Digital Alliance 9500 GT 1GB DDR2 Review

Kupaskomputer.com - Kembali saya ingin mencoba menyajikan mini review secara sekilas mengenai performa vga atau kartu grafis. Kali ini vga yang ingin saya uji coba performanya dari merk yang sering digunakan oleh kebanyakan user ditempat saya. Digital Alliance, merk yang sudah tidak asing lagi. Kalau saya tidak salah, merk DA merupakan pemain lokal, tetapi secara kualitas sendiri tidaklah begitu jelek.

DA 9500GT 1GB DDR2 128bit
DA 9500GT 1GB DDR2 128bit
Oh ya vga da ini menggunakan chipset lawas, nvidia 9500GT. Rilis kurang lebih tahun 2010 yang lalu. Namun sampai saat ini masih juga yang banyak menggunakannya. Pada saat peluncurannya, nvidia 9500 GT ditargetkan untuk mereka yang menginginkan vga murah tetapi masih sangat baik memainkan game. Range harga pada waktu itu berkisar 1 jutaan. Namun harap di ingat da 9500gt yang saya uji coba ini masih menggunakan jenis VRAM DDR2, kemampuannya sendiri masih dibawah nvidia 9500GT yang sudah menggunakan VRAM DDR3.

Nvidia 9500GT DDR2 sendiri diluncurkan untuk bersaing secara langsung dengan rivalnya yaitu Ati Radeon HD 3650 DDR3 atau HD 3670. Berdasarkan urutannya, vga posisi vga 9500GT ini ditempati oleh GT 740 sebagai penggantinya. Kalau saya urutkan dari seri ini sampai seri terbaru bisa panjang tar hehe...

Ada beberapa game yang ternyata sudah tidak mau lagi dijalankan di VGA seri ini? kenapa? karena vga ini masih berbasis directx 10, dan beberapa game menuntut vga berbasis directx 11. Ini menyebabkan harga vga yang masih memiliki teknologi directx 10 dipasaran seken bisa anjlok. Tetapi tenang sobat, gak semua game kok, ada juga game-game kesayangan tetap bisa jalan di vga ini.

Spesifikasi komputer yang saya gunakan sebagai berikut :
  • Intel Core i3 4160 3.6Ghz
  • RAM 8GB DDR3 Dual Channel
  • VGA DA 9500GT 1GB DDR2 128bit
  • Windows 7 Ultimate 64 bit
  • Driver Forceware 331.65
  • Monitor resolusi 1366 x 768

Oh ya ada masalah dengan vga ini ketika saya menggunakan driver versi terbaru. Driver tersebut menolak untuk dipasang, pesan error menunjukkan bahwa vga ini sudah tidak didukung lagi oleh driver terkini. Jadi saya menggunakan driver update versi dibawahnya.

Sekarang coba kita lihat spesifikasi lengkap yang diusung kartu grafis atau vga Digital Alliance 9500GT  ini menggunakan windows experience index.


Hasil WEI
Hasil WEI
Dari hasil gpu-z dan hasil WEI menjadikan sedikit gambaran kemampuan vga ini. Hasil GPU-z menunjukkan klu bandwidth vga ini lumayan rendah. Wajar memang, secara kecepatan GPU clock dan memory clock yang tidak terlalu tinggi. Begitupun juga hasil WEI yang tidak terlalu memuaskan, untuk graphic mendapatkan nilai 4 dan gaming graphics nilainya 6.2.

1. Pro Evolution Soccer 2015
Berdasarkan hasil analisa dari game pes ini, menunjukkan vga Digital Alliance Geforce 9500GT 1GB DDR2 ini sangat mampu menggunakan settingan maksimal atau tampilan terbaik dari game PES 2015. Game saya setting ke pengaturan terbaik. Hasilnya sangat memuaskan. Game berjalan mulus tanpa lag, walaupun disaat replay fps bisa drop tetapi disaat gameplay fps stabil di 50-60 fps.

2. Medal of honor Warfighter
Game yang rilis pada tahun 2013 yang lalu ini cukup bisa membebani kinerja vga. Ini terlihat ketika saya mengatur game ke low setting, nilai fps sangat kecil. Dibawah 15fps, walaupun sebenarnya disaat memainkan game ini, tidak terlalu terasa game lag atau patah-patah bahkan disaat ada ledakan pun, game masih sangat mulus. Hmm... kemampuannya masih dibilang cukup baik.

3. Call of duty advance warfare, crysis 3 dan FarCry 4
Game-game ini sama sekali tidak bisa dimainkan. Tuntutan vga dengan dukungan minimal directx 11 menjadikan vga Digital Alliance 9500GT 1GB DDR2 ini seperti tidak berguna sama sekali. Ya cukup wajar memang, mengingat rilis vga ini adalah 5 tahun yang lalu, dan memang sudah seharusnya mengganti vga ke versi yang paling baru. Tetapi hati-hati loh, ada juga kartu grafis yang menggunakan chipset GT 630 tetapi ternyata hasilnya sama seperti menggunakan vga berchipset lawas.
(baca : Super graphic GT 630 review)

4. Need for speed most wanted
Dikarenakan ada tiga game yang tidak bisa jalan, jadi saya menambahkan satu game lagi yang menurut saya banyak juga penggemarnya. Ya need for speed most wanted merupakan game yang bergenre racing. Grafis yang ditingkatkan sangat membuat kita ingin berlama-lama memainkannya. Bagaimana hasilnya ketika menggunakan vga ini? ternyata fraps menunjukkan nilai dibawah 20fps, tetapi kenyataannya masih game masih jalan cukup mulus di vga ini.

Dari beberapa hasil uji coba game, terlihat gambaran kinerja kartu grafis Digital Alliance 9500GT 1GB DDR2 ini. Cukup disayangkan memang ketika ada game yang menuntut directx 11 dan kartu grafis ini harus menyerah sebelum berperang. Saran saya untuk sobat kupaskomputer yang ingin mencari vga, ada baiknya membeli vga dengan teknologi yang tidak terlalu ketinggalan, sebagai contoh sudah mendukung directx 11, sudah menggunakan vram berjenis ddr3 dan juga bus width paling kecil 128bit.

Semoga artikel "Digital Alliance 9500GT 1GB DDR2 review" ini bisa bermanfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel