Cara Mengatasi Masalah This Connection is Untrusted

Kupaskomputer.com - Ini berdasarkan pengalaman saya, kebetulan saya pernah mendapatkan tulisan "This connection is untrusted" dan ini terjadi ketika saya mencari artikel di google search pada web browser miliknya mozilla firefox. Saya lihat penanggalan pada komputer saya tidak ada masalah. Hmm... saya fikir masalah ini kemungkinan terjadi karena adanya bug pada browser mozilla. Cuma ya karena saya bukan pakar dibidang software jalan satu-satunya adalah menanyakan ke mbahnya, yaitu mbah google. 

Oh ya sebelum mendapatkan solusi dari mbah google, saya mencoba merubah penanggalan pada komputer, terus membuang mozilla dan mendownload versi terbarunya tetapi hasilnya sama, tetap mendapat tulisan cinta "This connection .....". Link yang saya dapat merupakan situs berbahasa inggris. Alhamdulilah dulu pernah kursus bahasa inggris, jadi saya kurang lebih "little little I can" lah haha.....

Beginilah halaman peringatan yang didapat ketika ingin membuka suatu halaman di mozilla firefox. Bukan satu situs saja, melainkan semua situs akan mendapatkan peringatan ini. Sangat mengganggu kenyamanan menjelajah dunia internet bukan?


This connection is untrusted
This connection is untrusted
Masalah ini sebenarnya terjadi di akibatkan kesalahan penanggalan dalam komputer. Misalnya penanggalan komputer adalah tahun 2013 sedangkan saat ini tahun 2015, disaat kita membuka halaman situs maka firefox akan memberikan peringatan "this connection is....", solusinya cukup mengatur waktu kita kembali yang benar.  Namun terkadang masalah ini bisa terjadi walaupun penanggalan komputer kita benar, seperti yang saya alami.


Langkah-langkah untuk mengatasi masalah "This connection is untrusted"

1. Buka web browser mozilla firefox seperti biasa. Pada bagian pojok kanan ditandai dengan garis berjejer, klik pada "open menu", kemudian pilih "open help menu". Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


Open menu
Open menu
2. Setelah klik open help menu, cari dan klik tulisan Troubleshooting information


Troubleshooting Information
Troubleshooting Information
3. Kemudian masuk kebagian menu Application Basics, cari yang namanya profile folder dan klik Show folder. Secara otomatis akan membuka file sistem 32 di komputer kita.


Menu Application Basics
Menu Application Basics
4. Setelah terbuka, langkah terakhir adalah menghapus file cert8.db. Saya sendiri kurang tahu fungsi dari cert8.db ini, namun dari beberapa info yang saya dapat, file ini untuk menentukan sertifikat untuk firefox.


Menghapus file cert8.db
Menghapus file cert8.db
5. Setelah mengikuti empat langkah tersebut, silahkan tutup browser sobat dan buka kembali. Ketikkan di google search, lihat apakah muncul kembali error tersebut? Inshaa Allah error tersebut tidak akan muncul kembali. Karena saya sendiri sudah mencobanya dan terbukti ampuh. Oh ya, saya iseng mencoba membuka kembali file cert8.db yang telah kita hapus ternyata muncul lagi.

Note :
Bila ternyata semua yang telah kita lakukan diatas tidak memberikan hasil dan tetap saja masalah tersebut muncul, mungkin dikarenakan faktor plug in yang mengganggu pada web browser kita. Saya menemukan masalah yang sama, namun tetap tidak bisa dihilangkan. Setelah saya selidiki lebih lanjut, masalah ini muncul karena faktor ekstension antivirus Avast. Akhirnya ketika antivirus tersebut saya hapus, masalah tersebut hilang. 

Semoga artikel "Cara mengatasi masalah This connection is untrusted" ini bisa bermanfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel