Super Graphic GT 630 1GB DDR3 Review

Kupaskomputer.com - Kali ini saya akan mencoba mereview secara singkat mengenai vga dari super graphic. Namanya sendiri saya baru dengar di dunia komputer. Hmm.. mungkin sobat ada yang tahu ini vga asal usulnya darimana?ok deh saya tak akan membahas asal usulnya. Vga ini harga dipasaran kurang lebih 700 ribu tergantung dari toko yang menjual. Menggunakan GPU dari nvidia GT 630 1GB DDR3 128bit. Tetapi ada suatu ganjalan yang sampai saat ini pun belum terjawab karena waktu yang tidak terlalu banyak untuk mencari solusinya. Sementara saya uji coba dengan hasil yang ada. Penasaran?silahkan baca artikel ini sampai habis.


SG GT 630 1GB DDR3
SG GT 630 1GB DDR3
Spesifikasi lengkap komputer untuk melakukan uji coba pada vga ini.
  • Intel Core i3 4160 3.6Ghz
  • RAM 8GB Dual Channel
  • VGA Super Graphic GT 630 1GB DDR3
  • Driver Forceware 331.65 dan juga driver dari CD yaitu forceware 301
  • Windows 7 Ultimate 64bit SP1
  • Resolusi Monitor 1366 x 768

Sekarang kita lihat terlebih dahulu spesifikasi hasil GPU-z.

Hasil GPU-z
Hasil GPU-z
Dari hasil Windows Experience Index kita bisa sedikit mendapatkan gambaran akan kemampuan vga ini. Yang saya merasa aneh bahwa vga super graphic ini ternyata tidak terdeteksi ketika saya menggunakan driver terbaru dari nvidia. Padahal normalnya vga gt 630 inipun harusnya kompatibel dengan driver terbaru. Akhirnya saya mengganti dengan seri driver dibawahnya alhasil vga terdeteksi dengan baik. Tetapi masalah lain pun muncul, khusus vga ini hasil WEI nya sangat mengecewakan, mengingat GT 630 yang pernah saya coba jarak nilainya terlalu jauh. Dan ketika saya mengganti dengan driver asli dari vga tersebut, ada peningkatan performa, walaupun hasilnya tidak begitu memuaskan. Hmm... dari sini saya mulai ragu akan kemampuan vga ini.

Oh ya sampai lupa hehe. Game-game yang saya uji cobakan kali ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yaitu Pro Evolution Soccer 2015, Call of duty Advance warfare, Medal of honor, FarCry 4, Need For Speed Most Wanted 2, dan Crysis 3. 

1. Pro Evolution Soccer 2015
Siapapun itu baik gamer kelas entry sampai gamer kelas berat pun rata-rata menyukai game sepakbola. Dan inipun menjadikan standar testing saya untuk melihat kemampuan vga. Bisa dilihat dari hasil analisa pes bahwa vga ini sangat baik dan harusnya sangat bisa menjalankan game tersebut. Namun ternyata dugaan saya salah. Entah kenapa vga ini berjalan tidak maksimal, fps yang ditunjukkan mengalami ketidak stabilan, naik turun nilainya. Game terkadang mulus, terkadang tiba-tiba lag cukup parah. Hmm....

2. Medal Of Honor Warfighter
Dengan keraguan dari hasil game pes tadi, saya coba untuk mengatur game ini ke settingan terendah. Setelah saya jalankan, fps drop sangat jauh dari yang saya harapkan. Seperti terlihat digambar, angka fraps menunjukkan angka 8. Sungguh aneh memang, secara gpu seharusnya tidak terlalu jauh berbeda hasilnya dengan merk lain. Disini saya semakin dibuat bingung. Dan saya coba jalankan game ini, ternyata game mengalami lag cukup parah, awal dimulai game sempat mengalami hang hanya beberapa menit. Dan bisa dilanjutkan walaupun hasilnya patah-patah alias tidak mulus 

3. Call of duty Advance Warfare
Game ini malah tidak jalan sama sekali. Suatu hal  yang cukup mengejutkan. Lagi-lagi saya dibuat bingung oleh vga satu ini, dan saya juga mencoba mengganti driver karena penasaran. Tetapi hasilnya nihil, sama seperti driver sebelumnya. 

4. Crysis 3
Game satu ini membutuhkan GPU yang sudah support directx 11. Kalau tidak maka game akan menolak untuk dimainkan dengan muncul peringatan. Saya coba untuk menjalankannya, tetapi saya mendapatkan kejutan lagi dari vga ini, game menolak dimainkan. Peringatannya pun menunjukkan bahwa vga ini tidak support directx 11. What the....? Kok bisa? padahal berdasarkan hasil GPU-z vga ini support directx 11? dan setahu saya vga nvidia yang masih berbasis directx 10 adalah seri GT 200. Apakah ini merupakan salah satunya? hmm... 

5. FarCry 4
Tidak menyerah dengan hasil yang didapat, sayapun mencoba menjalankan game farcry 4. Hasilnya? sama seperti halnya call of duty. Vga ini pun tidak bisa menjalankan game farcry ini. Sampai disini saya bingung harus ngomong apa lagi. 

6. Need For Speed Most Wanted 2
Game racing ini harusnya bisa berjalan sempurna kalau dilihat dari tipe gpu yang dipakai oleh vga ini. Awal mulai game tidak terjadi apa-apa, tetapi setelah intro ternyata game NFS Most wanted ini pun memunculkan pesan error. Hmm... bukan satu atau dua game saja, melainkan empat game yang tidak bisa dijalankan. Sangat mengecewakan. 

Dari seluruh pengujian, hanya dua game yang bisa dijalankan. Itupun hasilnya tidak maksimal. Bahkan cukup jauh hasilnya bila dibandingkan dari merk lain. Suatu hal yang aneh memang, tetapi saya sendiri belum bisa menyimpulkan apakah vga ini bukan seri gt 630 atau memang iya. Karena seharusnya seri gt ini sudah mendukung directx 11, tetapi kenyataannya game yang sudah support directx 11 tidak jalan sama sekali. 

Saran saya untuk sobat yang ingin membeli vga ini ada baiknya untuk mencoba seluruh game terbaru. Apakah berjalan maksimal atau tidak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian dengan mengklaim segera jikalau menemukan masalah. Semoga artikel Super Graphic GT 630 1GB DDR3 Review ini bermanfaat bagi sobat defaris. Ktirik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel