebih kecil dibandingkan menggunakan PSU 80+ biasa. Dari beberapa review yang saya bacapun, power supply Corsair CS550M sendiri mendapatkan nilai yang cukup baik dan arus listrik yang cukup stabil. Begitupun juga jenis kabel konektornya yang sudah pipih, memudahkan kita melakukan instalasi pada casing komputer.

Kekurangan yang menurut saya cukup terasa adalah minimnya kabel power sata yang disediakan corsair yaitu hanya 5 konektor saja, dan kabel molex pun cuma ada 4 konektor. Sangat jauh berbeda dengan brand lain. Ambil contoh Seasonic S12 520W, kabel powernya sangat berlimpah, kabel sata sebanyak 6 konektor, kabel molex sebanyak 6 konektor, dan kabel VGA 6 pin + 6+2 pin dan satu lagi 8pin, padahal daya output seasonic ini lebih kecil apabila dibandingkan dengan corsair CS550M. Mungkin saya terlalu berlebihan mengenai kabel ini, namun kabel power tersebut sangat kita butuhkan.

Dari sisi harga Corsair CS550M ini tidak jauh berbeda dengan Seasonic G550, namun garansi yang diberikan corsair hanya 3 tahun, bandingkan dengan seasonic yang memberikan garansi 5 tahun. Cukup berbeda jauh bukan? begitupun juga dengan jumlah konektor yang diberikan seasonic G550 lebih banyak dibandingkan corsair CS550M.

Semoga review singkat corsair CS550M ini sedikit membantu sobat yang menginginkan power supply produknya corsair. Dan sedikit memberikan gambaran akan power supply corsair CS550M ini
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging