Mengganti hardisk lenovo Ideapad Z370

Kupaskomputer.com - Rasanya sudah lama saya tidak share tentang bongkar membongkar hehe. Kebetulan saya mendapati pasien yang setelah di cek hardisknya rusak dan tidak bisa digunakan lagi (baca : penyebab kerusakan hardisk). Pasien kali ini merupakan produknya lenovo, biar kata produk cina, tapi produk lenovo ini cukup bersaing dengan produk yang lainnya. Dan secara kualitas pun cukup baik, hanya saja kebanyakan orang lebih memilih produk yang sudah terkenal namanya. Dan sedikit menganggap remeh produk yang jarang dipakainya.

Lenovo Ideapad Z370
Lenovo Ideapad Z370
Ok saya bukan mau menjelaskan bagaimana kelebihan maupun kekurangan brand Lenovo, khususnya Lenovo Idepad Z370, disini saya akan memberikan langkah-langkah mudah dalam mengganti hardisk lenovo ideapad Z370. Walaupun awalnya saya sedikit kesulitan membukanya. Harap maklum, membongkar laptop kalau tidak berhati-hati, maka kesalahan kecil saja membuat kerusakan bertambah. Silahkan ikuti caranya dan satu lagi, hati-hati dalam melakukan bongkar pasang pada laptop.


Berikut langkah mengganti hardisk lenovo Ideapad Z370

1. Persiapkan terlebih dahulu pikiran yang tenang dan tubuh yang sehat, jangan lupa minum susu, loh jadi ngelantur hehe. Maksud saya jangan lupa siapkan alat-alat untuk membongkar laptop seperti obeng plus ukuran kecil (sesuaikan saja dengan bautnya) dan juga obeng minus. Biar jelas lihat gambar dibawah ini.


Alat yang perlu dipersiapkan
Alat yang perlu dipersiapkan
2. Selalu saya ingatkan untuk membuka baterai laptop terlebih dahulu. Caranya pun cukup mudah yaitu cukup mendorong kekiri pengunci sebelah kiri, dan mendorong kekanan pengunci sebelah kanan sembari mendorong baterai keluar untuk melepaskannya.


Membuka baterai laptop
Membuka baterai laptop
3. Hardisk lenovo Idepad z370 ini berada di belakang laptop dan di penutup belakang sendiri memiliki enam baut yang harus dilepas. Lebih jelasnya silahkan sobat melihat gambar dibawah ini (bautnya ditandai dengan warna merah)


Melepaskan baut pengunci bodi belakang
Melepaskan baut pengunci bodi belakang
4. Setelah keenam baut dibuka semua, sekarang kita membukanya dengan menarik penutupnya keatas secara hati-hati. Jangan kuat-kuat ya sob, secara perlahan, kalau dipaksa maka akan merusak cover laptop.


Melepaskan penutup bodi belakang
Melepaskan penutup bodi belakang
5. Dibalik penutup laptop ini, kita bisa melihat beberapa komponen seperti pendingin prosesor, ram dan juga hardisknya. Dari sini selain hardisk, RAM pun bisa kita ganti. Khusus untuk hardisk, baut pengunci hardisk sendiri cuma ada dua. Silahkan dibuka baut pengunci tersebut


Melepaskan dua baut pengunci hardisk
Melepaskan dua baut pengunci hardisk
6. Ternyata setelah membuka kedua baut tersebut hardisk tidak bisa langsung dilepas. Kita harus melepas terlebih dahulu kabel konektor sata yang menempel di mainboard. Caranya cukup lepaskan dahulu kabelnya, dan dengan bantuan obeng minus, angkat pengunci satanya keatas. Hati-hati ya sobat jangan sampai terlalu kuat.


Melepaskan kabel konektor
Melepaskan kabel konektor
Melepaskan konektor sata di mainboard
Melepaskan konektor sata di mainboard
7. Lagi-lagi hardisk tidak mau diangkat keatas. Tetapi ternyata ada trik supaya hardisk ini bisa dikeluarkan. Yup, obeng minus disini sangat berperan penting. Masukkan obeng tersebut kesela lubang di hardisk sebelah kanan, tekan keatas secara hati-hati. Kalau sudah terbuka cukup ditarik menggunakan jari.


Melepaskan hardisk dengan bantuan obeng minus
Melepaskan hardisk dengan bantuan obeng minus
8. Langkah terakhir mendorong konektor sata dan power yang masih menempel di hardisk. Cukup tarik kekanan dan kekiri untuk melepasnya. Dan laptop sobat siap dipasangkan dengan hardisk yang baru.


Melepaskan konektor sata & power sata di hardisk
Melepaskan konektor sata & power sata di hardisk
Bagaimana sobat tidak terlalu sulit bukan? tetapi tetap selalu berhati-hati ya dalam melakukan pekerjaan. Semoga artikel "Mengganti hardisk lenovo ideapad Z370" ini bisa bermanfaat bagi sobat defaris. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel