Mengenal Google Drive

Logo Google Drive
Logo Google Drive
Kupaskomputer.com - Pernah dengar google drive? kalau belum, saya jelaskan dahulu drive yang ada di dalam komputer. Kalau drive yang ada dikomputer saya yakin sobat pada tahu ya? atau mungkin belum? lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Yang dilingkari adalah drive di dalam komputer
Yang dilingkari adalah drive di dalam komputer 

Pada gambar tersebut ada tiga drive yaitu drive C, drive D dan drive E. Drive sendiri merupakan suatu alat penyimpanan. Ambil contoh harddisk drive berarti penyimpanan dalam bentuk harddisk. Kemudian ada lagi CD Drive yang berarti penyimpanan dalam bentuk CD. Ada juga removable drive yaitu penyimpanan yang bisa dilepas pasang seperti flashdisk atau harddisk eksternal. Sampai disini jelas ya sobat? kalau belum coba deh baca selengkapnya.

Terus kenapa di harddisk ada banyak drive?

Berdasarkan pengalaman saya, umumnya komputer build up atau laptop dengan windows orisinil memiliki satu drive pada harddisk yaitu drive C. Tetapi beda dengan komputer rakitan, biasanya minimal terdiri dari 2 drive (drive C dan drive D). Menurut saya fungsi membagi drive layaknya kita membagi isi lemari kita, contoh kotak 1 untuk baju A dan kotak 2 untuk baju b dan selanjutnya. Kelebihannya apa? lebih mudah untuk merapikan baju dan juga tidak bercampur aduk satu sama lain. Jadi intinya dengan membagi drive kita, maka akan memudahkan kita mengatur data yang ada di komputer.

Apa hubugannya drive komputer dengan google drive?

Dari penjelasan tadi mungkin sobat sudah bisa menangkap fungsi dari google drive. Ya, google drive adalah layanan penyimpanan yang di miliki google. Google drive sendiri diluncurkan pada akhir april 2012. Dengan google drive kita bisa menyimpan file secara gratis dengan kapasitas maksimal 15GB, lebih dari itu akan dikenakan biaya tambahan. Kita bisa mengakses file yang kita simpan di google drive tersebut kapanpun dimanapun kita berada melalui komputer, laptop ataupun smartphone.

Adakah penyimpanan lain seperti google drive?

Cukup banyak layanan serupa yang ditawarkan. Seperti dropbox, mediafire, sky drive, dan lainnya. Tetapi tidak banyak yang memberikan kapasitas ruang yang besar seperti halnya google drive. Dan beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh google drive.

Kelebihan dan fitur dari google drive?

Saya akan memberikan gambaran singkat mengenai kelebihan dan fitur yang ada di google drive. Untuk lebih jelasnya dilain waktu saya akan membahas selengkapnya mengenai google drive ini. 

  1. Kapasitas penyimpanan yang besar yaitu 15GB
  2. Akses file disaat offline
  3. Mengedit dan membuat dokumen secara bersama 
  4. Berbagi file, folder dan seluruh isi drive
  5. menggunakan fitur pencari google
  6. Terintegrasi dengan layanan google yang lainnya


Bagaimana? tertarik untuk mencoba?
Syarat utama hanyalah memiliki email dari google dan akses internet (kalau gak ada akses ya gak bisa upload file hehe)
Semoga artikel "mengenal google drive" ini bisa memberikan sedikit gambaran dari fungsi dan kelebihan google drive itu sendiri. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Google Drive"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel