Sistem Operasi Windows Dari Generasi ke Generasi

Tampilan Windows 8
Tampilan Windows 8
Kupaskomputer.com - Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan besar yang didirikan oleh Bill Gates? Ya Microsoft Corp. Yang akan saya bahas adalah Sistem Operasi bernama Windows. Saya yakin hampir semuanya menggunakan sistem operasi windows buatan microsoft ini. Kenapa?yang jelas mudah digunakan dan dukungan aplikasi yang begitu luas sehingga memudahkan penggunanya untuk memilih aplikasi yang sesuai.

Ok sobat, yang akan saya bahas adalah sistem operasi windows dari generasi ke generasi secara singkat dan cukup untuk menambah wawasan kita.

1. Windows 1.0

Rilis pada tanggal 20 November 1985. Wah saya mah masih berumur 1 tahun lebih sedikit, ada yang pernah menggunakannya?kalau saya pribadi belum hehe. Versi awal sistem ini ternyata banyak kekurangan dalam hal fungsionalitas. Untuk tampilannya sendiri sangat sederhana. Awalnya Windows 1.0 mau di beri nama Interface Manager, namun waktu itu Rowland Hanson bagian pemasaran meyakinkan para petinggi microsoft, bahwa nama Windows akan memikat konsumen.

2. Windows 2.x

Rilis pada tanggal 9 Desember 1987. Pengembangannya memakan waktu 2 tahun ya sobat. Dan sedikit lebih populer dibandingkan versi sebelumnya, ya namanya versi terbaru. Kemudian berkembang lagi menjadi 2.1x. Untuk masalah tampilannya pun tidak berbeda jauh dengan pendahulunya.

3. Windows 3.0

Rilis pada tahun 1990. Versi ini ternyata membawa kesuksesan yang sangat signifikan buat Microsoft. Sistem ini menawarkan peningkatan kemampuan pada Aplikasi Windows, juga mengizinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Ms. Dos secara serentak (multitasking). Kemudian munculnya Dualisme yaitu Windows 3.1 ditargetkan untuk pasar rumahan sedangkan Windows NT untuk korporat.

4. Windows 95

Rilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Setelah Windows 3.1 kemudian berkembang menjadi Windows 95 dengan nama kode Chicago. Didesain agar memiliki dukungan terhadap multi tasking yang lebih baik. Sebelum mengganti dengan Sistem Operasi baru, windows 95 dikeluarkan dengan berbagai versi yaitu Windows 95A, Windows 95 B, Windows 95 B USB (dengan dukungan perangkat input USB) dan Windows 95 C.

5. Windows 98

Rilis pada tanggal 25 Juni 1998. Windows 98 ini lebih stabil dan dapat di andalkan dibanding versi sebelumnya. Dengan dukungan terhadap driver terbaru dan dukungan sistem berkas FAT 32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi dengan kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte (batasan ini ada pada windows 95). Saya sih pernah menggunakannya, pada waktu itu terlihat bagus sekali, maklum baru pertama kali lihat komputer hehe, tapi kalau sekarang jangan ditanya. Sudah pasti sistem ini kelihatan klasik.

6. Windows ME

Rilis pada bulan september 2000. Windows ME atau Millenium Edition memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan internet yang lebih baik. Sistem ini juga memiliki sebuah fitur baru yaitu System Restore yang fungsinya sendiri mengembalikan keadaan sistem ke titik awal sebelum mengalami kegagalan sistem. Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker pertama kalinya.

7. Windows XP

Rilis pada awal tahun 2001. Siapa yang tidak kenal dengan Windows XP?sampai saat ini masih banyak yang bertahan menggunakannya. Alasannya sederhana, tampilan yang cukup baik dan jelasnya lebih ringan dibanding versi-versi penerusnya. Windows XP sendiri tersedia dalam berbagai versi. InsyaAllah lain waktu saya akan menjabarkannya.

8. Windows Vista

Rilis pada tanggal 30 November 2006. Setelah kesuksesan Windows XP, microsoft tidak berhenti-hentinya mengembangkan windows. Versi terbaru selanjut disebut dengan Vista. Versi ini memiliki fitur baru yaitu UAC (User Account Control), Windows Aero GUI, aplikasi terbaru (windows calender,Windows DVD Maker, dan beberapa game), Internet Explorer yang lebih aman dan juga Windows Media Player 11. Dahulu saya kagum sekali dengan versi Vista, kenapa tidak, selain fitur UAC, tampilan vista ini jauh lebih enak dilihat. Kalau saya bilang waktu itu "WAH KEREN". Tapi ternyata banyak yang mengeluh dengan lambannya sistem ini bekerja, boleh dibilang cukup berat untuk menjalankannya.

9. Windows 7

Rilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 merupakan versi lanjut dari vista. Versi yang lebih baik menurut saya. Kalau saya bilang perpaduan Windows XP dan Windows Vista maka lahirlah windows 7. Sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakannya walau telah ada generasi penerusnya.

10. Windows 8

Rilis pada tanggal 13 September 2011. Versi baru windows ini sangat berbeda dengan pendahulunya, seperti hilangnya Startmenu, fitur Aeronya tidak seperti Windows Vista dan 7, dan yang jelas tampilan yang cukup berbeda. Kalau saya pribadi menilai tampilan windows 8 ini mirip dengan Android.

11. Windows 8.1

Rilis pada tanggal 26 Juni 2013. Versi lanjutan dari windows 8 ini diberi nama Windows 8.1 atau dengan nama lain Blue. Saya pribadi lebih menyukai versi blue ini. Alasannya pengaturan ikon di start menu lebih baik, kemudian booting yang lebih cepat, dan beberapa aplikasi metro terbaru. Kalau saya sendiri tidak salah, windows 8.1 merupakan penyempurnaan dari sistem operasi Windows 8 awal yang memang terkesan buru-buru dan masih banyak kekurangan yang cukup terasa.

12. Windows 10

Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014. Kemungkinan rilisnya pada akhir tahun 2015. Kalau saya lihat sekilas tampilan windows 10 ini tidak berbeda dengan pendahulunya, tetapi startmenu kembali lagi. Mungkin banyak pengguna windows mengeluh dengan hilangnya startmenu di windows versi 8 makanya di munculkan kembali oleh microsoft. Saya belum pernah menggunakannya, mau download gak kuat hihi...

Semoga artikel ini cukup bermanfaat bagi sobat dan saya juga mohon maaf karena masih banyak kekurangan. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Operasi Windows Dari Generasi ke Generasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel