Penyebab Kerusakan Pada Hard Disk

Penyebab Kerusakan Pada Hard Disk


Kupaskomputer.com - Bahasan kali ini akan mengupas penyebab kerusakan pada hardisk. Perangkat keras satu ini memegang peran sangat penting pada komputer. Kenapa? karena disinilah tempatnya sistem operasi dipasang dan juga hardisk merupakan tempat penyimpanan data-data kerja kita, data multimedia maupun data lainnya.

Bisa dibayangkan bila komputer tidak memiliki hardisk? atau memiliki hardisk yang sudah terisi penuh dengan data, tiba-tiba hardisk tersebut mengalami kerusakan?

Silahkan disimak baik-baik karena kalau kita menjaganya, InsyaAllah hardisk kita akan awet begitupun juga data-data yang ada di dalamnya. Inilah beberapa penyebab yang secara tidak langsung merusak hardisk komputer kita.


Komputer dimatikan tanpa prosedur yang benar

Hmm... pernah kejadian seperti ini? mematikan komputer langsung tanpa melalui proses "Shutdown"? atau karena faktor pemadaman listrik secara tiba-tiba. Kalau faktor pemadaman listrik ada baiknya menggunakan UPS (uninterruptible power supply), supaya komputer kita tidak sering kena efek dari dampak pemadaman listrik. Atau juga kita sering langsung mencabut stop kontak? itu juga tidak baik. Sama seperti halnya pemadaman listrik.
Kok bisa ya efek langsung mati memberikan dampak buruk terhadap hardisk?
Hardisk yang sedang digunakan akan berputar 7200 kali/menitnya atau 5400 kali/ menitnya (hdd pada netbook), terus tiba-tiba kita mematikan tanpa prosedur?maka akan membuat goresan pada kepingan hardisk. Semakin sering akan menimbulkan bad. Logikanya ketika kita mengendarai motor dengan kecepatan tinggi tiba-tiba melakukan rem mendadak, apa yang terjadi? tak perlu saya jelaskan, sudah pasti anda tahu.
Ya begitulah hardisk komputer, sangat sensitif walaupun sebagian ada hardisk yang cukup bandel tetapi ada baiknya kita merawatnya bukan?


Power supply unit yang tidak bermutu?

UPS (Uninteruptable Power Supply)
UPS (Uninteruptable Power Supply)

PSU atau power supply unit merupakan perangkat keras (hardware) yang bertugas menyediakan arus yang dibutuhkan oleh seluruh perangkat yang ada di dalam CPU. Perangkat yang satu ini seringkali kita sepelekan. Banyak sebagian orang lebih mementingkan kemampuan CPU atau prosesor yang tinggi tetapi mengabaikan PSU yang berkualitas. Ingat! peranan psu disini menyediakan arus listrik, kalau arusnya tidak baik secara tidak langsung akan memberikan efek jelek pada perangkat lain.

Memang terkadang efeknya tidak langsung, tetapi bisa mematikan secara perlahan. Nah loh? mau hardisknya tiba-tiba bad sector atau tidak terdeteksi? atau tiba-tiba kartu grafis/vga kita mengalami artifak? Bahkan ada suatu kejadian dimana power supplynya mengalami kerusakan namun ternyata juga membuat kerusakan pada perangkat lain seperti mainboard, hardisk, dan vga. Hanya prosesor dan ram saja yang tidak rusak. 


Terlalu sering melakukan Defragment


Waktu itu pernah saya membahas mengenai defragment pada hardisk. Kegiatan ini memang harusnya dilakukan secara terjadwal, tetapi ingat jangan setiap hari atau bahkan setiap jam. Kenapa? berdasarkan sumber yang pernah saya baca, defragment yang terlalu sering akan mengakibatkan pendeknya umur hardisk. Lebih baik berkala, 1 bulan 1x, tergantung dari seberapa seringnya kita menggunakan komputer

Namun kalau saya pribadi lebih menganjurkan melakukan defragment hardisk 3 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah pendeknya umur hardisk namun kita tepa menjaga kinerja hardisk agar tetap sempurna.

Definisi :

  • UPS atau Uninsteruptable Power Supply merupakan perangkat yang fungsinya menyimpan arus listrik untuk jangka waktu tertentu (2-3 jam) dan memberikan waktu kepada pengguna komputer mematikan komputer sesusai prosedur
  • Shutdown adalah suatu proses mematikan komputer
  • CPU atau Central processing unit merupakan tempat pengolahan data. Sering juga disebut sebagai otak komputer
  • Defragment merupakan proses menyusun kembali file-file yang telah diperbarui maupun yang telah dihapus. 


Bagaimana? apakah kita masih sering mengabaikannya? mulailah dari sekarang untuk merawat perangkat komputer kita. Apapun itu sangat penting melakukan perawatan. Jangan sampai kita menjadi orang yang menyia-nyiakan rejeki yang Allah berikan kepada kita.

Semoga artikel penyebab kerusakan pada Hard Disk ini bisa memberikan pencerahan bagi sobat. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Penyebab Kerusakan Pada Hard Disk"