Cara Membuat Postingan Pada Blog

Kupaskomputer.com - Tahap demi tahap saya akan coba menyajikan artikel mengenai blogger. Mungkin bahasan kali ini lebih cocok bagi sobat yang baru pertama kali mengenal blogger hehe. Posting atau mulai membuat artikel?mungkin sobat pernah mendengarnya bukan?ya, daripada bikin status fb gak jelas bukan, lebih baik meluangkan waktu untuk membuat catatan khusus di blog pribadi dan lebih bermanfaat dibanding bikin status-status yang gak penting, maaf bagi para fesbukers lover hehe.


Langkah-langkah berikut ini untuk memulai postingan pada blog.

1. Masuk ke dashboard blog sobat. Klik pada bagian "Entri Baru" atau "New Entri" untuk memulai postingan terbaru. 

2. Disini kita akan dihadapkan oleh editor sederhana miliknya blogger. Silahkan lihat gambar berikut dan silahkan baca keterangannya untuk lebih jelasnya.



Editor sederhana blogger
Editor sederhana blogger

Keterangan :
  • Merupakan judul artikel yang akan kita buat, buatlah judul yang tidak terlalu panjang tetapi sudah cukup mewakili artikel
  • Undo dan Redo - sama fungsinya seperti milik office, undo untuk membatalkan perintah sedangkan redo untuk mengulangi perintah.
  • Disini adalah letak bahasan artikel. Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, ada baiknya sobat membuat artikel minimal 200 kata dan juga lebih baik memasukkan gambar didalamnya untuk membuat artikel lebih menarik
  • Logo F fungsinya untuk mengganti jenis font atau jenis tulisan, sedangkan logo tT fungsinya untuk mengatur ukuran font, dan yang ada dalam box sendiri untuk mengatur tulisan kita pada posisi "Heading, subheading, minor heading dan normal".
  • Saya yakin sobat yang sering menggunakan office paham akan fungsi ini. B berfungsi untuk membuat tulisan menjadi hitam tebal, I berfungsi membuat tulisan miring, sedangkan U fungsinya sendiri untuk menambahkan garis bawah pada tulisan. ABC berfungsi untuk menambah garis ditengah font. A dengan garis tebal dibawahnya berfungsi untuk mengubah warna font. Dan yang terakhir berfungsi menambahkan warna dibelakang tulisan, contoh : Penerapan
  • Ada 4 bagian disini. Yang pertama (link) fungsinya untuk menambahkan alamat web seperti sumber tulisan kita. Insert Image berfungsi untuk memasukkan gambar pada artikel. Insert Video berfungsi untuk memasukkan video. Insert Jump Break fungsinya sendiri untuk memisahkan artikel pada blog
  • Alignment fungsinya mengatur perataan tulisan artikel, ada empat pengaturan yaitu Align lef (rata kiri), align center (rata tengah), align right (rata kanan) dan Justify (rata kanan dan kiri). Numbered list fungsinya untuk penomoran. Dan terakhir Bullet list yang fungsinya untuk memasukkan list berupa tanda bulat hitam.
  • Quote (tanda koma 2 dibawah) fungsinya untuk menambahkan tulisan yang berada dalam box. Remove formatting fungsinya untuk membuang artikel yang telah diberikan format tertentu. Check spelling fungsinya untuk memeriksa kata.
  • Publikasikan fungsinya untuk mempublish artikel yang telah kita buat. Simpan berfungsi untuk menyimpan artikel apabila kita belum ingin mempublishnya. Pratinjau untuk meninjau terlebih dahulu sebelum memposting. Tutup berfungsi menutup editor blogger apabila telah selesai.
  • Pada setelan Entri ada enam bagian.
  • Label berfungsi mengelompokkan artikel berdasarkan kategori, contoh kategori komputer diisi dengan komputer, kategori handphone diisi dengan handphone dan seterusnya. 
  • Jadwal dibiarkan saja otomatis
  • Tautan permanen fungsinya untuk melihat alamat URL artikel kita. Lagi-lagi saran dari para master blog jangan sampai alamat terpotong. Contoh :  https://kupaskomputer/2015/03/mengatasi-masalah-insert-boot-media.html atau kita bisa memilih opsi "Tautan Permanen Khsusus" apabila kita ingin membuat URL yang baik. https://kupaskomputer/2015/03/mengatasi-masalah-insert-boot-media-device.html
  • Lokasi dibiarkan saja otomatis
  • Deskripsi penelusuran fungsinya untuk memaksimalkan mesin pencari. Silahkan sobat masukkan deskripsi singkat mengenai artikel terkait dan sebisa mungkin isinya menggambarkan artikel sobat.

3. Kalau sudah yakin semuanya benar, silahkan Klik "Publikasikan" atau "Pratinjau" terlebih dahulu sebelu memposting. Ingat artikel yang telah kita buat ternyata tidak boleh dihapus secara sembarangan.

Bagaimana sobat tidak terlalu sulit bukan? yap, membuat artikel pada blog pada dasarnya cukup mudah. Namun ketika kita dihadapkan akan isi artikel yang berkualitas, ini yang sedikit lebih sulit. Seperti halnya saya yang masih tahap belajar akan sangat kesulitan untuk membuat artikel yang berkualitas. Oh ya ini beberapa saran dari para master blogger yang sering saya baca :


  • Buatlah artikel bukan hasil dari copy pasti, boleh dari hasil menulis ulang asal diberikan link sumber tulisan
  • Buatlah judul artikel yang paling banyak dicari orang di google search.
  • Khusus tautan permanen, sebisa mungkin alamat blog jangan sampai terpotong ambil contoh judul "cara membuat postingan pada blog", alamat URL yang baik adalah https://kupaskomputer.com/2015/03/cara-membuat-postingan-pada-blog.html, yang kurang baik adalah https://kupaskomputer.com/2015/03/cara-membuat-postingan-pad.html, ini dikarenakan judul terlalu panjang, silahkan buat tautan khusus untuk menambahkan judul yang terpotong


Semoga "cara membuat postingan pada blog" ini bisa bermanfaat dan membantu blogger pemula untuk memulai membuat postingan. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel