Cara Mengetahui Game Yang Bisa Dijalankan di PC

Kupaskomputer.com - Hei-hei para gamer maniak, pasti selalu menanyakan hal-hal sederhana seperti ini bukan?

  • Game A kira-kira bisa jalan gak ya?
  • Laptop saya kira-kira kuat gak ya mainin game B?
  • Berapa ya spesifikasi yang dibutuhkan buat jalanin game C?

Yup, kebanyakan orang yang menyukai game komputer selalu menanyakan hal-hal serupa. Ini dikarenakan mereka meragukan kemampuan komputernya. Mengingat game-game terkini memiliki grafis yang cukup tinggi dan ini membutuhkan spesifikasi komputer yang terbilang tidaklah murah. Dan saat ini kebanyakan dari mereka lebih memilih laptop dibanding komputer desktop, dengan alasan lebih simpel dan mudah untuk dibawa kemana saja. Padahal, secara kemampuan, komputer desktop seharga yang kurang lebih sama dengan laptop akan memiliki kinerja diatas laptop tersebut. 

Ok, ada baiknya sebelum kita memutuskan untuk membeli game-game yang kita sukai untuk mengeceknya terlebih dahulu spesifikasi komputer kita sudah termasuk bisa atau malah tidak bisa menjalankan game. Ini untuk meminimalisir kesalahan dalam pembelian game. 

Sekarang saya mau ambil contoh spesifikasi komputer dibawah ini akankah sanggup untuk menjalankan game Watch dog. Spesifikasi nya kurang lebih sebagai berikut :
  • Intel Core i3 3220 3.3Ghz
  • RAM 8 GB DDR3
  • VGA AMD Radeon HD 5770 1GB DDR5

Loh kok cuma 3 item? hardisknya gak ada? sabar sobat, untuk hardisk, saya menganggap hardisk saat ini standar kapasitasnya paling kecil 320gb. Cukup untuk menampung game-game kesayangan walaupun tidaklah terlalu banyak. Tetapi jangan mengharap lebih apabila hardisk kita tergolong kecil. Kenapa? karena rata-rata game terbaru membutuhkan space hardisk (ruang kosong) paling tidak sebesar 10GB. Silahkan difikirkan sendiri hehe...


Cara mengetahui game yang bisa dijalankan di PC atau Komputer


1. Silahkan sobat kunjungi situs game-debate atau cukup klik www.game-debate.com
2. Masuk ke halaman utama game debate, ketikkan game di kolom search agar pencarian gamenya lebih cepat. Disini saya ambil contoh game Watch dogs.

3. Akan muncul game yang kita cari. Silahkan pilih gamenya sesuai yang kita inginkan. Cukup klik game tersebut.

4. Setelah halaman game Watch dogs muncul, masuk kebagian menu CAN I RUN Watch Dogs. Disini ada pilihan laptop : yes/no. Pilih no karena kita menggunakan komputer desktop. Pilih yes, jikalau sobat ingin mengetahui game tersebut bisa jalan di laptop atau tidak. Masukan jenis prosesor dan juga jenis GPU yang kita gunakan. Dilanjutkan dengan klik Proceed. Lebih jelasnya lihat gambar


Memasukkan jenis Prosesor dan GPU
Memasukkan jenis Prosesor dan GPU
5. Langkah selanjutnya kita memasukkan kapasitas RAM komputer yang kita miliki, kemudian klik tombol Check Specs

6. Terakhir akan muncul hasil yang didapat. Apakah komputer kita bisa menjalankan game atau tidak. Kalau bisa ditandai dengan checklist kalau tidak ditandai dengan silang merah.


Hasil dari keseluruhannya.
Hasil dari keseluruhannya.

Bagaimana apakah komputer yang sobat pakai bisa menjalankan game-game kesayangan? atau malah mengharuskan kita upgrade atau mengganti total dengan yang baru?

Oh ya ada terkadang sebagian pengguna komputer tidak terlalu mengetahui persis spesifikasi lengkap komputernya. Tenang sobat, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dengan membaca artikel cara mudah mengetahui spesifikasi komputer.

Semoga artikel "Cara mengetahui game yang bisa dijalankan di PC" ini cukup membantu sobat dan bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran membangun sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel