Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Blank Hitam

Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Blank Hitam
Kupaskomputer.com - Salam hangat sobat defaris, hari ini saya akan share beberapa kasus pada komputer atau laptop yang blank hitam alias tidak menampilkan apa-apa. Mungkin sobat disini pernah mengalaminya.

Tenang… Jangan panik, saya akan berikan tips untuk mengatasi hal tersebut. Tetapi bila tips ini tidak berhasil coba sobat ganti ram lain, kalau ternyata bisa itu tandanya ram sobat minta ganti baru.


Beberapa hal yang menyebabkan komputer kita blank hitam


  1. Bisa dikarenakan RAM yang bermasalah (kebanyakan kasus karena ini)
  2. Bisa juga karena VGA Card ataupun onboard yang memang rusak akibat panas
  3. Bisa juga karena prosesor komputer kita yang rusak, untuk kasus ini memang jarang sekali terjadi, walaupun tidak menutup kemungkinan prosesor pun menjadi penyebabnya


Nah yang akan dibahas adalah kasus pertama. Faktor RAM error atau jangan-jangan cuma kotor pada bagian kaki-kaki ram pada area kuningannya, makanya ada baiknya dicoba terlebih dahulu sebelum menganggap bahwa kerusakan pada yang lain.

Membersihkan kuningan ram 

1. Persiapkan alat-alat terlebih dahulu seperti obeng plus untuk membuka penutup kesing komputer dan satu lagi PENGHAPUS, ya penghapus, fungsinya sendiri akan kita jelaskan di akhir artikel. Jangan lupa juga untuk menghilangkan listrik statis pada tubuh kita. ( baca : mengenal listrik statis)

2. Matikan terlebih dahulu komputernya dan cabut kabel-kabel yang terhubung dibelakang CPU, kalau laptop jangan lupa lepas terlebih dahulu baterainya. Ini untuk menghidari adanya aliran listrik pada komputer atau pun laptop.

3. Lepas memorinya dengan menekan pengunci memori bagian kanan dan kiri kebawah secara bersamaan. Kalau untuk lapto sendiri biasanya mendorong pengunci ke kiri dan kekanan. (lihat gambar untuk lebih jelasnya)


Melepas RAM komputer
Melepas RAM komputer

4. Sekarang ambil penghapus kemudian hapus dibagian pin atau kaki-kaki memori secara merata dengan penghapus, fungsinya untuk menghilangkan kotoran pada bagian pin, tips ini juga berlaku untuk kartu grafis. Kalau sudah coba pasang kembali RAM nya. Dan hidupkan komputer dengan membaca bismillah dan tara ternyata komputer bisa tampil kembali, lanjut menyanyi "Senangnya hati ku komputer hidup kembali".


Gosok penghapus pada area pin
Gosok penghapus pada area pin


Apakah dengan cara ini bisa mengatasi masalah blank pada komputer?

Tidak semuanya, ada juga yang berhasil atau malah harus mengganti RAM baru. Intinya dicoba dahulu tips dari saya, kalau memang ternyata masih blank hitam, coba ganti memori yang lain.

Sementara hanya ini dulu tips saya untuk mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam.
InsyaAllah saya akan berikan tips laen sesuai kapasitas saya hehe.

Semoga artikel "mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam" ini bermanfaat buat sobat semua, jangan lupa like and share jikalau ternyata ini berguna. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Blank Hitam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel