Melakukan Penjumlahan di Ms. Excel Dengan Cara Cepat

Trik ini memang sudah lama, tapi tidak ada salahnya kalau saya sharing kembali. Mungkin sebagian sobat ada yang telah mengetahuinya. Oh ya, trik ini bisa untuk semua Microsoft office Excel ya, dari Ms. Office Excel 2003/2007/2010/2013.

Berikut langkah melakukan penjumlahan di ms. excel dengan cara cepat

Seperti biasa, terlebih dahulu kita buat satu kolom kebawah angka yang akan kita hitung. Biasanya kita melakukan penghitungan dengan menuliskan rumus =SUM(G3:G5) atau juga dengan cara yang lebih lama yaitu =G3+G4+G5 kemudian tekan Enter, maka akan muncul hasilnya. Apakah cara ini cepat?boleh dibilang iya apabila yang kita hitung tidak terlalu banyak, bagaimana kalau yang dihitung bisa puluhan baris?apalagi menggunakan cara yang saya sebutkan diatas? waduh bisa-bisa tidak selesai hehe. Yang ada nanti memanggil tukang pijat loh. 

Ok deh, langkah sederhananya, letakkan kursor mouse pada G6 (sesuai letak kolom yang akan dijumlahkan), kemudian tekan tombol kombinasi pada keyboard yaitu  "ALT + =" kemudian  tekan ENTER, maka akan dijumlahkan secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama. (seperti terlihat pada gambar dibawah)


Menghitung cepat
Menghitung cepat

Bagaimana?cukup mudah bukan?
Ingat, cara ini berlaku apabila kolom yang akan dijumlahkan terisi semua. Namun kalau ada yang tidak terisi maka penjumlahannya berlaku pada kolom diatasnya. Bingung? saya ambil contoh ya,


  • kolom 1 terisi angka 30.000, 
  • kolom 2 kosong, tanpa ada nilai
  • kolom 3 terisi angka 20.000 
  • dan kolom 4 terisi angka 10.000,
ketika kita melakukan trik ini maka hasil penjumlahannya adalah 30.000 bukan 40.000, kenapa?karena yang dihitung hanyalah kolom 3 dan kolom 4, sedangkan kolom 1 tidak masuk. Agar semuanya terhitung kolom 2 juga harus terisi nilai, minimal nilainya 0. Cukup paham kan sobat?
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Melakukan Penjumlahan di Ms. Excel Dengan Cara Cepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel