Intel HD Graphic 4600 Gaming Review (kasta tertinggi haswell)

Kupaskomputer.com - Waktu itu saya pernah mencoba melakukan review singkat mengenai performa kartu grafis onboard pada intel hd 4400 yang dimiliki oleh prosesor Intel Core i3 haswell series. Performanya cukup lumayan walaupun harus ditebus dengan harga yang lumayan juga untuk mendapatkannya. (baca: Intel hd Graphic 4400 gaming review)

Hasil GPU-z
Hasil GPU-z
Beberapa game yang saya uji cobakan pun tidak jauh berbeda dengan uji coba pada kartu grafis Intel hd 4400, seperti Pro Evolution soccer, Need For Speed, Far Cry, Crysis dan juga medal of honor. Ada satu game lagi yaitu call of duty, karena keterbatasan waktu jadi saya tidak sempat melakukan uji coba game tersebut.

Spesifikasi komputer untuk pengujian kali ini.
  • Intel Core i7 4790K 4.0Ghz Haswel Soket 1150
  • RAM 16GB Dual Channel
  • VGA Onboard Intel HD Graphic 4600 share memori 1GB
  • Windows 7 Ultimate 64 bit
  • Driver update dari Intel
  • Monitor 19" dengan resolusi 1366 x 768

Untuk diketahui, prosesor Intel Core i7 4790k ini merupakan kasta tertinggi seri prosesor Haswell yang menggunakan soket 1150. Sekarang mari kita lihat spesifikasi lengkap yang diusung oleh prosesor Intel Core i7 4790K dan juga kartu grafis yang telah tertanam didalamnya. Begitupun juga saya akan berikan hasil dari Windows Experience Index.


Hasil WEI
Hasil WEI
Dari hasil GPU-z apabila kita bandingkan dengan miliknya Intel Core i3 4160, ada sedikit perbedaan. Seperi jumlah bandwidth yang ternyata lebih rendah dari HD 4400, begitupun juga nilai memori clocknya dibawah hd 4400. Aneh memang, harusnya HD 4600 mengusung spesifikasi yang lebih tinggi dibanding HD 4400. Namun hasil yang berbeda ditunjukkan oleh WEI, nilai yang didapat lebih tinggi sedikit dibanding HD 4400.

Sedikit mengecewakan memang melihat hasil dari GPU dan WEI, karena secara harga sendiri prosesor seri ini di rentang harga 4 jutaan. Cukup jauh apabila dibandingkan Intel Core i3. Namun saya bisa memakluminya, karena rata-rata pengguna prosesor kelas ini sudah pasti tidak akan mengharapkan kemampuan gaming vga onboard prosesor. Yang jelas mereka sudah memiliki kartu grafis terpisah dengan kemampuan yang bisa mengimbangi prosesor Intel Core i7 4790K ini.

1. Pro Evolution Soccer 2015
Tidak ada keraguan pada game satu ini. Biarpun hasil dari PES tidak menunjukkan nilai yang baik semua karena ada salah satu nilai dianggap "BAD", namun saya yakin game PES akan berjalan mulus sebagaimana mestinya. Dan setelah saya coba, game berjalan mulus dan stabil di angka 60 fps. Walaupun hasilnya juga tidak jauh berbeda pada HD 4400, lag disaat replay, namun disaat gameplay cukup jarang terjadi.

2. Medal Of honor Warfighter
Hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan kartu grafis Intel HD Graphic 4400, dengan settingan low, game ini berjalan mulus walaupun nilai fraps tidaklah terlalu tinggi. Dikisaran 25-30 fps. Menurut saya masih cukup nyaman untuk dimainkan dan tampilan grafis dari game Medal of honor ini tidaklah terlalu buruk walaupun game diatur pada pengaturan terendah.

3. Crysis 3
Salah satu game yang menuntut spesifikasi komputer super gila. Kenapa begitu?karena saya pernah melakukan uji coba kartu grafis kelas atas yaitu Gigabyte GTX 970 4GB DDR5 256bit pada game Cryis 3 ini dengan melakukan settingan terbaik pada game, ternyata kartu grafis ini tidak mendapatkan nilai fraps yang tinggi. Hanya berkisar di angka 30 fps, selengkapnya akan coba saya bahas di next artikel. Untuk kartu grafis Intel HD Graphic 4600 ini, settingan low pada game adalah settingan yang terbaik.

4. Far Cry 4
Entah kenapa saya tidak merasa nyaman saat menggunakan kartu grafis HD 4600 ini, hasil yang tidak berbeda jauhpun saya dapatkan ketika menggunakan kartu grafis Intel HD Graphic 4400. Walaupun game sudah diatur ke pengaturan terendah, namun hasil yang didapat sangat mengecewakan. Game terasa lagging (patah-patah), dan ini pun masih bermain diawal, tidak bisa saya bayangkan apabila memainkan game ini disaat banyak objek yang terlibat didalamnya. Saya lebih menyarankan agar sobat kupaskomputer untuk mencari kartu grafis add on untuk mendapatkan pengalaman bermain di game ini.

5. Need For Speed Most Wanted 2
Salah satu game yang saya masukkan dalam uji coba kartu grafis. Biarpun tidak berlaku untuk kartu grafis kelas menengah namun game satu ini cukup bisa diandalkan untuk melihat kemampuan kartu grafis yang telah tertanam pada prosesor alias onboard vga. Dengan settingan high pun game ini masih berjalan mulus. Walaupun nilai fps rendah tetapi tetap nyaman menurut pengalaman saya.

Dari hasil uji coba kelima game tersebut, hasil yang didapat tidak jauh berbeda dengan miliknya Intel Core i3. Bahkan boleh dibilang kemampuannya hampir sama. Dengan kemampuan kartu grafis onboard ini, cukup bisa menahan kita untuk menabung dan mendapatkan kemampuan grafis yang lebih tinggi lagi demi mendapatkan kepuasan dan pengalaman dalam hal gaming komputer.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging