Mudahnya membersihkan layar LCD komputer

Kupaskomputer.com - Pernah melihat layar monitor komputer super kotor? atau juga layar monitor laptop yang super dekil? kalau iya berarti yang punya kurang perhatian hehe. Padahal, layar komputer merupakan salah satu unsur untuk menikmati apa yang disajikan komputer, kalau kotor akan mengganggu pemandangan bukan?

Ok saya rasa ini sederhana ya, karena sebagian sudah ada yang mengerti menggunakannya. Tetapi kenyataan salah satu teman saya pernah salah dalam penerapannya. Teman saya langsung menyemprotkan cairan pembersih ke layar, nah ini adalah salah satu kesalahan dalam penerapan.

Untuk membersihakan layar monitor berjenis LCD, saya biasanya menggunakan cairan khsuss. Namanya LCD Cleaner, harganya pun tergolong murah, berkisar 10-15 ribu rupiah tergantung yang menjualnya. Sebelum melakukan pembersihan layar, saya menyarankan sobat untuk menyiapkan alatnya terlebih dahulu. Yang pertama adalah LCD Cleaner dan kedua adalah kuas halus ukuran sedang.


Berikut langkah mudah dalam membersihkan layar monitor lcd

1. Perhatikan Laptop dibawah ini, bisa terlihat kondisi layar monitor dan area keyboard maupun body yang super duper kotor. Terlihat tidak mengasyikan bukan? dan juga ini menunjukkan penggunanya tidak merawat dengan baik.

Contoh laptop dekil bukan the kill ya
Contoh laptop dekil bukan the kill ya 
2. Alat yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Siapkan LCD Cleaner dan juga kuas halus ukuran besar atau sedang, oh ya kalau sobat kehilangan kain pembersih yang telah disediakan oleh lcd cleaner, sebagai penggantinya adalah kain untuk membersihkan kacamata, atau juga kain yang bahan dasarnya halus.


Peralatan yang dibutuhkan
Peralatan yang dibutuhkan
3. Langkah pertama adalah membersihkan debu di area keyboard dengan kuas secara lembut, bisa juga di pinggir monitor. Termasuk sela-sela tombol pada bagian body untuk menghilangkan debu yang menempel.


Penggunaan kuas untuk membersihkan debu pada keyboad
Penggunaan kuas untuk membersihkan debu pada keyboad
4. Langkah selanjutnya adalah membersihkan layar lcd laptop/komputer menggunakan lcd cleaner. Semprotkan terlebih dahulu ke kain secukupnya (lihat gambar dibawah). Kemudian usap kain yang telah di semprot tadi secara merata dengan menekannya secara lembut jangan terlalu kuat karena akan merusak layar, kalau memang masih meninggalkan bekas, semprotkan kembali cairan tersebut.  Kemudian keringkan dengan mengusap area yang masih basah tadi dengan kain yang kering.


Membersihkan layar dengan LCD Cleaner
Membersihkan layar dengan LCD Cleaner
5. Sekarang coba perhatikan hasilnya (lihat gambar dibawah), bagaimana jauh lebih baik daripada sebelumnya bukan? bahkan laptop nya siap dijual lagi loh hehe.


Kondisi laptop setelah dibersihkan
Kondisi laptop setelah dibersihkan
Pekerjaan yang terbilang sangat mudah, namun biasanya malas dilakukan. Alasannya pun beragam, yang sibuk kerja dan lain-lain. Padahal kenyataannya orang yang sibuk kerja pun masih sempat menulis status di facebook hehe. Oh ya untuk pembersihan layar lcd ini juga berlaku untuk komputer desktop.

Jadi saran saya, luangkanlah waktu sedikit saja untuk merawat komputer. Bagaimanapun juga, semua itu adalah barang titipan loh, dijaga dan dirawat ya sob. Semoga tips membersihkan layar LCD komputer ini bermanfaat bagi sobat kupaskomputer.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel