Menambahkan Gadget atau Widget Pada Blog

Kupaskomputer.com - Rasanya tidak lengkap kalau blog kita tidak memiliki hiasan didalamnya. Gadget atau widget merupakan hiasan yang ditambahkan oleh kita. Entah itu berupa jam, daftar pengunjung dan lain sebagainya. Yap, dengan menambahkan gadget berarti kita menginginkan tampilan yang berbeda pada blog kita. Tapi ingat ya, tambahkan saja yang penting, karena kalau terlalu banyak maka blog tersebut kelihatan berantakan dan juga membuat loading blog semakin berat.

Gadget "Clock"
Gadget "Clock"
Pada bahasan kali ini, saya hanya memberikan beberapa langkah sederhana dalam menambahkan gadget/widget. Gadget/widget sendiri ada yang sudah disediakan blog ada juga yang disediakan pihak ketiga. Jadi tinggal sobat pilih saja dari penyedia blog, kalau memang tidak ada silahkan ambil dari pihak penyedia lainnya.

Beberapa gadget yang saya tambahkan adalah :
Clock - Jam analog yang saya ambil dari pihak ketiga, sekedar tambahan pada blog, tetapi pada dasarnya tidak terlalu bermanfaat karena setiap komputer pun memiliki jam. 
Label - fungsinya sendiri untuk mengelompokkan artikel blog kita menjadi satu kelompok, ambil contoh 10 artikel dikelompokan menjadi artikel komputer, 10 lainnya artikel musik. Untuk masalah ini akan coba saya sajikan pada bahasan lanjutnya.
Google+ Followers - Menyoroti jumlah permirsa google+ kita. Cukup penting bagi sobat untuk menambahkan gadget ini.
Popular Post - fungsinya sendiri menampilkan artikel yang paling banyak dibuka penunjung blog kita. Gadget satu ini menurut saya wajib untuk dipasang.

Langkah-langkah menambahkan Gadget / Widget pada Blog
1. Masuk terlebih dahulu ke dashboard blogger atau halaman blog kita. Kemudian cari menu Tata Letak.

2. Pada bagian menu, klik "Tata letak" dan disini bisa kita lihat susunan dari blog kita. Terlihat pada gambar no 2, disana kita bisa menambahkan gadget berdasarkan tempat yang kita inginkan. Sobat bisa menambahkannya dengan klik "Tambahkan gadget" sesuai dengan posisinya. Saya menambahkan jam dan label pada bilah sebelah kiri dan google+ dengan popular post bilah bawah.

3. Klik "Tambahkan gadget" maka akan muncul jendela baru dengan beberapa pilihan disana. Silahkan sesuaikan dengan pilihan sobat, atau juga bisa disamakan dengan pengaturan saya disini. Klik salah satu gadget yang diinginkan pada logo +

4. Setelah itu akan muncul pengaturan pada gadget tersebut. Biarkan default atau juga bisa kita ubah datanya sesuai yang kita inginkan. Kemudian klik simpan kalau semuanya sudah diatur.

5. Sekarang lakukan lagi seperti no 3 jikalau sobat ingin menambahkan gadget.  Atau bisa dilewati langkah ini bila dirasa hanya satu gadget yang ditambahkan. Disini saya menambahkan Jam Analog pada blog supaya terlihat lebih menarik. Jam ini sendiri disediakan pihak ketiga, silahkan sobat klik  "Gadget Lainnya" dan pada box pencarian ketik "Clock", maka akan ditampilkan beberapa pilihan yang ada.

6. Sama seperti halnya poin 4, muncul jendela yang berisi tentang pengaturan Gadget "Clock" tersebut. Biarkan default dan klik "Simpan"

7. Langkah selanjut saya akan menghilangkan menu navigasi standar pada blog. Apabila tidak dihilangkan, tampilannya sedikit mengganggu karena disana dicantumkan nama email kita. Cukup sobat masuk kembali ke menu "Tata Letak" dan cari yang namanya "Navbar" dan klik "edit". Pada pengaturan Navbar silahkan klik "of" dan klik "simpan".

8. Setelah semua dilakukan, maka pada halaman tata letak, kita bisa melihat ada beberapa gadget yang telah kita pasangkan pada blog. Setelah yakin silahkan klik "simpan setelan".

9. Sekarang cukup sobat klik "lihat blog" untuk melihat hasil tampilan baru blog kita. Semua tergantung selera ya sobat, saya sarankan jangan terlalu banyak gadget agar loading blog lebih cepat saat dibuka oleh pengunjung.

Semoga artikel mengenai "Menambahkan gadget atau widget pada blog" bisa bermanfaat bagi sobat kupaskomputer. Memang cukup sederhana bahasan kali ini, toh ini juga saya lakukan pada orang-orang yang baru mau belajar blog bukan tingkat profesional karena saya juga masih tahap belajar hehe..Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging