Cara mudah instal ubuntu 14.04

Cara mudah instal ubuntu 14.04


Kupaskomputer.com - Apa kabar sobat kupaskomputer? semoga tetap selalu dalam lindungan Allah, SWT, amin. Bahasan kali ini adalah langkah mudah untuk melakukan instalasi linux ubuntu. Saya yakin banyak orang sudah mendengar tentang sistem operasi ubuntu ini.

Selain gratis, sistem operasi ubuntu tidak terlalu membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Hmm... suatu nilai plus bagi sobat yang membutuhkan sistem operasi gratis tapi cukup powerfull. Disini saya menggunakan versi terbaru dari linux ubuntu yaitu versi 14.04.2 desktop. Untuk mendownloadnya silahkan langsung menuju situs resmi ubuntu.


Spesifikasi minimal yang dibutuhkan oleh linux ubuntu ini yaitu :

  • Prosesor 700MHz
  • RAM 384MB
  • HDD 5GB
  • VGA support resolusi 1024 x 768
  • CD/DVD atau USB installer

Untuk spesifikasi yang direkomendasikan oleh ubuntu :

  • Prosesor yang sudah menggunakan dua inti prosesor atau Dual Core
  • RAM 1GB
  • Ruang kosong hardisk sebesar 10GB
  • VGA/Kartu grafis yang sudah support OpenGL 1.4
  • CD/DVD atau USB Installer ubuntu
  • Koneksi internet (memudahkan untuk aplikasi pihak ketiga)

Saya yakin komputer saat ini sangat bisa menjalankan ubuntu. Kenapa? karena rata-rata laptop atau komputer keluaran terbaru sudah mengusung prosesor minimal dual core, ram paling kecil 2gb, hardisk 320gb dan kemampuan kartu grafis yang lebih baik. Jadi sobat gak usah khawatir untuk menginstal linux ubuntu ini. 


Langkah-langkah instalasi Ubuntu 14.04 

1. Siapkan terlebih dahulu DVD Installer ubuntu atau sobat bisa juga menggunakan media USB Flash. Kalau belum memiliki installer ubuntu, silahkan menuju halaman resmi ubuntu untuk mendapatkan installernya. 

2. Masuk terlebih dahulu ke pengaturan BIOS dengan menekan F1/F2 (untuk laptop) atau tombol DEL (untuk komputer). 

3. Ubah urutan booting pertama menjadi CD/DVD atau Removable (bila menggunakan media flasdisk atau DVD eksternal). 

4. Setelah masuk ke ubuntu kita dihadapkan dengan dua pilihan yaitu "Try Ubuntu" atau "Instal Ubuntu". Kalau hanya sekedar ingin mencoba bagaimana rasanya ubuntu, silahkan pilih "Try". Dan silahkan pilih "Instal" kalau sobat ingin memakainya.

5. Selanjutnya kita pilih "continue", biarkan semuanya dalam kondisi default. Pada bagian ini ubuntu meminta ruang kosong hardisk minimal 6.4GB dan komputer terhubung langsung dengan koneksi internet.

6. Masuk kebagian selanjutnya kita akan dihadapkan beberapa pilihan. Silahkan baca sedikit penjelasan yang saya berikan.     


Tipe instalasi
Tipe instalasi

Keterangan gambar :

  • Erase disk and Instal ubuntu - pilihan ini akan menghapus partisi yang ada didalam komputer dan langsung melakukan instalasi ubuntu
  • Encrypt the new ubuntu for installation for security - pilihan ini akan melakukan enkripsi semua file pada partisi ubuntu dengan password. Cukup berguna bagi sobat yang memiliki data-data yang sangat penting 
  • Use LVM with the new Ubuntu Installation - pilihan ini merupakan manajemen disk yang bisa menggabungkan beberapa partisi menjadi satu volume
  • Something else - pilihan ini untuk membuat partisi yang kita inginkan atau multiple partisi untuk ubuntu
  • Saya menganggap sobat menggunakan komputer baru yang memang belum ada datanya dan ingin mencoba linux. Maka pilihan yang paling tepat yaitu "Erase disk and Instal ubuntu". Namun bila komputer kita sudah memiliki data didalam hardisk, silahkan pilih "Something else".

7. Setelah memilih erase disk akan muncul peringatan bahwa pilihan tersebut akan menimpa partisi dan menghapus partisi yang ada. Lanjutkan dengan klik Continue

8. Kita akan dihadapkan dengan pilihan lokasi dimana kita tinggal. Untuk hal yang satu ini, dimanapun kita berada, pemilihan waktu adalah jakarta time.

9. Keyboard layout dibiarkan default yaitu English (US)

10. Who are you? dia bertanya sobat hehe. Silahkan masukkan User name atau Your name, masukkan password dan pilih Require my password to log in. Klik continue untuk melanjutkan

11. Kita akan menunggu proses dari instalasi ubuntu 14.04 ini. Waktunya cukup lama, tidak jauh berbeda mungkin dengan proses instalasi windows, sembari menunggu silahkan siapkan segelas kopi hangat agar tidak bosan jangan lupa sambil membaca buku hehe.

12. Setelah proses instalasi ubuntu 14.04 akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi linux ubuntu sudah selesai. Cukup klik "Restart Now" untuk menyelesaikan proses tersebut. 

13. Langkah terakhir cukup memasukkan password yang telah kita buat tadi dan linux ubuntu sobat siap digunakan. Kalau yang sudah biasa menggunakan sistem operasi ini, kemungkinan tidak asing dengan tampilan awal yang memang tidak terlalu banyak perubahan. 

Bagaimana sobat cukup mudah bukan? tetapi harap di ingat ya, langkah-langkah instalasi ini diterapkan pada komputer baru ya, bukan yang memiliki data didalamnya. Saya tidak bertanggung jawab akan hilangnya data ketika melakukan tutorial ini. Untuk pembagian partisi linux ubuntu sendiri akan saya coba sajikan di lain waktu. Harap maklum waktu yang cukup terbatas karena ada kesibukan lain di dunia nyata hehe..

Semoga tutorial "cara mudah instal ubuntu 14.04" ini bermanfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel