Mengatasi Masalah Insert Boot Media Device

Kupaskomputer.com - Komputer sangat menyenangkan apabila komputer tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Namun tidak sedikitpun terkadang hanya masalah kecil komputer kesayangan kita pun ngambek dan membuat kita kesal. Ya, masalah itu bisa timbul dikarenakan faktor kesalahan dari kita atau bisa juga dikarenakan dari perangkat yang ada.

Ada salah satu teman saya yang bertanya mengenai kasus komputernya. Dan memang masalah seperti ini sebagian pernah mengalami begitupun juga dengan saya. Kebetulan saya pernah ditanyakan error yang muncul dilayar dengan tulisan seperti ini :

Masalah Insert boot media device
Masalah Insert boot media device
"Reboot and Select Proper Boot Device"
"Insert Boot Media in Selected Boot Device and Press a key_"

Error tersebut bisa disebabkan oleh dua hal, diantaranya :


  • Kesalahan pembacaan booting perangkat komputer. Awalnya kita setting boot pertama dari hdd eksternal misalnya, setelah hdd tercabut, ternyata komputer mengalami hal tersebut. Solusinya adalah mengganti urutan booting hdd yang ada sistem operasinya menjadi yang pertama. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol "del" atau "F1" di keyboard, kemudian cari settingan "Boot Priorety" urutan pertama adalah HDD yang berisi sistem operasi.
  • Tidak terdeteksinya hardisk. Masalah ini biasanya timbul dikarenakan longgarnya kabel power sata atau kabel datanya. Solusinya cukup mencabut dan memasangnya kembali secara benar. Hidupkan komputer dan dengarkan suara hardisk. Apabila masih tidak terdeteksi sedangkan suara hardisknya ada, coba sobat ganti kabel datanya dengan yang baru.
  • Kerusakan pada hardisk. Hal ini juga sangat mungkin terjadi dikarenakan faktor arus yang tidak baik pada perangkat komputer. Coba sobat ganti hardisk lain, apabila tidak ada masalah berarti hardisk sobat minta pensiun alias ganti baru.

Cukup sederhana bukan solusi dari permasalahan tersebut?apakah itu efektif? berdasarkan pengalaman saya memang masalah error yang ditampilkan tersebut dikarenakan BIOS tidak mendeteksi adanya Boot device atau tempat booting awal seperti hardisk yang berisi sistem operasi, atau flashdisk yang berisi instalasi windows.

Kalau sobat suatu saat mengalami masalah ini saran saya jangan panik. Coba cek dan ricek terlebih dahulu. Jangan langsung beranggapan bahwa hardisk kita rusak atau jangan-jangan komputer kita rusak, suatu hal yang terlalu dini menyimpulkan menyebabkan kita merugi bukan?

Semoga artikel "Mengatasi masalah "Insert Boot Media Device" bisa bermanfaat bagi sobat kupas komputer. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel